by

Hari Toilet Sedunia 19 November Berikut Adalah Fakta Sejarah Perkembangan Toilet

Hari Toilet Sedunia 19 November Berikut Adalah Fakta Sejarah Perkembangan ToiletRentetan – Hari Selasa ini (19/11/2019) adalah sebuah hari penting dunia dimana di kalender nasional anda mungkin tidak ada tanda – tanda menunjukkan hari penting ini.

Hari ini adalah hari toilet sedunia yang jatuh setiap tanggal 19 November. Nama resmi dari hari penting ini adalah World Toilet Day.

World Toilet Day adalah hari yang digunakan untuk memperingati atau menyadarkan bahwa sanitasi yang baik itu sangatlah dibutuhkan untuk kehidupan sehari – hari yang sehat. World Toilet Day atau Hari toilet sedunia ini pertama kali dipopulerkan oleh World Toilet Organization dan ditetapkan secara global sejak tahun 2001 yang lalu.

Kemudian akhirnya PBB sendiri mengakui Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day ini pada tahun 2013 dengan sebuah tanda tangan resolusi PBB A/67/L.75. Di Indonesia sendiri masih cukup kurangnya sanitasi dan juga air bersih tentunya menjadi sorotan utama. Menurut website Indonesia.go.id, hanya sekitar 60% yang menikmati air bersih.

Namun Indonesia sendiri juga tidak meninggalkan upaya untuk pembangunan sanitasi dan juga sebaran air bersih secara menyeluruh 100%. Dengan bekerjasama dengan berbagai banyak pihak seperti UNICEF, dan juga berbagai elemen masyarakat seperti LSM pencapaian 100% air bersih dan juga sanitasi di Indonesia diahrapkan akan mendapatkan akses ke semua toilet dengan pembangunan sanitasi yang bagus di tahun 2019 ini sehingga hari toilet sedunia bisa benar – benar tercapai.

Hari Toilet Sedunia Atau World Toilet Day, Beberapa Fakta Mengenai Toilet Di Dunia

Beberapa fakta mengenai hari Toilet sedunia ini mungkin cukup kelam dan juga cukup menakutkan kita yang tidak pernah jauh dengan keadaan toilet yang bersih dan juga nyaman sehari – hari. Faktanya hari toilet sedunia ini merupakan langkah untuk membangkitkan kesadaran bahwa masih banyak saudara kita yang ada di dunia ini tidak mendapatkan akses layak untuk toilet sekalipun.

Berikut adalah beberapa fakta – fakta mengenai perkembangan toilet yang kemudian diabadikan menjadi hari toilet sedunia di tanggal 19 November setiap tahunnya.

Hari Toilet Sedunia Fokus Pada Anak – Anak

Data dari World Toilet Organization, mengatakan bahwa sekitar 1000 anak – anak meninggal setiap harinya karena penyakit diare yang disebabkan akses sanitasi yang sangat buruk di tahun 2013 yang lalu. World Toilet Organization mempercayai bahwa kematian anak – anak yang disebabkan oleh penyakit ini bisa dicegah dan juga dihilangkan.

Dengan adanya Hari Toilet Sedunia ini tentunya akan menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa membantu meningkatkan kesadaran yang baik untuk para orang yang ingin membangun sanitasi yang baik.

Hubungan Toilet Umum Di Sekolah Dengan Absensi

Selain itu World Toilet Organization juga memberikan sebuah data yang menarik mengenai hubungan toilet di sekolah dan juga absensi sekolah. Toilet yang ada di sekolah dimana merupakan akses toilet yang aman, nyaman, dan bersih akan membuat absensi kehadiran para siswa terutama siswa perempuan menjadi lebih banyak. Akses toilet sekolah bersih, dan aman menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan absensi baik bagi para siswa khususnya untuk siswa perempuan.

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya kondisi toilet umum yang ada di sekolah dan juga berbagai toilet umum sangatlah memprihatinkan terutama di Indonesia.

Pembuangan Di Tempat Terbuka

Diperkirakan ada sekitar 1 Triliun orang atau sekitar 15 % dari populasi di seluruh dunia yang masih mempraktekkan sanitasi sembarangan di tempat terbuka. Di Indonesia masih sering ditemui di tempat – tempat seperti sungai, Danau, dan juga berbagai tempat terbuka lainnya yang bukan merupakan toilet.

Sanitasi dengan sistem yang baik tentunya akan membuat kesehatan lebih sehat dan juga lebih mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi kurang baik. Selain itu faktor yang menyebabkan pembuangan di tempat terbuka selain toilet ini adalah karena kurangnya fasilitas toilet umum sehingga hari toilet sedunia ini perlu lagi di galakkan agar sadar bahwa pentingnya toilet yang aman.

Selain itu faktor keamanan juga menjadi salah satu faktor yang juga penting. Hari Toilet Sedunia ini juga mengingatkan pentingya toilet yang mementingkan privasi penggunanya. Seperti yang kita ketahui bahwa toilet umum digunakan oleh semua orang sehingga perlu benar – benar memperhatikan privasi dari bentuk, desain dan juga akses dari toilet umum.

Sistem Sanitasi Di Negara Maju Yang Layak Dicontoh

Sejarahnya sistem sanitasi di Indonesia dan juga negara maju cukup berbeda. Di Negara maju sistem ini mulai dikembangkan pada awal abad 16 dimana sebelumnya negara – negara Eropa juga sangatlah buruk dalam hal sistem sanitasi.

Pada awalnya di abad 16 sampai abad ke 19, sanitasi pembuangan dibuat dengan menggunakan saluran besar yang dialirkan dan kedalam pembuangan. Kemudian di abad ke 19 akhir barulah diterapkan sanitasi harus benar – benar terorganisir sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari pemerintah. Hal ini juga diatur oleh berbagai pihak, hukum, dan pemerintah.

Nah di Indonesia sendiri masih dalam masa dimana sanitasi masih belum bisa terhubung di sati pembuangan yang sama melainkan masih satu rumah satu pembuangan.

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai Hari Toilet Sedunia yang jatuh pada 19 November setiap tahunnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jadi apakah kehidupan disekitar anda sudah mendapatkan akses Sanitasi dan toilet yang baik, nyaman serta aman? Jika belum ada baiknya jika kita sadar akan pentingnya sebuah toilet yang aman, nyaman, bersih, dan juga terawat. Paling tidak kita mulai dari toilet yang kita miliki masing – masing.

Comment

News Feed