by

Sosok Pengusaha Sukses, Ciputra, Tutup Usia hari Ini

Salah satu figur pengusaha sukses di Indonesia, Ciputra, yang dikenal juga dengan nama Tjie Tjin Hoan, telah tutup usia pada hari (27/11) ini pukul 01:05 WIB. Beliau meninggal di Singapura pada usianya yang ke 88 tahun.

Ciputra merupakan salah satu figur pengusaha sukses di Indonesia yang telah memberikan pengaruh besar dan juga inspirasi untuk banyak orang. Pengusaha properti kelahiran Parigi ini memberikan berbagai terobosan yang menjadi asal muasal tumbuhnya ekonomi di nusantara.

Telah banyak proyek yang telah dihasilkan oleh pengusaha sukses ini. Beberapa diantaranya adalah pantai Indah Kapuk, Taman Impian Jaya Ancol, Pondok Indah, BSD City, dan masih banyak lagi proyek properti lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain terkenal sebagai pengusaha sukses dibidang properti, suami dari Dian Sumeler ini juga dikenal sebagai seorang dermawan di dunia pendidikan. Salah satu buktinya adalah didirikannya Universitas Ciputra. Ciputra juga mengembangkan banyak sekolah sebagai dukungannya untuk pendidikan negeri.

Dalam sebuah sesi wawancara, pengusah properti ini mengungkapkan bahwa usahanya untuk mencapai kesuksesannya sat ini tidaklah mudah. Salah satu proyek yang menguras tenaga dan pikirannya adalah saat beliau harus menangani proyek reklamasi raksasa Taman Impian Jaya Ancol pada tahun 1966.

Kala itu, Ciputra harus berurusan dengan masyarakat sekitar, para nelayan hingga aktivis lingkungan yang menentang proyek tersebut. Namun tantangan terbesarnya adalah saat menghadapi media yang menentang proyek tersebut.

Padahal sebelum proyek reklamasi tersebut dimulai, pihaknya sudah melakukan studi kelayakan hingga lima tahun. Bahkan timnya melakukan studi banding hingga ke Belanda dan juga Perancis. Untuk mengawasi pelaksanaan proyek reklamasi, pihak BPP Proyek Ancol menyerahkannya pada Witteveen+Bos.

Hasil dari proyek reklamasi Taman Impian Jaya Ancol ternyata memberikan dampak positif, khususnya pada sektor ekonomi. Ciputra sendiri mengungkapkan bahwa hasil ini dapat tercapai berkat pelaksanaan proyek yang sesuai dengan prosedur, patuh pada perizinan dan juga sebagai hasil dari studi yang mendalam.

Keberhasilan proyek Taman Impian Jaya Ancol yang dilakukan salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini kembali direplikasi pada proyek CitraLand City Losari di makassar, Sulawesi Selatan.

Melalui salah satu perpanjangan tangan dari PT Ciputra Surya Tbk, Ciputra membentuk KSO Ciputra Yasmin bersama PT Yasmin Bumi Asri untuk menjalankan megaproyek CitraLand City Losari senilai Rp 3.5 triliun tersebut.

Dirut PT Ciputra Surya Tbk, Harun Hajadi mengungkapkan bahwa proyek tersebut mencakup area reklamasi seluas 106.41 hektar. Sisa area seluas 50.47 hektar diserahkan kembali para pemerintah Sulawesi Selatan.

Ciputra berkata bahwa Makassar memiliki potensi yang besar untuk bisa sejajar dengan kota besar lainnya seperti Bandun, Jakarta, atau bahkan Singapura. Sebagai gerbang Indonesia Timur, Makassar memiliki kekayaan yang bisa menjadikannya sebagai contoh pembangunan Indonesia di masa depan.

Menyadari bahwa hidupnya tinggal sebentar, Ciputra mempersiapkan segalanya untuk keturunannya. Dari mulai organisasi yang baik, kemampuan membangun dan mengembangkan, serta kemampuan personal dari anak dan cucunya, semuanya telah dipersiapkan dengan baik.

Untuk mempersiapkan pengalihan tampuk pimpinan untuk anak-anaknya, Cakra, Candra, Junita, dan Rina serta kedua menantunya, Harun dan Budiarsa, Ciputra telah membagi perusahaan kedalam tiga pilar utama.

SubHolding pertama akan dipegang oleh Rina dan suaminya Budiarsa. Sub-Holding dua menjadi tanggung jawab Junita dan Haru, sedangkan Sub-holding terakhir akan dipegang Cakra dan Candra. Ketiganya akan berjalan dibawah bendera Ciputra Group.

Bukan hanya kemampuan memimpin perusahaan yang dipersiapkan pengusaha sukses ini, tapi juga modal utama dalam menjalankan sebuah bisnis, yaitu pendidikan moral. Menurutnya, kejujuran adalah hal utama yang harus dimiliki seorang pengusaha sukses. Tanpa sikap jujur, bahkan kepintaran pun tidak akanmenjamin sebuah usaha akan bertahan lama.

Seluruh dedikasi dan juga sumbangsih yang telah diberikan salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini memang telah memberikan banyak perubahan positif terhadap kemajuan Indonesia. Semoga usahanya dapat dilanjutkan dan membawa nusantara ke hadapan dunia dengan  prestasi yang lebih hebat dari sekarang. Jangan lewatkan:

Comment

News Feed