by

Maskot SEA Games 2019 Pami: Mari Kenalan Dengan Sosok Maskot Gelaran Olahraga Se Asia Tenggara

Maskot SEA Games 2019 Pami: Mari Kenalan Dengan Sosok Maskot Gelaran Olahraga Se Asia TenggaraRentetan.com – Sebentar lagi gelaran SEA Games 2019 akan segera dimulai. Acara pembukaan SEA Games 2019 akan mulai digelar pada 30 November 2019 mendatang di Filipina.

Yang menarik dari gelaran dan juga ajang olahraga paling bergengsi se Asia Tenggara ini adalah maskotnya yang bernama Pami.

Terinspirasi dari dari kata “pamilya” yang adalah bahasa Filipina, kemudian disingkat menjadi Pami. Sosok karater maskot SEA Games 2019 ini berbentuk bola dengan senyuman yang membuat karakter ini juga sangat lucu.

Selain maskot Sea Games 2019, ada juga logo SEA Games ke – 30 ini, dengan lingkaran dimana lingkaran tersebut berjumlah 11. Angka ini adalah simbol dari 11 negara yang mengikuti gelaran SEA Games ke – 30 ini.

Ke 11 lingkaran tersebut di susun sesuai dengan kepulauan yang ada di negara Filipina. Maskot SEA Games 2019 yang bernama Pami ini juga sudah dikenalkan sejak tahun lalu tepatnya di bulan Desember 2018. Namun kehadiran dari Pami ini tidak selalu mendapatkan sambutan baik dari warga masyarakat.

Pami mendapatkan berbagai kritik terkait dengan desain yang kurang berkesan. Seperti dilansir dari Rappler, banyak warganet dan juga netizen yang membuat meme mengenai maskot SEA Games 2019 ini. Salah satu meme Pami yang paling populer adalah karakter ini disamakan dengan salah satu Pokemon yang bernama Mr Mime.

Maskot SEA Games 2019 Pami
Meme Maskot SEA Games 2019

Hal ini juga merupakan salah satu protes dari warganet dan juga netizen atas ketidaksiapan Filipina menyiapkan gelaran SEA Games 2019 ini. Namun, pihak penyelenggara tidak ambil pusing mengenai hal ini.

Pami yang adalah maskot SEA Games 2019 ini tetap dikenalkan dan salah satunya dijual di beberapa daerah di Filipina. Selain itu Pami juga sudah dipasang di salah satu monument nasional yang ada di Filipina yaitu Bayanihan Park.

Upacara pembukaan SEA Games ini akan berpusat di Bulacan yaitu Philippine Arena yang akan digelar hari Sabtu (30/11/2019) mendatang. Gedung yang akan dijadikan sebagai upacara pembukaan atau Opening Ceremony SEA Games 2019 ini adalah gedung terbesar yang ada di dunia dan sudah masuk ke jajaran rekor, Guinness World Record.

Dengan luas 140 hektare tempat ini bisa menampung sekitar 55.000 orang secara bersamaan. Selain digunakan untuk gelanggang olahraga dimana bisa digunakan untuk acara – acara olahraga, gedung ini juga biasa digunakan untuk pagelaran musik dan juga pertunjukkan lainnya.

Maskot SEA Games 2019 ini sebenarnya bukan maskot pertama yang dibuat oleh Filipina. Terbukti sebenarnya Filipina sudah beberapa kali menjadi tuan rumah gelaran SEA Games. Tercatat sudah 4 kali Filipina menggelar SEA Games sebagai tuan rumah.

Dimulai di tahun 1981 adalah pertama kalinya Filipina menggelar SEA Games, kemudian 10 tahun kemudian di tahun 1991 yang lalu mereka juga menjadi tuan rumah. Kemudian di tahu 2005 yang lalu dimana Filipina juga menjadi juara umum dengan perolehan medali emas terbanyak di tahun yang sama.

Walaupun begitu banyak media asing yang menyoroti ketidaksiapan Filipina dalam menggelar SEA Games 2019 ini. Hal ini terjadi karena berbagai keluhan yang diajukan oleh beberapa negara seperti masalah makanan, masalah transportasi, masalah penginapan dan tempat istirahat. Walaupun begitu beberapa kali penyelenggara meminta maaf karena dirugikannya beberapa negara atas hal tersebut.

Selain itu pemerintah Filipina sendiri saling menyalahkan dimana para anggota DPR menyalahkan beberapa anggota senat yang memangkas biaya untuk pengadaan SEA Games 2019. Namun menurut beberapa media ketidaksiapan dari Filipina memang sudah tercium sejak lama atau sejak awal.

Mulai dari Pami dan pengenalan Maskot SEA Games 2019 dan juga beberapa hal seperti infrastruktur dan fasilitas yang belum siap. Walaupun banyak keluhan yang terjadi di beberapa negara namun, para atlet Indonesia sendiri diminta untuk tetap fokus pada pertandingan yang akan digelar dengan tidak mencoba untuk mengeluh.

Para atlet Indonesia juga sudah dipastikan aman karena memang sudah mencari jalan keluar dari permasalahan yang mungkin terjadi di gelaran SEA Games 2019 ini, seperti yang disampaikan oleh para pendamping atlet.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed