by

Cara Kerja Relay Dan Pengertiannya Pada Mobil Dan Sepeda Motor

Cara Kerja Relay Dan Pengertiannya Pada Mobil Dan Sepeda MotorRentetan.com – Di dunia otomotif terdapat banyak sekali komponen yang sangat membantu proses kerja mesin dan kelistrikan, salah satunya adalah Relay.

Cara kerja Relay sendiri sebenarnya cukup sederhana dan dipahami. Relay bekerja dengan membentuk gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk membuka dan menutup saklar elektrik di dalamnya.

Relay adalah sebuah saklar elektrik yang bekerja dengan aliran listrik lemah. Tidak seperti saklar biasanya yang bekerja manual, komponen yang satu ini membutuhkan aliran listrik lemah atau gelombang elektromanetik untuk membuka dan juga menutup switch saklar tersebut.

Pengertian Relay Lebih Lanjut

Seperti yang sudah kita bahas di pembukaan bahwa relay adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar elektrik. Ada banyak jenis relay yang ada di pasaran, dari berbagai jenis relay ini tentunya semuanya memiliki fungsi dan cara kerja relay yang sama.

Dalam dunia otomotif sendiri biasanya relay ini digunakan untuk menyeimbangkan daya listrik dan mengubahnya menjadi lebih kecil dayanya. Hal ini biasanya dilakukan agar lampu lebih awet dan juga tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari relay dalam dunia otomotif (yang biasanya digunakan di sepeda motor dan juga mobil):

  • Mengubah aliran arus kuat menjadi lebih lemah. Biasanya digunakan di lampu mobil dan juga sepeda motor sehingga lebih awet dan tahan lama.
  • Menghemat budget.
  • Mengaktifkan beberapa output listrik hanya dari satu inputan.
  • Mempermudah menyusun rangkaian listrik yang cukup rumit.

Itu dia beberapa fungsi dari relay yang biasa digunakan di mobil dan juga sepeda motor atau bahkan digunakan dibeberapa komponen listrik lainnya. Setelah mengetahui pengertian, dan juga fungsi dari relay kita akan membahas mengenai cara kerjanya secara lebih dalam.

Cara Kerja Relay

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja dari Relay, ada baiknya jika anda mengeahui komponen dasar yang ada di Relay. Komponen ini sangat penting guna membuat relay untuk bekerja sehingga paling tidak kita mengetahui beberapa komponen penting ini.

Berikut ini adalah komponen penting dari relay:

  1. Elektromagnet atau Coil (lilitan kabel tembaga).
  2. Armature.
  3. Switch atau saklar.
  4. Dan Peer atau Spring.
cara kerja relay

Cara kerja dari relay ini memanglah cukup mudah. Jadi pada dasarnya relay ini akan bekerja karena adanya aliran listrik. Jika lilitan atau coil dialiri listrik kemudian kontak saklar akan menutup. Kemudian setelah aliran listrik hilang tentunya medan magnet juga akan hilang sehingga saklar kembali terbuka. Seacara garis besar seperti itu cara kerja dari Relay ini.

cara kerja relay secara mudah

Namun ada dua jenis saklar yang ada pada Relay, berdasarkan dengan saklarnya relay ini dibagi menjadi dua jenis:

  • Normally Cose (NC), jenis ini merupakan relay dengan saklar yang menutup sebelum aktif, jadi pada jenis ini ketika relay aktif saklarnya akan membuka.
  • Normally Open (NO), kebalikan dengan NC relay jenis ini memiliki jenis katup terbuka sebelum aktif diberi dengan aliran listrik. Jenis ini adalah jenis yang dijelaskan pada cara kerja diatas.

Walaupun ada dua jenis, namun cara kerja relay sama saja, yaitu mengandalkan medan magnet dari coil setelah dialiri listrik. Perlu diketahui bahwa relay memiliki batas kemampuan untuk menerima aliran listrik yang biasanya dalam satuan ampere ataupun volt.

Jika anda berniat untuk membeli komponen yang satu ini karena sudah membaca cara kerja relay dari rentetetan seharusnya anda mengecek terlebih dahulu dibagian penutupnya karena biasanya tercantum di atas.

Sebagai conton relay yang memiliki kapasitas 15 Ampere dialiri dengan aliran listrik lebih dari 15 Ampere tentunya akan membuat komponen yang ada di dalamnya cepat panas, dengan begitu akan cepat aus dan rusak bahkan sampai meleleh. Jadi pastikan untuk menyesuaikan kemampuan relay yang ada pada kendaraan anda baik itu sepeda motor maupun mobil.

Nah, itu dia tips otomotif dan juga berita otomotif yang singkat mengenai cara kerja relay yang mungkin akan membantu anda. Jangan lupa untuk terus hadir di Rentetan.com untuk mengetahui berbagai informasi menarik dari dunia otomotfi, dan juga berbagai informasi menarik lainnya yang tersaji secara exclusive hanya untuk anda.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed