by

Alami Autoimun, Ashanty Kembali Masuk Rumah Sakit

Setelah kondisinya membaik dari penyakit autoimun, Ashanty kembali harus melakukan perawatan di rumah sakit. Gejala yang dialami Ashanty diakui suaminya, Anang Hermansyah terlihat “aneh” karena munculnya bentol bentol di tubuhnya.

Ashanty dirawat sejak Senin (18/11) di Rumah Sakit Pondok Indah untuk mengetahui penyebab munculnya bento bentol di seluruh tubuhnya. Menghadapi kondisi Ashanty yang terlihat buruk, Anang pun sepertinya tidak dapat bekerja dengan maksima.

Bahkan dalam acara Indonesia Idol, kegelisahan Anang dapat ditangkap oleh rekan juri dalam ajang pencarian bakat ini, Ari Lasso. Bahkan ia juga mendoakan agar Ashanty dapat segera sembuh dari penyakit autoimunnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kesehatannya, Ashanty menjalani proses endoskopi dan biopsi pada bagian ususnya. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan sampel organ dalam Ashanty agar dapat diteliti penyebab penyakitnya tersebut.

Ashanty sepertinya merasa tegang saat akan menjalani proses tersebut. Hal ini terlihat dari postingannya di media sosial. Ashanty bertanya apakah proses biopsi dan endoskopi itu menyakitkan atau tidak.

Ashanty menyangka bahwa kondisi bentol bentol disekujur tubuhnya muncul karena dia makan martabak. Sebelumnya dokter memang melarang Ashanty untuk makan martabak. Namun ternyata penyebabnya adalah penyakit autoimun Ashanty yang menyerang kelenjar Tiroid.

Ashanty sendiri merasa takut saat mendengar bahwa dirinya divonis mengidap penyakit autoimun. Bahkan Anang sendiri tidak ingin istrinya harus menjalani operasi seperti yang dialami Selena Gomez yang baru saja melakukan operasi transplantasi ginjal. Kenyataannya, Selena Gomez mengalami penyakit autoimun juga seperti Ashanty.

Namun ternyata ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun yang telah diketahui medis. Penyakit autoimun yang dialami Selena Gomez disebut penyakit Lupus yang membuatnya mengalami komplikasi yang menyerang organ tubuhnya.

Ashanty sendiri diduga mengidap penyakit autoimun yang disebut Hashimoto. Melansir laman WebMD, penyakit Hashimoto, yang dikenal juga dengan nama tiroiditis Hashimoto merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang tiroid.

Hashimoto ini bisa memicu terjadinya hipotiroidisme, yaitu kondisi gangguan kesehatan di mana kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon yang mencukupi kebutuhan tubuh pengidapnya. Seperti halnya penyakit autoimun lainnya, penyebab dari hashimoto yang dialami Ahanty ini belum diketahui penyebab pastinya.

Namun ada beberapa faktor yang diduga kuat dapat memicu gejal penyakit seperti bentol bentol, antara lain:

  • Faktor genetik: Orang yang mengidap Hashimoto biasanya memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit tiroid atau penyakit autoimun lainnya.
  • Faktor hormon: Hashimoto beresiko tujuh kali lebih besar menyerang wanita daripada pria. Biasanya pada tahun pertama kelahiran, wanita akan mengalami masalah tiroid. Walau terkadang masalah tiroid ini akan hilang seiring waktu, tapi 20% wanita ternyata malah mengembangkan penyakit Hashimoto ini.
  • Konsumsi yodium berlebih: sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis obat dan juga konsumsi yodium berlebihan dapat memicu penyakit tiroid ini.
  • Paparan radiasi. Peningkatan kasus penyakit tiroid telah dilaporkan pada orang yang terpapar radiasi, termasuk bom atom di Jepang, kecelakaan nuklir Chernobyl, dan pengobatan radiasi untuk kanker darah yang disebut penyakit Hodgkin.
Gejala Tiroiditis Hashimoto

Comment

News Feed