by

5 Fakta Sepakbola Indonesia Yang Masih Belum Banyak Orang Ketahui

5 Fakta Sepakbola Indonesia Yang Masih Belum Banyak Orang KetahuiRentetan – Sepakbola sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Sepakbola terkadang bisa mempersatukan berbagai kalangan, namun di Indonesia juga kerap kali menjadi salah satu penyebab perpecahan karena fanatisme yang terlalu dalam.

Perlu kita ketahui bahwa terdapat berbagai fakta sepakbola indonesia yang cukup menarik untuk anda ketahui. Bagi anda penggemar sepakbola yang ada di Indonesia tentunya fakta ini ada beberapa yang sudah diketahui namun ada juga beberapa fakta di Indonesia yang masih tersembunyi dan juga masih belum banyak orang yang mengetahuinya.

Di rubrik faka sepakbola kali ini kita akan membahas 5 fakta sepakbola Indonesia yang masih belum banyak orang ketahui yang sangat menempel erat dengan budaya dan juga sejarah persepakbolaan di Indonesia. Di akhir artikel kali ini anda akan mengetahu beberapa fakta menarik seputar Sepakbola Indonesia yang mungkin belum banyak anda ketahui.

Oke langsung saja kita masuk ke beberapa fakta sepakbola Indonesia.

1. Fanastisme Tidak Selalu Membawa Hal Yang Positif

Pertama adalah masalah fanatisme pendukung. Memang harus diakui tim – tim sepakbola yang ada di Indonesia memiliki tingkat fanatisme yang tinggi. Selain itu, sepakbola di dunia sendiri mengakuinya bahwa tim sepakbola lokal di Indonesia memiliki tingkat kesolidan yang sangat tinggi pula.

Namun, masyarakat Indonesia masih belum mengetahui bahwa fanatisme ini juga merupakan salah satu penyebab berbagai permasalahan yang sering terjadi. Terutama fanatisme para supporter yang ada di Indonesia tidak selalu selaras dengan jalan yang positif. Fakta sepakbola Indonesia memperlihatkan bahwa seringkali fanatisme ini menyebabkan berbagai kerusuhan yang terjadi.

Kurangnya edukasi dan juga penyuluhan tentunya juga menjadi salah satu penyebab kenapa fanatisme berlebihan ini sering disalahgunakan.

2. Klub Sepakbola Terbaik Di Tahun 2015 Adalah Persib Bandung

Ya, anda tidak salah membacanya fakta sepakbola Indonesia ke dua adalah salah satu tim sepakbola Indonesia Persib Bandung pernah menjadi salah satu tim sepakbola terbaik di dunia, tepatnya di tahun 2015 yang lalu. Hal ini disampaikan melalui sebuah situs bernama The Top Tens di tahun 2015 yang lalu.

Persib Bandung bahkan berhasil mengalahkan beberapa tim sepakbola seperti Real Madrid, Barcelona, dan MU. Persib Bandung mendapatkan vote terbanyak, kalau anda tidak percaya silakan lihat saja linknya di sini.

3. Pemain Naturalisasi Pertama Ada di Tahun 1952

Mungkin anda berpikir bahwa pemain pertama yang dinaturalisasi adalah Christian Gonzales, walaupun tidak sepenuhnya salah karena Christian Gonzales merupakan salah satu pelopor bagi beberapa orang yang ingin membela Indonesia.

Tapi ada fakta sepakbola Indonesia yang mencengangkan bahwa pertama kali pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia adalah di tahun 1952. Arnold Van Der Vin, adalah seorang kipper timnas Indonesia berkebangsaan Belanda yang dinaturalisasi dan bermain di timnas Indonesia mulai di tahun 1952.

Van Der Vin adalah pemain naturalisasi pertama Indonesia yang bermain di timnas Indonesia.

4. Kekalahan Terbesar Indonesia

Di Fakta Sepakbola Indonesia, Timnas pernah mengalami kekalahan terbesar sepanjang masa dengan skor kekalahan 10 – 0 saat menghadapi Bahrain.  Hal ini terjadi di laga Pra Piala Dunia yang digelar pada tahun 2014 yang lalu. Tentunya ini merupakan kekalahan terbesar sepanjang sejarah timnas Indonesia. Fakta sepakbola Indonesia ini juga mengalahkan rekor sebelumya yang terjadi di tahun 1974. Di tahun 1974, Indonesia kalah dengan Denmark dengan skor yang juga cukup fantastis dengan skor 9 – 0.

5. Niac Mitra (Sekarang Mitra Kukar) Menjadi Salah Satu Tim Yang Berhasil Mengalahkan Arsenal

fakta sepakbola Indonesia

Walaupun pertandingan tour atau friendly match, Pada tahun 1983 yang lalu Niac Mitra berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2 – 0. Arsenal yang saat itu mengadakan tour ke Indonesia melakukan beberapa pertandingan persahabatan dengan tim – tim yang ada di Indonesia.

PSMS, dan juga PSSI Selection merupakan dua tim yang dikalahkan oleh Arsenal, dengan skor masing – masing 3 – 0 dan juga 5 – 0. Namun ternyata Niac Mitra berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor yang cukup mengejutkan pada waktu itu. Pencetak goal Niac Mitra ini adalah Fandi Ahcmad di menit ke 37 dan juga Joko Malis di babak kedua tepatnya di menit 85.

Live Streaming Timnas Indonesia VS Malaysia hari ini

Nah, itu dia fakta sepakbola Indonesia yang umumnya masih jarang orang yang mengetahuinya dan mungkin ada beberapa dari anda yang mengetahuinya. Semoga kedepannya Indonesia berkembang menjadi salah satu negara dengan sepakbola yang hebat dalam hal prestasi.   

Comment

News Feed