by

Aplikasi Raport K13 SD Yang Memudahkan Pengisian Raport

Jelang semester 2 tahun ajaran 2019, para guru pastinya sangat sibuk menyelesaikan data administrasi untuk proses Kegiatan Belajar mengajar di kelas yang dipegangnya. Untuk melakukan penilaian hasil belajar, seperti Ulangan kenaikan Kelas bagi sekolah yang menerapkan KTSP dan Penilaian Akhir Tahun untuk lembaga pendidikan yang sudah beralih ke kurikulum 2013. Salah satu cara untuk mempermudah pekerjaan ini adalah dengan menggunakan aplikasi raport K13 SD.

Para guru biasanya menggunakan aplikasi raport berbasis spreadsheet ini. Walau pertama dibuat pada tahun 2014 oleh Abdul Rohim, seorang guru PAI di SD Duduklor Lamongan, Jawa Timur, aplikasi raport K13 SD ini masih bisa digunakan hingga hari ini.

Aplikasi raport K13 bisa digunakan di sekolah manapun karena pembuatnya tidak mengunci aplikasi ini. Jadi setiap guru bisa mengedit data yang ada didalamnya dan menyesuaikannya dengan data setiap sekolah.

Tujuan dari aplikasi raport K13 SD ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi para guru untuk melakukan penilaian dari segi spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan para siswa. Hal; ini tentunya sesuai dengan  peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah:

  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.20, 21, 22, 23, dan 24 tahun 2016
  • Panduan Penilaian untuk tingkat SD yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi Desember 2016
  • Buku Guru dan Buku Siswa versi revisi tahun 2017 dan 2018

Aplikasi raport K13 SD ini telah melalui berbagai perbaikan. Jadi bagi para guru yang bertanggung jawab untuk kelas 1 hingga kelas 3 di semester genap tahun ajaran 2018/2019 bisa menggunakan aplikasi raport K13 versi 13 atau menggunakan versi terbarunya yang bisa kamu unduh disini:

Unduh aplikasi Raport K13 versi 14 untuk kelas 1, 2, dan 3 SD

Unduh aplikasi Raport K13 versi 14.1 untuk kelas 4, 5, dan 6 SD

Aplikasi raport K13 SD ini dapat terhubung langsung ke Dapodik sekolah. Jadi pastikan untuk menggunakan hanya pada PC atau laptop yang terhubung pada Dapodik tersebut.Aplikasi raport ini bisa digunakan untuk menyusun kompetensi dasar dan juga indikatornya yang bisa disusun untuk setiap sub tema, tema, dan kelas.

Untuk memudahkan para guru, aplikasi ini sudah berisi data kompetensi dasar dan indikator seperti yang tertulis dalam Buku guru. Para guru dapat menyesuaikan data kompetensi dasar dan indikatornya jika dibutuhkan.

Aplikasi raport ini juga bisa menyimpan data nilai dari hasil pembelajaran siswa. Nilai yang dimasukkan dalam aplikasi raport ini mencakup nilai untuk setiap indikator yang telah dibuat sebelumnya oleh guru yang bersangkutan.

Nilai yang telah diinput kedalam aplikasi raport K13 SD ini kemudian akan diolah menjadi nilai kompetensi dasar. Selanjutnya, nilai kompetensi dasar ini akan memilah  nilai positif dan negatif yang didapatkan setiap siswa.

Setelah semua data telah diinput, guru bisa mencetak hasil pembelajaran ini. Namun sebaiknya, aplikasi raport ini disinkronkan terlebih dahulu dengan Dapodik sekolah yang bersangkutan.

Untungnya, aplikasi raport K13 SD bisa digunakan oleh sekolah manapun secara Cuma-Cuma. Jadi pastikan untuk mengunduh aplikasi raport ini melalui tautan yang telah tersedia dalam artikel ini. Jika kamu menghadapi kendala dalam menggunakan aplikasi ini, silahkan baca petunjuknya. Kamu juga bisa menghubungi langsung pembuatnya langsung melalui nomor ponsel yang tersedia di bagian pengantar dalam aplikasi ini.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Comment

News Feed