by

Cara Agar Tidak Hamil Cepat Setelah Mengalami Keguguran

Keguguran bisa menjadi hal yang sangat menakutkan bagi para wanita. Jika Anda memutuskan tidak akan hamil dulu setelah keguguran, atau jika dokter Anda menyarankan Anda menunggu sebelum kembali menjalankan program hamil bersama pasangan Anda,Anda mungkin membutuhkan tips yang tepat sampai Anda siap. Agar Anda tidak khawatir langsung hamil lagi setelah berhubungan dengan pasangan, ini dia  cara agar tidak hamil cepat setelah mengalami keguguran.

Tapi kenapa wanita yang baru saja keguguran tidak disarankan untuk langsung menjalankan program kehamilan dulu? Menurut American Pregnancy Association, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko keguguran jika tubuh Anda belum siap untuk hamil lagi. Baik rahim dan lapisan endometrium membutuhkan waktu untuk pulih kembali.

Banyak dokter menyarankan agar wanita menunggu dua atau tiga bulan untuk hamil lagi setelah keguguran. Ini agar mereka dapat pulih secara fisik dan emosional dari kehilangan mereka. Beberapa dokter mungkin merekomendasikan menunggu lebih lama jika pasangan membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh.

Ketika Anda memutuskan apakah dan kapan harus mencoba hamil lagi, ingatlah bahwa besar kemungkinannya program hamil Anda selanjutnya akan berhasil. Sebagian besar wanita – 85 persen – akan mengalami kehamilan yang sukses pada saat mereka hamil setelah keguguran pertama mereka. Jika Anda mengalami keguguran dua atau tiga kali, Anda memiliki peluang 75 persen bahwa kehamilan Anda berikutnya akan berhasil.

Artikel lainnya:

Cara agar tidak hamil cepat setelah mengalami keguguran dapat dilakukan dengan pilihan kontrasepsi jangka pendek jika Anda ingin menunggu selama tiga atau lebih siklus menstruasi sebelum hamil lagi.

Jika Anda akan menunggu lebih dari tiga bulan dan tidak ingin mengambil risiko kehamilan lebih awal, diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda.

  • Kondom

Dalam hal pengendalian kelahiran jangka pendek, kondom pria mungkin merupakan pilihan paling sederhana sampai Anda siap untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran. Kondom pria dikenakan di atas penis saat berhubungan seks, dan kondom dapat dengan mudah dibeli di sebagian besar toko atau apotik. Dengan penggunaan yang tepat, kondom efektif mencegah kehamilan antara 85 dan 98 persen.

  • Kondom wanita

Kondom wanita dipakai di dalam vagina saat berhubungan seks, dan alat kontrasepsi ini bekerja dengan menangkap sperma sebelum bisa memasuki saluran reproduksi wanita. Kondom wanita ini mirip dengan kondom pria. Dengan penggunaan yang tepat, pencegahan kehamilan dengna menggunakan kondom wanita efektif hingga 75 persen. Tapi Kelemahan kondom wanita adalah kondom lebih mahal daripada kondom pria.

  • Spermisida

Produk spermisida biasanya berbentuk cairan, tisu atau jeli yang ditempatkan di vagina sebelum hubungan seksual. Spermisida bekerja dengan membunuh sperma sebelum dapat melanjutkan perjalanannya melalui leher rahim. Spermisida sekitar 80% efektif bila digunakan sebagai alat kontrasepsi.

  • Today sponge/silicone sponge

Today Sponge adalah cara agar tidak hamil untuk mengontrol kelahiran jangka pendek bagi wanita yang ingin menunggu beberapa bulan sebelum hamil setelah keguguran. Alat kontrasepsi ini mengandung agen spermisida dan juga berfungsi sebagai penghalang sperma untuk memasuki rahim.

Spons yang lembut dikenakan di dalam vagina di atas serviks dan dapat dimasukkan hingga 24 jam sebelum hubungan seksual. Today Sponge 86% efektif untuk wanita yang belum pernah melahirkan dan sekitar 73% efektif untuk wanita pernah melahirkan sebelumnya.

  • Penarikan

Metode penarikan adalah ketika seorang pria menghindari ejakulasi didalam vagina dengan “menarik keluar” sebelum mengalami orgasme. Meskipun cairan pra-ejakulasi dapat mengandung sperma juga, penelitian menunjukkan bahwa jika dilakukan dengan benar, penarikan dapat mencapai keberhasilan 82 hingga 97 persen efektif untuk mencegah kehamilan.

Itulah beberapa cara agar tidak hamil setelah Anda mengalami keguguran. Perlu diingat, bahwa cara yang telah disebutkan diatas ditujukan untuk kepentingan medis dan juga untuk mereka yang telah menjadi pasangan yang sah.

Jadi jangan salahgunakan tips diatas untuk hal-hal yang bertentangan dengan norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Untuk Anda yang baru saja mengalami keguguran, jangan lupa untuk memulai kembali program hamil bersama pasangan jika Anda sudah siap.

Comment

News Feed