by

Disney Plus Streaming: Mampukah Menjadi Saingan Netflix Di Indonesia?

Disney Plus Streaming: Mampukah Menjadi Saingan Netflix Di Indonesia?Rentetan – Setahun yang lalu Disney mengumumkan bahwa akan mengeluarkan sebuah platform streaming berbayar yang akan memberikan berbagai video dan juga film Disney di dalamnya yang diberi nama Disney Plus.

Project ini dimulai di beberapa tahun yang lalu dan juga bekerjasama dengan beberapa vendor seperti BAMTech yang memberikan investasi yang cukup besar di project Disney Plus Streaming ini. Tentu saja layanan streaming Disney Streaming akan dianggap mampu bersaing dengan Netflix.

Pada hari Selasa 12 November 2019 Disney plus secara resmi mengudara di Amerika Serikat, Canada, dan Belanda. Ketiga negara tersebut menjadi tempat pertama dirilisnya layanan streaming premium milik Disney ini.

Di dalamnya ada berbagai film, dan juga drama series yang mulai bisa dinikmati di beberapa negara tersebut. Disney Plus juga akan memasukan berbagai film yang diproduksi oleh Pixar, Marvel Studios, dan Star Wars.

Disney Plus Streaming

Disney Plus Streaming adalah sebuah brand layanan streaming yang dikembangkan oleh Disney, layanan ini akan tersedia di berbagai platform seperti smart TV, Android, IOS, Web, dan juga berbagai platform mendukung lainnya. Konten live streaming Disney Plus juga termasuk Pixar, Marvel Studios, Star Wars dan juga dari 20th Century Fox.

Hal ini merupakan salah satu langkah besar bagi Disney untuk menyaingi Netflix dan beberapa layanan streaming lainnya seperti Amazon Prime Video, dan juga HULU. Layanan streaming dari Disney ini muncul dan dirilis pada 12 November 2019 kemarin dengan dimuali dari 3 negara yaitu Amerika Serikat, Canada, dan juga Belanda.

Kapan Rilis Di Indonesia?

Belum diketahui kapan Disney Plus akan dirilis di Indonesia sehingga masih belum jelas mengenai layanan streming yang satu ini. Namun di website resmi Disney Plus Indonesia anda bisa mendaftarakan diri dengan menggunakan email untuk mengetahui kapan layanan ini akan masuk ke Indonesia.

Sehingga dengan begitu anda akan mendapatkan kabar terbarunya. Bagaimana cara untuk mendapatkan notifikasi tersebut? Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

  • Akses situs laman web Disney Indonesia.
  • Kemudian ada tombol “Beritahu Saya Ketika Ada Berita Terbaru
  • Maka akan keluar sebuah form yang mengharuskan untuk mengisi email kita ke dalamnya, isilah dengan email aktif dan selesai selamat menunggu notifikasi lebih lanjut dari layanan yang satu ini.

Belum ada berita resmi kapan Disney Plus akan masuk Indonesia yang bisa kita lakukan adalah dengan menunggu dan mengisi form seperti di atas.

Platform Yang Mendukung Disney Plus Streaming

Dari segi platform ada berbagai perangkat yang mendukung layanan Streaming dari Disney streaming ini. Berikut adalah daftar perangkat yang mendukungnya:

  • Platform IOS, termasuk Iphone, Ipad, dan lain – lain.
  • Apple TV.
  • Android Mobile, tapi untuk keterangan versi masih belum pasti.
  • Google Chromcast.
  • Xbox One Microsoft.
  • PS4 dari Sony juga mendukung.
  • Roku.
  • Amazon Fire TV.
  • PC Dekstop Web Browser.
  • Samsung Smart TV dari tahun 2016.
  • LG Smart TV.

Ada beberapa perangkat yang belum dikonfirmasi seperti Nitendo Switch, dimana iklan Disney Plus berjalan di perangkat ini namun belum ada keterangan resmi.

Desain dan Interface

Disney Plus Streaming
UI Disney Plus dari Android Authority

Dilansir dari Adroid Authority, tampilan dan juga User Interface (UI) dari Disney Plus memiliki bagian, slot atau tempat khusus untuk serial yang dimiliki oleh Disney, Pixar, Marvel, National Geographic. Tapi sebenarnya ada berbagai macam film dan juga berbagai TV Series yang ada di dalamnya.

Selain itu juga ada fasilitas untuk menggunakan profile lebih dari satu yaitu sekitar 7 profile yang bisa diatur sesuai dengan keinginan. Hal ini berguna untuk pengguna untuk lebih bisa mempersonalisasi interest mereka. Sebagai contoh anak – anak dengan acara yang mereka sukai, kemudian untuk orang tua yang mendapatkan acara mereka sendiri.

Selain itu Disney Plus juga dikabarkan akan memiliki fitur kids mode, dimana terdapat sebuah fitur bimbingan orangtua atau parental control. Dengan fitur ini anak – anak hanya bisa menonton streaming film hanya berdasarkan kelompok umur yang mereka miliki.

Dari segi kualitas streaming Disney Plus ini juga dikabarkan mampu menggunakan fasilitas 4k Streaming bagi video yang mendukungnya. Dengan kemampuan streaming di 10 perangkat sekaligus membuat Disney Plus juga sangat pas untuk dijadikan sebagai alternatif streaming untuk keluarga. Dukungan download video juga disertakan yang berarti kita bisa nonton dengan online maupun offline sesuai dengan keinginan kita.

FAQ (Frequently Asked Question)  

Mungkin beberapa dari anda masih bingung dengan layanan yang ada di Disney Plus ini sehingga tim Rentetan.com merangkum beberapa pertanyaan yang mungkin paling sering ditanyakan terkait.

Q: Berapa harga layanan Disney Plus?

A: sampai saat ini masih belum dikonfirmasikan di Indonesia berapa harganya, namun menurut harga yang ditawarkan di Amerika Serikat adalah 6.99 USD atau jika dirupiahkan adalah sekitar Rp. 98.500,- perbulan.

Q: Apakah tersedia di perangkat mobile?

A: Ya, Disney Plus akan tersedia di aplikasi android dan IOS atau Iphone.

Q: Apakah ada berbagai film selain dari Disney?

A: Tentunya ada, ada berbagai film, TV Series, dan juga drama yang tersedia di sini, namun memang konten dari Disney, Marvel, Natgeo, dan juga Star Wars mendapatkan tempat khusus.

Q: Bagaimana penjagaan konten di bawah umur?

A: Tersedia sebuah fitur “Kids Mode” dimana setting bisa dilakukan disetiap akun yang dimiliki.

Q: Kapan Disney Plus akan rilis di Indoenesia?

A: Sampai saat ini masih belum tahu kapan layanan streaming ini akan dirilis di Indonesia, namun kemungkinan di waktu dekat atau di tahun 2020 mendatang.

Demikian pembahasan mengenai Disney Plus Streaming yang merupakan layanan streaming terbaru yang dikembangkan oleh Disney. Selamat mencoba atau selamat menunggu rilis di Indonesia.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed