by

Hari Guru Nasional Di Indonesia, Sejarah, Dan Fakta

Hari Guru Nasional Di Indonesia, Sejarah, Fakta Serta PerkembangannyaRentetan.comHari ini, Senin 25 November 2019 kita memperingati sebuah hari yang bisa dibilang sebagai sebuah hari yang cukup penting untuk beberapa orang yang berprofesi sebagai guru atau pengajar.

Faktanya, bukan hanya di Indonesia yang memperingati Hari Guru Nasional, melainkan beberapa negara – negara di dunia juga memperingati Hari Guru, yang dikenal sebagai nama Teacher’s Day.

Faktanya, bukan hanya di Indonesia yang memperingati Hari Guru Nasional, melainkan beberapa negara – negara di dunia juga memperingati Hari Guru, yang dikenal sebagai nama Teacher’s Day.

Namun secara nasional setiap negara – negara tersebut memperingati hari guru di tanggal dan juga hari yang berbeda – beda. Walaupun begitu ada satu hari international yang ditetapkan sebagai Hari Guru International atau World Teacher’s Day dimana jatuh pada setiap tanggal 5 Oktober. Penetapannya World Teacher’s Day dilakukan oleh UNESCO, sebuah Lembaga di bidang Pendidikan dari PBB.

Peringatan ini dimulai di tahun 1994 oleh UNESCO dengan tujuan mengapresiasi, memberikan akses untuk meningkatkan kualitas pengajaran, pada tenaga pengajar alias guru di seluruh dunia. Peringatan yang dilakukan tahunan ini memberikan tema yang berbeda – beda setiap tahunnya.

Baca Juga Artikel Lainnya: Hari Toilet Sedunia 19 November: Berikut Adalah Faktanya

Sebagai conthoh UNESCO memberikan tema “Empowering Teacher” di tahun 2017 yang lalu. Sementara itu di tahun 2018 ada sebuah tema yang mengangkat hak Pendidikan adalah hak guru. Semua tema ini berganti – ganti setiap tahunnya yang selalu digelar dan diberikan oleh UNESCO selaku Lembaga PBB yang bergerak di bidang Pendidikan.

Sementara itu setiap negara pun sama juga merayakan dan memperingati Hari Guru Nasional mereka sendiri setiap tahunnya. Inilah contoh beberapa negara yang merayakan Hari Guru Nasional yang berebeda dengan World Teacher’s Day.

  • Indonesia: 25 November.
  • Korea Selatan: 15 Mei.
  • Amerika Serikat: Minggu pertama bulan Mei (tidak ditentukan dengan tanggal).
  • Thailand: 16 Januari.
  • Malaysia: 16 Mei.
  • Filipina: 5 Oktober sama dengan World Teacher’s Day.
  • Arab Saudi: 28 Februari.

Itulah beberapa contoh negara yang merayakan secara nasional, namun tentunya masih ada banyak sekali negara yang belum disebutkan juga memperingati Hari Guru Nasional. Sementara itu seperti apa sejarah dan fakta Hari Guru Nasional Di Indonesia?

Sejarah Dan Fakta Hari Guru Nasional Di Indonesia

Di Indonesia sendiri Hari Guru juga cukup lama dilaksanakan. Sekitar tahun 1994 yang lalu Hari Guru di Indonesia ditetapkan oleh Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994. Selain itu Kepres ini juga merupakan salah satu keputusan yang sekaligus membentu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah PGRI ini juga cukup panjang dimana awalnya PGRI adalah sebuah organisasi yang dirintis pada tahun – tahun sebelum indonesia merdeka, jadi untuk mengetahui sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia anda juga harus mengetahui beberapa fakta ini.

Baca Juga Artikel Lainnya: Hari Ayah Nasional Di Indonesia Beberapa Fakta, Sejarah Dan Kata – Kata Mutiara Untuk Ayah

Pada tahun 1912, sebuah organisasi guru pertama kali muncul di Indonesia dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Tujuan dari PGHB pada waktu itu adalah untuk memperjuangkan hak – hak guru pribumi agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan guru – guru dari belanda pada waktu itu.

Anggota dari PGHB ini adalah para guru – guru yang mengajar di berbagai Sekolah Rakyat yang terdiri dari Guru bantu, Guru Desa dan juga Kepala Sekolah di zaman Belanda. Di tahun 1932 kemudian nama PGHB ini berganti nama dengan Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Namun pada masa pendudukan penjajahan Jepang di Indonesia PGI sendiri dilarang beroperasi karena memang pada masa penjajahan Jepang semua organisasi dilarang oleh Jepang, sehingga sejarah baru Hari Guru Nasional dimulai setelah Indonesia merdeka di tahun 1945.

Baca Artikel Menarik Lainnya: 10 Tradisi Hari Ayah Nasional Yang Dirayakan Di Seluruh Dunia

Nah, setelah Indonesia merdeka inilah dimulai pengembangan Organisasi. Pada tahun 1945, tepatnya pada 24 – 25 November di Surakarta digelar sebuah Kongres Guru pertama di Indonesia dari kongres inilah terbentuk PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang seperti kita kenal sekarang ini.

Hari Guru Nasional sendiri merupakan salah satu peringatan untuk para pengajar yang ada di Indonesia dan para – para pendahulu kita di jaman dahulu. Seperti contohnya Ki Hajar Dewantoro yang juga merupakan bapak Pendidikan di Indonesia. Semua orang – orang ini berjasa karena mencerdaskan anak bangsa dengan perjuangan mereka.

Artikel Lainnya:

Itulah sejarah Hari Guru Nasional yang ada di Indonesia semoga di hari guru ini kita bisa lebih menghormati dan juga memperingati jasa – jasa Guru yang ada di Indonesia.

Comment

News Feed