by

Gempa Hari Ini: Terjadi Goncangan 5.1 SR Di Bali Sore Ini

BMKG telah mengumumkan telah terjadi gempa hari ini (14/11) di Bali pada pukul 17:21 WIB. Menurut informasi gempa ini bermagnitudo 5.1 skala Richter dan berlokasi di Lintang -8.16, Bujur 114.9 dengan kedalaman gemapa 10 kilometer. Lokasi ini berada di sebelah Barat Daya dari Buleleng, Bali dengan jarak sekitar 21 kilometer.

Pihak BMKG berharap warga di sekitar Bali agar waspada terhadap kemungkinan gelombang laut setinggi 2 meter di sebelah selatan pulau. Namun gelombang pasang ini tidak berpotensi tsunami.

Tapi kamu tidak perlu khawatir jika ada kabar mengenai gempa hari ini. Jika kamu panik, kemungkinan besar kamu bisa membuat diri kamu celaka. Jadi tetaplah tenang dan ikuti beberapa langkah berikut:

Perhatikan sekitar kamu

Jika kamu sedang berada didalam sebuah bangunan, coba perhatikan sekitar kamu. Adakah benda-benda yang mungkin bisa jatuh? Jika ada, segera singkirkan. Hal sama juga harus kamu lakukan saat berada di luar ruangan.

Pohon atau fasilitas yang berada di tempat umum bisa jatuh, tumbang, atau runtuh menimpa kamu. Kamu perlu mengingat hal ini jika kamu mendapatkan informasi gempa. Karena hal yang dapat melukai kamu bukanlah gempa melainkan benda benda yang jatuh menimpa kamu.

Kenali titik-titik berbahaya

Amankan semua furnitur tinggi dan berat yang bisa roboh, seperti rak buku, lemari porselen, atau unit dinding. Gantung gambar-gambar berat dan cermin jauh dari tempat tidur, sofa, dan di mana saja orang duduk. Simpan barang pecah belah atau benda berat di rak bawah.

Jaga persediaan makanan dan air di tangan.

Kamu harus siap untuk menjaga diri sendiri dan orang yang kamu cintai untuk jangka waktu 72 jam (dan mungkin lebih lama, tergantung pada tingkat keparahan gempa bumi). Persiapan ini diperlukan seandainya terjadi bencana gempa bumi atau bencana lainnya yang memaksa kamu dan keluarga kamu harus melakukan evakuasi.

Kenapa harus menyediakan mempersiapkan perlengkapan untuk 72 jam? Waktu selama ini biasany menjadi patokan bagi para tim penyelamat dalam melakukan proses evakuasi. Jadi pastikan kamu mendapatkan persediaan yang cukup sebelum tim penyelamat menemukan kamu.

Buat rencana bencana keluarga.

Diskusikan dengan keluarga kamu jenis-jenis bencana yang dapat terjadi. Jelaskan kepada anak-anak bagaimana mempersiapkan dan menanggapi setiap jenis bencana. Cetak rencana evakuasi tersebut dan bagikan pada semua anggota keluarga.

Jangan panik, selalu persiapkan diri kamu saat menghadapi bencana kapan pun.

Artikel lainnya:

Comment

News Feed