by

Shin Tae-yong Presentasi Ke Timnas, Ini Dia Isi Programnya

Shin Tae-yong Presentasi Ke Timnas, Ini Dia Isi ProgramnyaRentetan – Selasa (19/11/2019) laga pertandingan yang berlangsung antara Malaysia vs Indonesia yang diadakan di Malaysia tepatnya di Stadion Abdul Jalil menjadi saksi pertemuan PSSI dengan Shin Tae-yong.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan ini bertemu dengan pengurus PSSI setelah pertandingan kualifikasi piala dunia antara timnas Indonesia vs timnas Malaysia berlaga.

Dilansir dari website PSSI (19/11/2019), pelatih berumur 49 tahun ini menyampaikan program kepelatihan kepada pengurus PSSI selama kurang lebih 2 jam berdiskusi. Shin Tae-yong mempresentasikan program kepelatihannya dihadapan ketua PSSI Mochamad Iriawan, Iwan Bule, dan beberapa pengurus PSSI yang hadir di acara tersebut.

Berdasarkan pemaparan dari Shin Tae-yong sendiri, dirinya sudah memperhatikan sepakbola Indonesia sudah sejak lama dan merasa tertantang untuk melatih timnas Indonesia. Dia juga mengucapkan cukup takjub dengan atmosfer sepakbola yang ada di Indonesia seperti dengan supporter yang fanatik dan juga kemauan para pengurus untuk memajukan level sepakbola timnas ke tingkat level yang lebih tinggi.

Shin Tae-yong juga berjanji akan membawa, beberapa staff yang sudah membantunya dalam membawa Korea Selatan sukses yang melumat beberapa tim besar dunia termasuk Jerman dan beberapa tim besar di group Korea Selatan pada waktu itu.

Diakui oleh ketua PSSI, seperti dilansir dari website PSSI bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih kelas dunia, yang terlihat dari presentasinya dengan mempertunjukkan program kepelatihan jangka panjang dan jangka pendek dari pelatih asal Korea Selatan ini.

Namun, pihak PSSI sendiri masih belum menentukan siapakah calon pelatih timnas Indonesia yang pas untuk dijadikan pelatih timnas selanjutnya. PSSI menyampaikan bahwa mereka akan mempelajari hasil presentasi dari Shin Tae-yong lebih lanjut dan akan memutuskan secara lebih terperinci di rapat EXCO mendatang.

Selain Shin Tae-yong kandidat calon pelatih timnas Indonesia lainnya adalah Luis Milla yang pernah menangani timnas Indonesia beberapa waktu yang lalu. Pencinta sepakbola Indonesia bahkan sangat setuju jika Luis Milla kembali menukangi Indonesia, karena prestasi yang ditunjukkan cukup bagus ketika Luis Milla melatih timnas Indonesia.

Dijadwalkan Luis Milla akan melakukan presentasi dengan PSSI di beberapa hari kedepan yang diperkirakan pada tanggap 22 – 24 November 2019 mendatang. Jika kedua pelatih sudah melakukan presentasi maka barulah bisa ditentukan lebih lanjut.

Prestasi Shin Taeyong Di Korea Selatan

Anda mungkin belum mengetahui beberapa prestasi yang dimiliki oleh Shin Tae-yong. Pelatih andalan Korea Selatan di ajang piala dunia 2018 yang digelar di Rusia ini merupakan salah satu prestasi yang cukup membanggakan. Shin Tae-yong berhasil memberikan kejutan yang cukup besar dengan membuat Jerman tidak lolos ke fase lanjutan dengan harus berada di dasar klasemen group F.

Walaupun Korea Selatan juga tidak lolos ke babak lanjutan tapi paling tidak mereka berhasil meredam Jerman. Shin Tae-yong dulunya adalah seorang pemain sepakbola profesional yang harus gantung sepatu karena cidera yang sangat berat, dia bermain di liga Australia dan turut menukangi menjadi staff kepelatihan di sana.

Karena bakatnya melatih, pelatih utama pada saat itu memujinya dan memberikan support untuk terus meneruskan karir menjadi pelatih alih alih menjadi pemain profesional. Di dalam statistik yang dimilikinya yang dilansir dari website FIFA, Shin tae-yong memiliki 16 kali penampilan sebagai pelatih di semua ajang tournament yang digelar oleh FIFA.

Dari 16 permainan dia memili 6 kemenangan dan juga 7 kali kekalahan dan 3 kali seri. Debutnya sebagai pelatih juga tercantum di situs FIFA, dimana saat dia melatih tim Seongnam FC dan berhasil meraih kemenangan dengan skor yang cukup memuaskan 4 – 1.

Dia juga sukses membawa Seongnam FC ke kancah liga Korea dengan mendapatkan beberapa gelar selama 3 tahun berturut – turut selama dia menjadi pemain korea Selatan. Diharapkan Shin Tae-yong memiliki kemampuan dan dedikasi yang kuat saat menukangi timnas Indonesia.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jadi menurut anda apakah pelatih asal Korea Selatan ini mampu menjadikan timnas Indonesia lebih baik? Menurut anda siapakah yang cocok menjadi pelatih timnas? Shin Tae-yong atau Luis Milla? Kita tunggu saja pengumuman resmi dari PSSI.

Comment

News Feed