by

Roronoa Zoro: Fakta Yang Harus Diketahui Fans One Piece

Untuk kamu para penggemar One Piece pasti tahu bahwa 11 November merupakan hari ulang tahun Roronoa Zoro. Tapi apakah kamu tahu fakta karakter One Piece Roronoa Zoro berikut ini?

1. Masalah desain Roronoa Zoro dalam manga

Sejak ia pertama kali muncul pada 1997, penampilan Zoro telah mengalami beberapa perubahan. Setelah melewati dua tahun, dia kembali dengan tampilan baru. Sayangnya, penampilan Roronoa Zoro memiliki beberapa kesalahan dalam desainnya di manga.

Dalam Jump edisi 598, bekas luka yang ia terima dalam manga awalnya muncul di atas mata kanannya. Namun, pencipta seri Eiichiro Oda mengkonfirmasi di bab berikutnya bahwa ini adalah kesalahan. Dalam Jump edisi 698, ia mendapatkan desain yang salah lagi ketika bekas lukanya yang ikonik digantikan oleh bekas luka lain. Alih-alih bekas luka jahitan diagonal, ia memiliki bekas luka bakar berbentuk X seperti Luffy. Kesalahan ini kemudian diperbaiki dalam manga volume 70.

2. Zoro akan menjadi polisi jika dia bukan bajak laut

Mengingat betapa ambisiusnya Zoro dalam menjadi pendekar pedang terkuat di dunia, sulit membayangkan dia melakukan hal lain. Namun, ini tidak menghentikan beberapa penggemar untuk bertanya-tanya seperti apa hidupnya jika dia bukan bajak laut. Oda menjawab pertanyaan ini dalam volume 76 pada kolom tanya jawab SBS manga.

3. Zoro adalah satu-satunya anggota yang ingin direkrut Luffy sebelum mereka bertemu

Pada awal perjalanannya, Luffy mengetahuiRoronoa Zoro dari temannya Coby, yang menceritakan kepadanya tentang reputasi Zoro yang menakutkan. Bukannya merasa takut, Luffy bersemangat untuk menemui dan merekrutnya. Dengan demikian, Zoro adalah satu-satunya anggota Topi Jerami yang Luffy ingin undang ke krunya bahkan sebelum bertemu dengannya.

4. Zoro memiliki pengisi suara berbahasa inggris paling banyak

Ketika membicarakan versi bahasa Inggris One Piece, Zoro dikenal memiliki pengisi suara paling banyak daripada karakter Topi Jerami lainnya. Untuk pengisi suara karakter Roronoa Zoro saat  anak-anak, ia disuarakan oleh empat orang yang berbeda. Untuk versi 4Kids, ia disuarakan oleh Andrew Rannells. Pengisi suara untuk Funimation antara lain Brina Palencia serta Cynthia Cranz, yang mengisi suaranya dalam episode kedua.

Aaron Dismuke juga menyuarakannya dalam video game Unlimited Adventure. Untuk karakter dewasa, suaranya diisi oleh Brian Zimmerman untuk Odex, Marc Diraison untuk 4Kids, dan akhirnya Christopher R. Sabat untuk Funimation.

Baca juga artikel berikut:

5. Zoro adalah karakter paling populer kedua selama satu dekade

Dalam 22 tahun terakhir sejak debutnya, One Piece telah memiliki enam polling popularitas karakter. Dari jajak pendapat popularitas pertama hingga keempat, Roronoa Zoro selalu mendapat peringkat sebagai karakter paling populer kedua setelah Monkey D. Luffy. Ini adalah posisi yang dia pegang selama lebih dari satu dekade.

6. Zorotidak pernah memanggil sanji dengan nama aslinya

Meskipun Roronoa Zoro adalah seorang bajak laut dan anggota “Generasi Terburuk,” Zoro sebenarnya bukan orang jahat. Jauh di lubuk hatinya, dia adalah orang terhormat yang rukun dengan sesama anggota krunya, kecuali mungkin Vinsmoke Sanji. Sejak mereka pertama kali bertemu, keduanya selalu terlibat perselisihan.

Fakta menarik tentang persaingan mereka adalah bahwa dalam manga versi Jepang asli, Zoro tidak pernah menyebut nama Sanji. Dalam volume 73 SBS, seorang penggemar meluangkan waktu mengitung julukan yang digunakan keduanya untuk memanggil satu sama lain. Sementara Sanji telah memanggil Zoro dengan nama aslinya, Zoro belum pernah melakukan hal yang sama pada Sanji.

7. Zoro adalah orang kedua yang membunuh naga setelah Samurai Ryuma

Bahkan sebelum masa time skip, Zoro sudah menjadi pendekar pedang yang kuat. Setelah menghabiskan dua tahun pelatihan dengan Dracule Mihawk, ia menjadi hampir tak terhentikan. Dia sangat kuat sehingga dia bahkan berhasil membunuh naga.

Namun Roronoa Zoro bukan karakter pertama dalam seri kanon yang pernah membunuh naga. Orang pertama yang pernah naga adalah samurai dari Wano, Ryuma. Ryuma muncul di manga Monster one-shot Oda , di mana peristiwa yang terjadi dikonfirmasi oleh Oda untuk menjadi bagian dari kanon One Piece . Lebih jauh lagi, baik Zoro dan Ryuma mengalahkan naga dengan cara yang sama, yaitu dengan memenggal kepala mereka di udara.

8. Namanya diambil dari nama bajak laut asli

Roronoa sebenarnya adalah terjemahan bahasa Jepang dari nama keluarga François L’Ollonais. Terlahir sebagai Jean David Nau dan dikenal sebagai “Flail of the Spanish,” L’Ollonais meneror Karibia selama abad ke-17 dan merupakan salah satu bajak laut paling kejam dan paling menakutkan pada masanya.

Itulah beberapa fakta tentang salah satu karakter One Piece Roronoa Zoro yang mungkin belum kamu ketahui.

Comment

News Feed