by

Bertrand Peto Nikmati Asi Sarwendah, Alasannya Begini

Baru-baru ini warganet ramai membincangkan Bertrand Peto yang turut minum ASI dari Sarwendah. Bukan tanpa alasan, ternyata Sarwendah yang menawarkannya langsung pada remaja berumur 14 tahun ini walau ia belum mengetahui manfaat ASI untuk orang dewasa.

Awalnya, Sarwendah sedang menyusui anaknya yang kedua, Tania. Di dekatnya juga ada Bertrand Peto. Menyaksikan raut wajah Tania yang seang, Bertrand Peto mengungkapkan isi hatinya pada Sarwendah. Ia berkata bahwa ia belum pernah merasakan ASI karena saat dirinya masih kecil, ibunya justru memberinya air the saja.

Tersentuh dengan cerita Peto, Sarwendah pun menawarkan Peto ASInya. Namun bukan ASI seperti yang diberikan Sarwendah pada Tania. Ia memeras ASI menggunakan pompa dan memberikannya pada Peto.

Kini Bertrand Peto minum ASI Sarwendah dua hingga tiga kali sehari. Bahkan mereka menyiapkan lemari es khusus untuk ASI yang akan diminum Bertrand. Ruben Onsu juga tidak keberatan dengan permintaan Peto. Ia menganggap Peto sebagai anaknya sendiri.

Banyak orang yang mengomentari hal ini akrena memang tidak umum bagi mereka selain balita yang mengkonsumsi ASI. Selain diluar kewajaran, sebenarnya seperti apakah manfaat ASI untuk orang dewasa?

Rachael Buck, seorang peneliti di Abbot Laboratories dan juga produsen Similac, salah satu brand susu formula, baru-baru ini mengatakan kepada Bloomberg bahwa ia percaya bahwa salah satu nutri yang terkandung dalam ASI , Human milk oligosaccharide (HMO), dapat memiliki efek positif pada kesehatan orang dewasa.

Menurut penelitian awal, HMO memperkuat sistem kekebalan pada bayi, membantu melawan infeksi dan peradangan sambil membantu perkembangan otak.

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan oleh Cambridge University Press di The British Journal of Nutrition, Human milk oligosaccharide (HMO) bersifat seperti gula dan menjadi bahan utama dalam ASI.

HMO dapat melewati saluran pencernaan dan mengendap di usus besar. Di usus besar inilah, HMO menjadi nutri dan makanan untuk bakteri baik. Sementara bakteri diketahui membangun sistem kekebalan yang kuat pada bayi, membantu perkembangan otak, dan merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bahkan menurut Cleveland Clinic, manfaat ASI juga bisa dirasakan orang dewasa.

Studi 2016 yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa HMO dalam diet orang dewasa dapat memberikan manfaat kesehatan termasuk membentuk mikrobiota usus manusia dan meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan. Kesehatan mikrobiota usus, yang ditingkatkan oleh HMO, menurut penelitian, dapat mempengaruhi metabolisme, keseimbangan hormon, dan kekebalan tubuh.

Para peneliti di UC San Diego Health Sciences juga sedang meneliti HMO untuk menemukan manfaat kesehatannya untuk orang dewasa dan berpikir bahwa manffat ASI dapat berpotensi mengobati gangguan kesehatan pada orang dewasa seperti Penyakit Crohn, arthritis, dan autisme.

Sekarang, perusahaan kimia global, seperti DowDuPont Inc. dan BASF SE, dilaporkan menginvestasikan jutaan dollar untuk meningkatkan produksi bahan bermanfaat ini. Bahkan bahan yang memberikan manfaat ASI yang luar biasa ini sudah diproduksi secara sintetis untuk digunakan dalam formula bayi, menurut Bloomberg dan Philadelphia Business Journal.

DowDupont dilaporkan menginvestasikan $40 juta untuk meningkatkan produksinya agar dapat digunakan dalam suplemen dewasa dengan harapan dapat menghasilkan pangsa pasar senilai $1 miliar, menurut Philadelphia Business Journal.

Selain itu, ada beberapa bukti bahwa protein-lipid dalam ASI yang dikenal sebagai HAMLET mungkin memiliki potensi kegunaan dalam mengobati kanker, tetapi dokter memperingatkan bahwa hasilnya menggunakan model laboratorium sehingga hasilnya belum bisa diujicobakan pada manusia.

Studi terbaru tentang manfaat ASI yang dapat membantu orang dewasa dimulai di Swedia.  Para peneliti mengisolasi protein dalam susu, dan ternyata hasilnya dapat  membunuh sel kanker. Mereka mereduksi penelitian pada tahun 2004 dan menemukan senyawa lain yang menghancurkan kutil kulit.

Dr. Howard Cohen melakukan penelitian pada dirinya sendiri dengan memasukkan ASI ke dalam smoothies-nya dua kali seminggu, dan dia melihat perkembangan kanker prostatnya mulai mengalami penurunan.

Tim peneliti berharap dapat membuat kembali bahan yang menjadi bagian penting dari manfaat ASI ini dengan bioengineering. Beberapa penelitian masih pada tahap struktur sel tetapi yang lain telah pindah ke studi hewan. Terlepas dari berbagai manfaat ASI yang bisa didapatkan oleh orang dewasa, pemberian ASI Sarwendah pada Bertrand Peto mungkin akan menimbulkan pro dan kotra di kalangan masyarakat.

Comment

News Feed