by

Tawon Ndas Menyengat Siswa SD Hingga Tewas, Begini Kronologinya

Empat orang siswa SD di Bayongbong, Kabupaten Garut mengalami sengatan tawon ndas. Bahkan salah satu diantaranya meninggal dunia dalam kejadian yang berlangsung pada 20 November lalu tersebut.

Korban yang meninggal dunia bernama Armi Fauzi yang masih berusia 11 tahun. Ia bersekolah di SD Samarang dan duduk di bangku kelas VI. Setelah mendapatkan perawatan medis, nyawa Armi tidak dapat diselamatkan.

Fikry Mizannur Yusuf, dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Garut, mengungkapkan bahwa sengatan tawon tersebut berasal dari jenis tawon ndas atau disebut juga Vespa affinis. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Hari Nugraha, salah seorang peneliti Entomologi di Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Agus Wibowo, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan kronologi peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16:00 WIB. Awalnya keempat siswa SD tersebut baru saja melakukan pelatihan di Madrasah Al Barkah.

Dalam perjalanan, mereka menemukan sarang tawon ndas yang ada di rumah seorang warga. Keempatnya lalu mengganggu tawon dengan menusuk-nusuk sarangnya menggunakan kayu. Akibatnya tawon ndas yang merasa terganggu langsung menyerang mereka.

Salah satu dari empat siswa SD tersebut, Rizki , mengungkapkan bahwa mereka hendak membongkar sarang tawon ndas yang seringkali mengganggu para warga. Sebelum melakukannya, mereka sudah menyiapkan kayu dan juga sepotong kardus untuk melindungi wajah.

Namun, tenyata sengatan tawon ndas dapat menembus kardus tersebut sehingga mereka mendapatkan banyak sengatan di daerah kepala.

Tawon ndas sebenarnya bukan hewan agresif. Tawon ini biasanya hanya menyerang untuk mempertahankan koloninya jika merasa terancam. Tawon biasanya mulai menyerang jika ada yang mendekati dari jarak 2 hingga 3 meter.

Diluar sarangnya, tawon ndas dikenal sebagai hewan pasif. Bahkan para peneliti telah menyimpulkan bahwa semua jenis tawon merupakan hewan pemalu. Mereka cenderung menghindari konflik dan hanya akan menyerang jika terpaksa.

Tawon ndas memiliki ukuran yang lebih besar daripada lebah. Bahkan beberapa ekor tawon bisa menghancurkan satu koloni tawon  dalam waktu singkat. Satu faktor yang membuat tawon  sangat berbahaya adalah sengatannya. Meskipun, kemungkinan sengatan tawon berakibat fatal sangat kecil, tapi ketika tawon memutuskan untuk menyerang, hal ini bisa berakibat fatal.

Alasan utama sengatan tawon  sangat mematikan dibandingkan dengan serangga menyengat lainnya adalah karena besarnya ukuran tawon. Umumnya, racun tawon  tidak terlalu beracun bagi manusia, tetapi karena ukurannya, jumlah racun yang dilepaskan per sengatan bisa berbahaya. Tawon melepaskan lebih banyak racun per sengatan dibandingkan serangga lainnya yang menyengat.

Lalu bagaimana jika kamu menghadapi tawon ndas ini? Tawon biasanya tertarik untuk mendekati makanan dan minuman, khususnya yang manis. Jadi usahakan untuk menutupnya agar tawon tidak terus berkeliaran disekitar kamu. Jika kamu membiarkannya, tawon akan memanggil kawanannya untuk mendekati tempat kamu. Hal ini pastinya akan membawa ancaman yang lebih besar untuk kamu.

Saat tawon ndas sedang terbang di sekitar kamu, jangan terlalu banyak bergerak. Gerakan untuk mengusir tawon akan dianggap sebagai ancaman dan kemungkinan besar tawon akan menyerang kamu. Jadi tetap tenang!

Jika kamu terkena sengatan tawon, jangan panik! Pertama, lepaskan penyengat dari luka sengatan tawon di tubuh. Gunakan alat penjepit seperti pinset atau gunting kuku untuk mengeluarkan penyengat.

Jangan pernah mencubit bekas sengatan tawon karena akan menyebarkan racun ke bagian tubuh lain. Obati dengan menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Kamu juga bisa mengoleskan krim atau salep yang bisa meredakan pembengkakannya.

Jaga luka sengatan tawon tetap bersih dengan mencuci menggunakan air sabun hangat. Jika terjadi infeksi, segera temui dokter karena kamu mungkin memerlukan antibiotik.

Sengatan tawon ndas bisa berakibat fatal jika tubuh mendapatkan sengatan berkali-kali atau jika kamu memiliki alergi pada sesuatu. Jadi jika kamu menemukan tawon ndas atau bahkan menemukan sarangnya, jangan coba-coba mengusiknya. Alangkah baiknya jika kamu meminta bantuan orang yang ahli untuk menyingkirkan sarang tawon tersebut.

Dengan memahami sifat dan karakter tawon ndas ini, resiko terkena sengatan tawon tentunya akan jauh lebih kecil. Kamu juga tidak perlu takut lagi saat berhadapan dengan tawon.

Artikel menarik selanjutnya:

Comment

News Feed