by

Belajar Online Lewat Quizizz Ternyata Mudah Dan Seru

Majunya teknologi membuat semua hal dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah belajar online. Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar, dan salah satunya Quizizz Indonesia. Seperti apakah alat evaluasi ini? Ayo kita pelajari bersama.

Quizizz memungkinkan seorang pengajar untuk melakukan penilaian formatif untuk siswanya dengan  cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dari segala usia. Fitur yang bisa digunakan oleh para guru termasuk:

  • Evaluasi sesuai kemampuan siswa

Pertanyaan muncul di layar masing-masing siswa, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan dengan cara mereka sendiri, dan meninjau jawaban mereka di akhir tes.

  • Menggunakan gawai yang bisa dibawa siswa

Dapat dimainkan oleh siswa menggunakan segala jenis perangkat yang bisa mengakses browser, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone.

  • Ribuan kuis yang bisa diakses secara publik

Guru-guru di seluruh dunia membuat ribuan pertanyaan untuk belajar online di Quizizz setiap hari! Konten yang dibuat dalam Quizizz Indonesia juga bisa digunakan semua orang.

  • Editor Kuis

Dengan menggunakan fitur ini, para guru bisa menggunakan kuis yang ada di bank soal atau bahkan mereka bisa membuat latihan soal sendiri. Bahkan para guru juga bisa menggunakan gambar yang tersebar di internet secara otomatis.

  • Laporan

Laporan  yang diberikan Quizizz Indonesia mencakup informasi terperinci untuk setiap kuis yang di lakukan. Kamu juga bisa mengunduh laporan dalam format spreadsheet Excel.

  • Kustomisasi Kuis

Guru memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan kuis mereka sesuai dengan kebutuhan.

Cara menggunakan Quizizz Indonesia

Untuk menggunakan alat belajar online ini, kamu hanya perlu mendaftar menggunakan akun Gmail. Setelah mendaftar, kamu akan masuk ke laman dashboard. Pastikan kamu mendaftar untuk akun guru agar kamu bisa mengakses menu Quizizz admin.

Untuk memudahkan penggunaan menu di Quizizz Indonesia, kamu bisa merubah pengaturannya ke Bahasa Indonesia dengan cara berikut:

  • Pilih Setting di sebelah kiri dashboard
  • Pada bagian Language, pilih Bahasa Indonesia
latihan soal

Sekarang akun Quizizz Indonesia kamu sudah bisa digunakan. Klik logo Quizizz di sebelah atas untuk kembali ke laman dashboard. Kamu bisa mulai membuat kuis untuk siswa dengan cara sebagai berikut:

1. Pilih kuis yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan kuis yang telah tersedia di bank soal atau kamu bisa membuat sendiri soal latihan kamu. Saat membuat soal latihan untuk belajar online, kamu bisa menyusun soal dari berbagai kumpulan soal yang sudah tersedia atau kamu bisa membuat latihan soal sendiri di akun Quizizz Indonesia kamu.

2. Pilih mode permainan yang ingin dilakukan. Ada tiga jenis mode yang bisa dipilih, yaitu:

  • Tim: dimana skor dikelompokkan sesuai tim
  • Klasik: setiap siswa akan mendapat skornya masing-masing
  • Uji: Siswa melakukan tes yang akan menjadi dasar penilaian kompetensi

3. Jangan lupa untuk memilih pengaturan yang sesuai untuk soal latihan kamu sebelum memulai kuis.

4. Setelah mengklik Game Tuan Rumah, kamu akanmasuk ke laman partisipan. Disini kamu akan menemukan link yang harus dibagikan ke seluruh peserta yang akan mengikuti kuis ini.

5. Setelah semua peserta masuk ke laman tes, kamu bisa mengklik tombol “Mulai”.

Hasil latihan soal yang kamu berikan di Quizizz Indonesia bisa kamu akses langsung di laman laporan. Disini, kamu bisa melihat hasil tes dari setiap siswa, soal yang sulit dijawab, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, kamu bisa langsung mengirim laporan ini langsung ke surel orangtua yang telah didaftarkan sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa mencetak seluruh hasil evaluasi di laman yang sama. Dengan menggunakan hasil evaluasi ini, kamu bisa merubah metode pengajaran kamu di kelas atau fokus pada satu materi yang kurang dikuasai para siswa.

Jika kamu ingin mempelajarinya secara langsung, kamu bisa akses langsung di quizizz.com. Manfaatkan kemudahan langsung untuk mengevaluasi hasil belajar para siswa dengan Quizizz Indonesia ini.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya:

Comment

News Feed