by

Fruitvale Station: Film Inspirasi Dari Sebuah Kisah Nyata

Jika kamu tertarik dengan film biografi yang diangkat dari kisah nyata, mungkin kamu bisa mencoba nonton Fruitvale Station. Cerita dalam film inspirasi ini pastinya bisa memberikan gambaran mengenai kisah seorang pemuda yang menerima tindak kekerasan dari pihak kepolisian. Bagaimana kisahnya? Berikut sinopsisnya.

Fruitvale Station menceritakan kisah nyata tentang seorang anak dari haywark, California. Kisahnya berfokus pada sosok Oscar Grant III, pemuda berusia 22 tahun di hari-hari terakhir hidupnya sebelum ia ditembak oleh seorang oknum polisi BART di malam tahun baru.

Film bermula dengan sebuah rekaman asli dari Oscar Grant yang ditahan polisi di stasiun Fruitvale di Oakland pada 1 januari 2009. Waktu menunjukkan tepat pukul 2:15 sebelum terjadinya insiden penambekan tersebut.

Beberapa waktu sebelumnya, Grant sedang cekcok dengan kekasihnya, Sophina, mengenai perselingkuhan yang dilakukan Grant. Pertengkaran berlanjut ke masalah Grant yang tidak bisa mendapatkan kembali pekerjaan lamanya di sebuah toko. 

Di waktu lain, Grant memutuskan untuk menghadiri sebuah pesta mewakili ibunya, Wanda. Dia pergi menggunakan kereta BART karena ibunya khawatire jika Grant harus mengemudikan mobil. Setelah pesta berakhir, Grant dipanggil oleh seorang perempuan yang pernah bekerja di tempat yang sama dengannya.

Sayangnya teriakan Katie, sang perempuan, membuat seorang mantan napi menyimpan dendam saat ia dan Grand berada di penjara yang sama, mulai mendekati Grant. Tak lama, perkelahian pun terjadi.

Polisi pun datang ke lokasi Grant dan menangkap mereka yang terlibat dalam perkelahian. Grant yang telah diamankan oleh petugas Caruso tiba-tiba ditembak dari belakang oleh petugas Ingram. Grant pun dilarikan ke rumah sakit, namun ia meninggal dalam proses operasi.

Di akhir film diceritakan reaksi masyarakat pasca penembakan Grant. Mereka melakukan aksi unjuk rasa dan kerusuhan di seluruh kota. Banyak saksi yang mengabadikan kejadian tersebut menggunakan kamera ataupun ponsel mereka.

Petugas kepolisian BART yang terlibat dalam penembakan tersebut, Ingram (namanya telah diganti) kemudian diamankan dan diadili atas tindakan pembantaian. Ingram mengaku bahwa ia salah mengambil senjata karena awalnya ia bermaksud untuk mengambil taser. Karena perbuatannya, ingram dipenjara selama 11 bulan.

Dalam film ini juga terdapat rekaman orang-orang yang merayakan masa ketika Grant masih hidup  di perayaan tahun baru 2013. Dalam acara tersebut juga hadir cucu Grant, Tatiana.

Ryan Coogler yang menjadi sutradara Fruitvale Station ini terinspirasi untuk mengabadikan kisah nyata Oscar Grant dalam sebuah film karena ia ingin orang-orang dapat merasakan seperti apa kejadian yang sebenarnya.

Saat peristiwa penembakan Oscar Grant terjadi, Ryan baru saja lulus dari Universitas California Selatan jurusan seni sinematik. Ryan juga sempat bertemu dengan John Burris, pengacara keluarga Grant. Bahkan Ryan juga bekerja sama dengan keluarga Grant dalam pembuatan film ini.

Pada Januari 2011, perusahaan milik Forest Whitaker sedang mencari pembuat film muda untuk mengikuti proses pendidikan. Ryan bertemu dengan kepala produksi, Nina Yang Bongiovi, dan menunjukkan proyeknya. Whitaker ternyata memutuskan untuk mendukung proyek Ryan tersebut.

Film inspirasi dari kisah nyata ini pertama dirilis pada 19 januari 2013. Film ini menghasilkan $127,445 pada penayangan di hari pertamanya. Di minggu pertamanya, Fruitvale Station mendapatkan keuntungan $377,285 dari tujuh bioskop.

Secara keseluruhan,Fruitvale Station mendapatkan kritik positif. Kebanyakan kritikus film memberikan komentar bahwa film Fuitvale Station merupakan perayaan sebuah kehidupan, mengutuk kematian, dan perayaan kemenangan dari bintang utamanya, Michael B.jordan.

Film ini juga meraih berbagai penghargaan bergengsi. Beberapa penghargaan tersebut antara lain dari American Film Institute untuk kategori 10 Film Terbaik Tahun Ini, penghargaan Cannes Film Festival untuk kategori Prix de l’Avenir d’Un Certain Regard, dan Hollywood Film Festival untuk kategori Hollywood Spotlight Award.

Tapi perlu kamu perhatikan juga bahwa film inspirasi dari kisah nyata ini bukan bermaksud untuk menyudutkan pihak tertentu. Jadi jangan sampai baper setelah kamu menonton Fruitvale Station ini. Kamu juga bisa menikmati film ini melalui layanan streaming film seperti indoxx1.com. Tapi sebelum menontonnya secara online, pastikan koneksi internet kamu stabil. Jadi kamu bisa menikmati tontonan kamu tanpa gangguan.

Comment

News Feed