by

Tuduhan Penistaan Agama Kini Menimpa Atta Halilintar

Setelah sebelumnya bermasalah dengan Baby Fey, kini Atta Halilintar harus menghadapi tuduhan penistaan agama. Tuduhan yang dilancarkan pada Youtuber nomor satu di Indonesia ini bukan main-main karena LSM Komunitas Pengawas Korupsi telah memasukkan laporannya ke pihak kepolisian.

Laporan yang bernomor LP/7322/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus ini dibuat pada tanggal 13 November lalu. Tak lama setelah kabar mengenai pelaporan tersebut menyebar, Atta halilintar mengunggah kata-kata yang mengomentari masalah penistaan agama yang dihadapinya sekarang.

Postingan yang diunggahnya pada Rabu malam tersebut mengungkapkan bahwa namanya digunakan untuk menipu publik. Bahkan videonya diedit agar namanya menjadi buruk. Tujuannya hanya untuk menaikkan ketenaran dengan memplintir isi video Atta Halilintar.

https://www.instagram.com/p/B4zoJfIh8py/?utm_source=ig_web_options_share_sheet

Firdaus Oiwobo, ketua LSM KPK mengungkapkan bahwa konten yang diunggah Atta dianggap telah melecehkan salah satu agama. Praktik ibadah yang dicontohkan dalam video tersebut dimana terdapat adegan bergoyang-goyang sambil bermain ponsel dan berteriak teriak dianggapnya tidak sesuai dengan praktik ibadah yang sebenarnya.

Turut dilaporkan bersama Atta atas dugaan penistaan agama adalah pemilik akun Youtube Gunawan Swallow. Padahal Atta mengunggah video tersebut sejak tahun lalu. Gunawan Swallow-lah yang mempopulerkannya kembali dengan mengunggahnya di kanal Youtubenya.

Pihak pelapor sendiri adalah Ustadz Rohimat yang menjadi Kepala Departemen Agama dari LSM KPK Banten.  Pasal 156a dan UU ITE Pasal 8 ayat 2 tentang penistaan agama. Alasan utama dari pelaporan tersebut dalam adegan video ada adegan ibadah yang dipermainkan. Padahal ada aturan untuk melakukan ibadah.

Ust. Rohimat juga merasa bahwa sebagai Kepala Departemen Agama dari LSM KPK dan juga sebagai bagian dari kaum muslimin berhak untuk menegur dan melaporkan mengenai kegiatan yang melecehkan agama.

Dalam video asli Atta Halilintar, judul yang digunakan adalah “Hal Tidak Boleh Dilakukan Saat Shalat”. Tapi pihak pelapor menganggap bahwa judul tersebut mungkin bisa dianggap sebagai alasan untuk membenarkan tindakan yang dianggap penistaan agama tersebut.

Video Atta yang diunggah dalam kanal Youtube Gunawan Swallow diduga dilakukan untuk memprovokasi umat agama tertentu. Jika dibiarkan, ada kemungkinan dapat memperkeruh kondisi di masyarakat saat ini.

Namun, pihak pelapor mengaku belum melakukan komunikasi pada pihak terlapor (Atta Halilintar dan pemilik akun Gunawan Swallow). Bahkan mereka lebih berharap pihak Atta dapat menjawab laporan tersebut.

Dari laporan tersebut, Atta dilaporkan sebagai pelaku dalam konten video tersebut. Walau adik-adik Atta juga turut serta dalam video tersebut, namun pelapor menganggap bahwa hanya Atta yang cukup umur untuk diproses secara hukum.

Alasan lain yang melandasi laporan tersebut adalah konten video seperti ini bisa menimbulkan isu yang dapat melemahkan umat agama terkait. Jika pihak Atta bermaksud untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan, pelapor mengungkapkan bahwa keputusan tersebut tergantung pada kebijakan yang dikeluarkan Menteri Agama.

Selain kasus penistaan agama, Atta Halilintar juga telah menghadapi berbagai masalah antara lain:

Tuduhan yang diisukan Baby Fey

Beberapa waktu yang lalu Baby Fey mengungkapkan bahwa dirinya pernah tidur bareng dengan Atta. Pernyataan baby Fey tentunya langsung dibantah oleh anak Gen halilintar tersebut. Namun hingga kini belum terdengar lagi kabar mengenai akhir dari kasus ini.

Gosip kedekatan Atta dengan Liza Aditya

Setelah berteman dekat dengan Liza Aditya, banyak yang menganggap bahwa hubungan keduanya lebih dari sekadar teman. Namun Liza sendiri menyanggah dugaan tersebut lewat salah satu postingannya di Instagram.

Dugaan penistaan agama

Kasus yang menimpa Atta kali ini memang terbilang cukup berat. Apalagi kasus ini dianggap sama dengan kasus yang pernah menimpa mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama atau Ahok.

Karena itu, dalam postingannya di Instagram, Atta meminta do’a dari seluruh penggemarnya agar ia dapat menyelesaikan maslah ini secepat mungkin. Dia juga berharapa dapat kuat menjalani proses penyidikan atas kasus yang menimpanya tersebut.

Bagaimana menurut kamu? Apakah Atta Halilintar memang telah melakukan penistaan agama atau justru video editan Gunawan Swallow yang justru lebih berpotensi memicu kemarahan umat beragama di Indonesia?

Baca juga:

Comment

News Feed