by

Taman Nasional Lorentz Surga Tersembunyi Indonesia

Taman Nasional Lorentz Surga Tersembunyi IndonesiaRentetan.com – Indonesia tentunya memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa banyaknya.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Indonesia sendiri terdiri dari beribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dari luasnya wilayah Indonesia ini tentunya ada banyak sekali wilayah yang memiliki keindahan alam yang tersebar di Indonesia. Uniknya Google Doodle Indonesia sendiri merayakan taman yang terletak di Indonesia.

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua. Taman Nasional ini adalah sebuah taman nasional yang paling luas di Asia Tenggara. Faktanya, taman yang memiliki luas sekitar kurang lebih 2,4 juta hektar ini masih belum dipetakan secara resmi. Hutan belantara dengan berbagai flora dan fauna masih asli terletak di sini.

Sejak tahun 1999, Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Nama dari taman nasional yang satu ini diambil dari nama seorang berkebangsaan Belanda yang memiliki nama Hendrikus Albertus Lorentz. Pria asal Belanda ini melakukan eksplorasi dan perjalanan ekspedisi melewati taman ini pada tahun 1909 dimana merupakan perjalannnya yang ke 10.

Sampai saat ini sedang ada proses pemetaan Taman Nasional Lorentz dimana sedang dilakukan oleh WWF regional Indonesia dan Papua untuk melakukan pemetaan wilayah yang sangat luas. Proyek ini sudah dijalankan mulai dari tahun 2003 yang lalu.

Kondisi Geografis Taman Nasional Lorentz

Berbicara mengenai lokasi, taman nasional yang terletak di Papua ini memang banyak orang yang belum mengetahuinya. Taman Nasional Lorentz sendiri paling dekat dengan kota Wamena. Akses untuk bisa memasuki kawasan yang satu ini ada beberapa cara dengan menggunakan transportasi darat dan juga laut. Jika menggunakan transportasi darat paling mudah diakses melalui wamena dengan sampai ke arah puncak Trikora.

Sementara itu juga bisa ditempuh dengan menggunakan kapal laut dari selatan melalui pelabuhan Sawa Erma, yang bisa meggunakan jalan kaki untuk mengunjungi beberapa tempat yang ada di taman nasional Lorentz.

Sementara itu Taman Nasional Lorentz memiliki sebuah pegunungan yang memiliki gletser. Ya memang di daratan papua sendiri terdapat banyak gunung yang memiliki salju atau diselimuti salju di puncaknya walaupun berada di daerah tropis. Gunung yang ada di surga tersembunyi ini membentang, dan dikenal sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia yang sering disebut dengan Puncak Jaya dengan ketinggian 5030 mdpl.

Diketahui dikawasan ini ada sekitar 34 vegetasi yang sangat alami beberapa contohnya adalah hutan rawa, gambut, padang rumput sabana, dan lain – lain. Selain itu untuk masalah satwa sendiri ada banyak tipe hewan yang ada di sini dengan beragam jenis hewan yang juga dilindungi.

Seperti yang kita ketahui bahwa Papua sendiri adalah surganya burung – burung yang sangat langka atau bahkan hanya ada di Papua. Ada ratusan jenis burung yang ada di sini termasuk kakatua, merpati, burung madu, puyuh salju dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kebudayaan di tempat ini terdapat berbagai suku yang bertempat tinggal di sekitaran Taman Nasional Lorentz. Suku Nduga, Suku Asmat, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan juga tinggal disekitaran tempat dan Kawasan ini. Diperkirakan bahwa kehidupan dan kebudayaan yang ada di Kawasan ini berumur lebih dari 30.000 tahun.

Kawasan ini dijadikan sebagai Taman Nasional di tahun 1997, dan sampai sekarang memang belum banyak wisata dan juga akses yang memadai untuk bisa dilewati karena transportasi dan medan yang sangat terbatas. Namun juga ada beberapa tempat wisata kebudayaan seperti di suku Asmat dimana kita bisa melihat seni pahat yang sangat luar biasa.

Suku Asmat yang berada di Taman Nasional Lorentz ini memiliki keahlian turun temurun dengan pahatan patung yang sangat indah. Selain itu Suku Asmat juga dikenal sangat menghormati alam terutama pohon yang bisa dilambangkan sebagai bentuk manusia.

Itu dia beberapa informasi mengenai Taman Nasional Lorentz yang berada di Papua dan merupakan surge tersembunyi di Indonesia. Saat ini Kawasan yang satu ini diperingati oleh Google Doodle Indonesia sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO yang sangat layak untuk diperhatikan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed