by

Apa Itu Juuling dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Kamu mungkin baru mendengar istilah juuling ini. Juuling sebenarnya adalah kegiatan merokok menggunakan alat vapor kecil yang dikeluarkan oleh brand Juul. Alat ini biasanya dikenal dengan nama vape pod. Lalu kenapa juuling bisa dianggap berbahaya?

penting untuk dicatat bahwa vaping dan Juuling adalah hal yang sama. Juuls adalah jenis vaporizer atau e-rokok, dirancang sedemikian rupa sehingga kebanyakan orang bahkan tidak mengenalinya sebagai e-cig . Perangkat Juul (dan alat penguap lainnya) bekerja dengan memanaskan kartrid yang berisi minyak sehingga menghasilkan uap yang bisa dihirup. Menurut situs perusahaan Juul, vapor kecil ini dirancang untuk membantu perokok berhenti merokok.

Beberapa waktu yang lalu pihak pengawas makanan dan obat-obatan Amerika, FDA menyatakan bahwa remaja disana telah terobsesi menikmati vape portabel ini. Bahkan delapan remaja Wisconsin dibawa ke rumah sakit dengan kondisi batuk parah, sesak napas, dan kelelahan. Dokter curiga bahwa juuling adalah penyebab gangguan pernapasan remaja ini.

Meskipun tidak jelas apa yang dihirup anak-anak yang mungkin menyebabkan masalah paru-paru dan pernapasan mereka, beberapa remaja mengatakan bahwa mereka mungkin telah menghisap nikotin dan THC (senyawa psikoaktif dalam ganja) menggunakan vape.

Banyak orang menggunakan e-rokok, seperti Juul pod ini, karena vapor kecil ini tidak dibuat dengan bahan tar dan semua bahan kimia penyebab kanker yang bisa ditemukan dalam rokok tembakau. Namun, sebuah studi tahun 2018, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menemukan bahwa remaja yang merokok e-rokok memiliki tingkat bahan kimia penyebab kanker yang lebih tinggi dalam tubuh mereka daripada yang bukan perokok.

Ketika berbicara tentang kadar nikotin, satu buah Juul pod mengandung jumlah nikotin yang sama dengan sebungkus rokok. Walau sekitar 200 “embusan” di setiap Juul pod sama dengan sekitar 20 batang rokok, tapi jumlah nikotin dalam setiap kepulan secara signifikan lebih kecil daripada nikotin dalam satu rokok.

Karena itulah mengapa e-cigarette seperti ini dapat sangat membantu bagi orang dewasa yang mencoba berhenti merokok. Tapi untuk anak-anak yang belum kecanduan nikotin, vaping bukanlah hal yang baik.

Vaping bisa sangat berbahaya bagi anak-anak dan remaja. Paru-paru manusia berkembang pesat dalam dua tahun pertama anak, kata Dr. Sadreameli, tetapi terus berkembang sampai rata-rata anak berusia 15 tahun.

Paparan uap e-rokok selama periode pertumbuhan dan perkembangan paru-paru mungkin lebih berbahaya bagi paru-paru dibandingkan dengan ketika mereka sepenuhnya berkembang, katanya.

Remaja yang menggunakan e-cigarette mungkin mendapatkan dosis yang sangat tinggi dari produk-produk ini. Padahal e-cigarette mengandung senyawa yang sangat berbahaya, seperti formaldehida, logam berat, akrolein, dan kadang-kadang zat berbahaya seperti mentol dan diacetyl (yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru berbahaya yang disebut ‘paru-paru popcorn’).

Terlebih lagi, vape seperti Juul bisa menjadi lebih adiktif daripada rokok tradisional. Nikotin didalamnya bisa sangat berbahaya bagi otak yang sedang berkembang. Nikotin sangat adiktif dan dapat bertindak sebagai neurotoksin dan mengubah kimia otak sehingga otak tidak berfungsi secara normal tanpanya.

pada tahun 2018, FDA mengirim surat ke lebih dari 1.300 toko dan pengecer online, memperingatkan mereka bahwa mereka dapat menghadapi hukuman karena diduga menjual juul pod dan alat vaping kepada orang di bawah 18 tahun. 130 penjual lainnya diberikan denda mulai dari $ 279 hingga $ 11.182 untuk pelanggaran berulang.

Dalam sebuah pernyataan, Juul Labs mengatakan bahwa misi JUUL Labs adalah untuk menghilangkan kebiasaan merokok konvensional dengan menawarkan Juul pod pada perokok dewasa.

Namun Juuling tidak ditujukan untuk target pasar lainnya. Juul Lab sangat menentang penggunaan produk vapor kecil ini oleh anak di bawah umur. Perusahaan ini juga mengatakan bahwa mereka juga berupaya menemukan cara untuk mengurangi jumlah anak di bawah umur yang menggunakan produk tembakau dan juuling atau vapor lainnya, dan untuk mencegah kaum muda bahkan mencoba produk-produk ini.

Comment

News Feed