by

Cara Membuat Efek Instagram Sendiri, Ini Dia Rahasianya!

Cara Membuat Efek Instagram Sendiri, Ini Dia Rahasianya!Rentetan.com – Facebook memberikan akses kepada para pengguna Instagram dan juga sosial media facebook untuk bisa lebih mengekspresikan diri dengan akses untuk membuat efek Instagram dan juga Facebook sendiri. Dengan menggunakan sebuah aplikasi yang diberi nama Spark AR, anda bisa membuat efek instragram dan juga facebook dengan cara yang cukup mudah.

Cara membuat efek Instagram sendiri ini cukup mudah untuk dilakukan dengan menggunakan Spark AR dimana aplikasi tersebut di desain memang untuk membuat efek – efek yang ada di Instagram dan juga Facebook. Hal ini adalah sebuah langkah Facebook untuk menggait para pengguna yang kreatif untuk mengembangkan efek – efek keren yang mungkin akan hadir.

Spark AR sendiri dikenalkan oleh Facebook semenjak tahun 2018, tepatnya di bulan Mei seperti dilansir dari The Verge. Namun pada saat perkenalan tersebut hype belum terlalu mencuat, sehingga para creator ikut meramaikan dengan bergabung dengan versi betanya.

Spark AR adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat berbagai macam efek Instagram dengan tema Augmented Reality, dimana sebelumnya Facebook sudah mengeluarkan beberapa efek yang juga dibuat dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. Kemudian aplikasi ini dikeluarkan untuk para pengguna agar bisa lebih berkreasi dengan cara membuat efek Instagram sendiri.

Terus bagaimana sih cara untuk membuat efek Instagram dan juga facebook ini?  Kita akan coba menguliknya lebih lanjut dengan di sini.

Cara Membuat Efek Instagram dan Facebook Dengan Spark AR

Pertama sebelum mengetahui cara membuat efek Instagram sendiri, tentunya anda harus download aplikasi Spark AR terlebih dahulu. Anda bisa langsung download aplikasi ini dengan link yang akan diberikan di sini.

Segera download aplikasi Spark AR tersebut dan tunggu proses download selesai. Aplikasi ini cukup besar sehingga lebih baik untuk bersabar untuk menunggunya hingga proses download selesai agar proses belajar cara membuat efek Instagram dan Facebook menjadi lancar.

Selanjutnya setelah proses download sudah selesai cari file downloadnya dan segera install di laptop ataupun PC yang anda miliki. Anda juga perlu untuk download Itunes untuk testing di IOS devices seperti yang dierkomendasikan oleh Spark AR.

Proses Instalasi akan memakan waktu yang cukup lama jadi harap sabar untuk menunggu prosesnya sampai benar – benar selesai. Aplikasi ini cukup berat dan harus dijalankan paling tidak di minimal RAM 2 GB seperti yang direkomendasikan, atau paling tidak memiliki RAM 4 GB.

Jika proses instalasi sudah selesai maka anda siap untuk mengetahui cara membuat efek Instagram sendiri dengan menggunakan Spark AR yang satu ini. Jadi siap – siap untuk lanjut ke beberapa prosesnya ya?

  • Cara membuat efek Instagram sendiri adalah dengan membuka Spark AR.
  • Saat masuk ke dalam aplikasi ini, anda akan ditunjukkan beberapa template yang bisa digunakan untuk membuat efek Instagram.
  • Pilihlah salah satu template yang ada di contoh anda bisa memilih contoh apa saja misal Visual Shader, atau Face Distortion. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam cara membuat efek Instagram sendiri ini.
  • Kemudian silakan pilih “File” > Save.
  • Setelah itu teruskan pembuatan filter dengan cara membuka project tersebut. Setelah itu modifikasi template di dalam projek tadi dengan imajinasi anda sendiri.
  • Jika sudah selesai menerapkan imajinasi anda langkah selanjutnya adalah Export efek Instagram agar bisa digunakan di Instagram serta Facebook.
  • Caranya adalah dengan melihat menu kemudian pilih “Export”.
  • Setelah itu akan muncul window baru yang menunjukkan perangkat yang akan didukung dengan efek Instagram yang kita buat tadi.
  • Pilih centang semua perangkat, kemudian klik tombol “Export”.
  • Setelah itu tunggu proses sebentar sampai proses selesai kemudian cek di folder tempat menyimpan export file.
  • Pastikan anda sudah login di facebook dan juga Instagram milik anda.
  • Kemudian masuk ke alamat berikut ini https://www.facebook.com/sparkarhub/
  • Kemudian klik tombol “Next” dibagian bawah.
  • Setelah itu akan muncul pilihan platform media sosial selanjutnya pilih sosial media mana yang akan anda pilih, bisa Instagram bisa facebook.
  • Pilih Next dan cari file yang ada di komputer kita.
  • Terakhir upload file tersebut dan selamat anda berhasil membuat efek Instagram pertama.
Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat efek Instagram ini? Langsung saja deh coba sendiri dengan menggunakan tutorial yang satu ini. Semoga tutorial ini membantu anda dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share juga artikel kali ini ya?

Comment

News Feed