by

Harley Di Atas Garuda, Sistematis Dan Juga Ter-Skenario

Harley Di Atas Garuda, Sistematis Dan Juga Ter-SkenarioRentetan.com – Beberapa waktu yang lalu Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dicopot dari jabatan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Ari dicopot setelah temuan oleh Dirjen Bea Cukai dimana ada sebuah Harley Davidson dan sepeda Brompton illegal di atas pesawat Garuda.

Temuan Harley di atas Garuda ini tentunya mengejutkan berbagai pihak karena pesawat tersebut adalah sebuah pesawat baru yang baru saja melakukan penerbangan perdananya dari Perancis ke Indonesia. Pesawat berjenis Airbus A3330-900 Neo, ini baru saja keluar dari pabrik pembuatan yang berada di Perancis.

Dilansir dari CNN Indonesia (06/12/2019), ada total 4 orang direksi Garuda Indonesia yang ikut ke dalam perjalanan terbang tersebut. Pesawat tersebut terbang dari Perancis membawa Harley di atas Garuda dan langsung mendarat di hangar milik GMF guna menghindari pemeriksaan dari pihak bea dan cukai.

Menurut Arya Sinulingga, Staff Khusus Kementrian BUMN, hal ini melanggar undang – undang pidana dan juga perdata. Melalui pernyataannya juga ditetapkan pengganti sementara Ari Askhara yaitu Fuad Rizal. Jabatan ini hanya digantikan sementara sampai adanya rapat umum pemegang saham.

Selain itu para Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI), juga menyampaikan berbagai keluh kesah mereka selama berada di bawah kepemimpinan Direktur Ari Askhara. Menurut ketua umum IKAGI, Zaenal Muttaqin Ari pernah memberikan perintah pengalihan rute dari Jakarta London dan Jakarta Amsterdam melalui Denpasar dan Kualanamu.

Menurut Zaenal hal ini merugikan karena perjalanannya yang melebihi batas kewajaran hingga 19 jam perjalanan. Selain itu masih ada banyak lagi keluhan dan juga keanehan dari kebijakan milik Ari yang dirasa bukan hanya merugikan pekerja melainkan merugikan perusahaan juga.

Terkait dengan kasus Harley di atas Garuda dan juga dipecatnya Ari Askhara ini juga disambut baik oleh para pelaku industri wisata. Disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani menduga bahwa Ari adalah orang dibalik praktik kartel tiket pesawat yang belakangan ini melonjak.

Hariyadi juga sudah menyampaikan keluhannya kepada Presiden Jokowi dimana jika tiket pesawat terus melonjak maka wisatawan akan turun drastis karena melonjaknya harga tiket pesawat. Hariyadi mengaku bergembira setelah Erick Thohir mencopot jabatan dirut Garuda tersebut.

Ada total 22 penumpang di mana ditemukannya Harley di atas Garuda, dari 22 penumpang tersebut terdapat 4 direksi Garuda Indonesia, dan bahkan terdapat istri dari mantan dirut Arie Askhara. Ketika pesawat tersebut masuk ke hanggar GMF ditemukanlah Harley dan juga sepeda brompton yang diduga diselundupkan dari Perancis.

Zaenal yang juga ketua umum IKAGI mengatakan bahwa temuan Harley di atas pesawat ini adalah temuan pertama yang diketahui oleh pekerja. Ia tidak bisa memastikan apakah ada penyelundupan lainnya yang terjadi selama ini.

Sementara itu Arie Askhara yang menjabat sebagai Dirut Garuda dimana ditemukannya Harley di atas Garuda ini memiliki kekayaan lebih dari Rp 37 milliar. Total kekayaannya dilansir dari Kompas terdiri dari Tanah dan bangunan, kemudian beberapa alat transportasi, namun tidak ada catatan yang memberikan sepeda motor Harley dan juga sepeda brompton pada laporan tersebut.

Sementara ini posisi Garuda Indonesia masih digantikan oleh Fuad Rizal agar Garuda Indonesia tetap berjalan seperti biasanya hingga menunggu keputusan para pemegang saham dan juga berbagai rapat yang akan dilakukan.

Ari Askhara adalah salah satu orang yang sebenarnya juga memperhatikan perkembangan start-up di Indonesia dengan menjadi salah satu funding perusahaan start-up. Selain itu Ia juga merupakan salah satu orang yang sangat gemar bermain basket dari sejak masih SMP.

Sampai saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari Ari terkait dengan Harley di atas Garuda yang ditemukan oleh pihak bea dan cukai. Namun pihak Garuda sudah menyerahkan permasalahan dan kasus ini kepada kementrian BUMN agar segera diselesaikan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Hal ini terkait permasalahan dimana bisnis Garuda Indonesia yang juga harus tetap berkembang sehingga harus segera berjalan seperti semula secepatnya.

Comment

News Feed