by

Hari Disabilitas International 2019, Fakta Dan Sejarahnya

Hari Disabilitas International 2019, Fakta Dan SejarahnyaRentetan.com – Hari Ini Rabu 3 Desember 2019 adalah sebuah hari penting Internasional yang mungkin beberapa dari anda sudah mengetahuinya.

Ya benar 3 Desember adalah peringatan untuk para penderita disabilitas di seluruh dunia. Tentunya peringatan ini diadakan setiap tahun di tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Namun apakah anda mengetahui bagaimana bisa tanggal 3 Desember ini dijadikan sebagai salah satu hari penting dunia? Mungkin anda belum mengetahui beberapa fakta dan juga sejarah yang dimilikinya. Tenang, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Hari disabilitas international 2019 secara lebih mendetail.

Jika melihat sejarah hari disabilitas Internasional mungkin perjalanannya sudah cukup lama dan sudah dimulai bertahun – tahun yang lalu.

Sejarah Hari Disabilitas International

Sejarah awal hari disabilitas international diinisiasi oleh PBB, dimana pada tahun 1981 ditetapkan sebagai tahun untuk para penyandang disabilitas. PBB memberikan sebuah pandangan dan juga rencana untuk lebih memperhatikan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Pada tahun – tahun awal ini atau tepatnya pada tahun 1981 ini, PBB merencanakan berbagai program untuk menyamakan semua hak yang sama dimana bisa diperoleh para penyandang disabilitas. Sebenarnya pengumuman tahun 1981 sebagai tahun para penyandang disabilitas sudah diumumkan sejak tahun 1976 dimana sebelumnya PBB merencanakan berbagai tindakan nyata untuk kesejahteraan penyandang disabilitas.

Jadi sejarah hari disabilitas international sendiri dimulai pada sekitar tahun 1976 dan mulai diterapkan pada tahun 1981 oleh PBB di beberapa negara. Kemudian langkah lanjutan diambil oleh PBB dimana mulai tahun 1992, diumumkan bahwa PBB merayakan 1 dekade mengenai disabilitas.

Kemudian sejarah hari disabilitas International kembali berlanjut dimana pada tahun 1992 hingga sekarang dimulai sejarah baru dimana setiap tahunnya terdapat tema – tema yang juga terbentuk. Sehingga peringatan hari disabilitas International sampai sekarang memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya.

Hal ini sangat penting bagi PBB untu mengontrol beberapa hal yang berkaitan dengan disabilitas dan isu – isu yang berada di masyarakat dunia. Dan sejak tahun 1994, dimulailah bahwa di setiap 3 Desember adalah hari disabilitas International.

Fakta Disabilitas Yang Belum Banyak Orang Tahu

Ada beberapa fakta yang harus kita ketahui di hari disabilitas International ini. Mungkin beberapa dari anda belum mendapatkan informasi berikut ini. Dilansir dari WHO, berikut ini adalah beberapa fakta terkait dengan disabilitas:

  • Lebih dari 1 juta orang hidup dengan disabilitas di seluruh dunia.
  • Disabilitas dialami oleh beberapa orang yang memiliki penghasilan rendah dan juga negara tertinggal.
  • Para penyandang disabilitas seringkali tidak menerima perawatan kesehatan yang semenstinya.
  • Anak penyandang disabilitas seringkali tidak mau mendapatkan atau menghadiri sekolah dibandingkan dengan anak normal.
  • Penyandang disabilitas lebih banyak yang tidak memiliki pekerjaan dan ini terjadi di semua negara.
  • Penyandang disabilitas lebih rentan dengan kemiskinan.
  • Rehabilitasi sangatlah membantu untuk meningkatkan semangat dan juga mensupport penyandang disabilitas menjadi lebih mandiri.
  • Penyandang disabilitas bisa hidup dan berpartisipasi dengan masyarakat seperti pada umumnya.
  • Menghilangkan penghalang diskriminasi adalah jalan terbaik.
  • Salah satu tempat dan wadah yang mempromosikan, dan juga mendukung, melindungi kaum disabilitas bernama The Convention in the Rights of Persons With Disabilities (CRPD).

Itu dia beberapa fakta mengenai disabilitas yang perlu diketahui di hari disabilitas International ini. Selain itu peran dari masyarakat dan juga pemerintah juga sangat patut untuk lebih terbuka karena para penyandang disabilitas sendiri juga sangat memiliki hak mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal apapun termasuk pekerjaan.

Sering kita ketahui bahwa diskriminasi ini terjadi di seluruh dunia bahkan juga termasuk di Indonesia. Dengan adanya hari disabilitas International ini diharapkan akan membantu kesadaran kita untuk tetap menghargai dan juga menghormati atau bahkan memberikan support dan dukungan terhadap para penyandang disabilitas yang ada di sekitar kita.

Mereka juga saudara kita yang membutuhkan perhatian dan juga dukungan kita untuk tetap bisa menjalani kehidupan mereka sendiri. Dengan begitu kita akan mampu menciptakan masyarakat yang sangat harmonis dan bisa dihuni oleh siapapun juga. Selamat Hari Disabilitas International!

Baca Juga Artikel Menarik lainnya:

Comment

News Feed