by

Penyebab Hepatitis A Dan 8 Cara Untuk Mencegah Penularannya

Beberapa waktu lalu, Depok dihebohkan dengan mewabahnya Hepatitis A. Diketahui bahwa penyebab Hepatitis A menyebar di kalangan siswa dan guru di sebuah SMP di Depok berasal dari seorang pria yang bekerja di sekolah tersebut. Para korban mengalami gejala Hepatitis A seperti demam dan tubuh lemas.

Diketahui bahwa pria tersebut bekerja sebagai petugas kebersihan sekolah. Selain itu, ia juga membuka usaha kantin di lingkungan lembaga pendidikan tersebut. Sayangnya ia tidak bisa menjaga kebersihan barang dagangannya.

Seperti yang telah diketahui, penyebab Hepatitis A yang utama adalah tidak terjaga sanitasi di suatu lingkungan. Gejala Hepatitis A dapat mencakup hal-hal berikut ini:

Gejalanya meliputi:

  • sakit perut
  • kehilangan selera makan
  • penurunan berat badan
  • mual (dan terkadang muntah)
  • demam dan kedinginan
  • sakit kepala ringan
  • kelelahan
  • kulit dan mata kuning (ikterus)
  • urin berwarna gelap dan feses pucat.

Orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar lebih cenderung memiliki gejala Hepatitis A yang berlangsung 1 hingga 2 minggu, atau dalam kasus yang parah, hingga beberapa bulan. Anak-anak di bawah usia 3 jarang memiliki gejala Hepatitis A seperti diatas.

Kebanyakan pengidap akan pulih sepenuhnya dan akan memiliki kekebalan seumur hidup terhadap penyakit ini. Kematian akibat hepatitis A jarang terjadi.

8 cara menghindari penularan hepatitis A

Jika daerah tempat tinggal kamu terjangkit penyakit ini atau mungkin kamu berencana untuk bepergian ke tempat yang terjangkit Hepatitis A, berikut adalah delapan tips untuk melindungi Kamu dari penyakit ini..

1. Dapatkan vaksinasi.

Saat ini telah tersedia vaksin untuk jenis Hepatitis A dan B. Kedua jenis penyakit inilah yang paling sering muncul dan mudah menular. Jadi pastikan kamu mendapatkan vaksin ini untuk menghindari tertular penyakit ini atau jika kamu harus berinteraksi dengan penyebab Hepatitis A  atau B.

2. Ketahui tujuan Kamu.

Jika kamu hendak bepergian ke daerah tertentu, pastikan untuk mengetahui informasi tentang kondisi di daerah tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jaga kebersihan tangan Kamu.

Penyebab Hepatitis A yang utama adalah tidak terjaganya sanitasi. Sering mencuci tangan membantu menjaga agar kotoran tidak menyebar dari tangan Kamu ke mulut Kamu, yang dapat menyebabkan infeksi.

Cuci tangan Kamu dengan air sabun yang hangat, atau gunakan pembersih tangan, setelah ke kamar mandi atau ganti popok dan sebelum makan. Jika Kamu harus menggunakan kamar mandi yang kotor, pertimbangkan untuk menggunakan serbet atau tisu untuk mematikan keran dan untuk membuka pintu.

4. Perhatikan apa yang Kamu makan.

Makanan mentah, termasuk buah-buahan, sayuran, salad, dan daging mentah atau kerang, dapat menularkan Hepatitis. Jika kamu berada di daerah dengan tingkat sanitasi yang rendah, pastikan kamu memasak makanan kamu. Makanlah buah – buahan dan sayuran segar hanya jika Kamu mengupasnya sendiri.

5. Hindari air yang terkontaminasi.

Di daerah dengan sanitasi buruk, air juga dapat menularkan Hepatitis. Untuk mengurangi risiko, gunakan air kemasan untuk minum serta untuk mencuci buah dan sayuran yang akan kamu konsumsi. Jauhi es batu kecuali Kamu yakin terbuat dari air bersih.

6. Ambil tindakan pencegahan terkait seks .

Karena hepatitis dapat disebarkan melalui kontak seksual, sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang berasal dari daerah di mana hepatitis endemik.

Tidak ada cara mudah untuk mengetahui apakah seseorang menderita hepatitis. Banyak orang terlihat sehat tanpa menunjukkan gejala Hepatitis A.

7. Waspadai ‘benda tajam.’

Jarum suntik yang kotor (digunakan kembali) dapat menyebarkan hepatitis, seperti halnya jarum akupunktur dan instrumen yang digunakan untuk membuat tato atau tindikan.

8. Hindari kontak dengan darah.

Tidak apa-apa jika kamu berasumsi bahwa darah dari orang lain dapat menularkan virus penyakit ini. Jika Kamu perlu memberikan pertolongan pertama kepada seseorang yang berdarah, cobalah untuk menghindari kontak dengan darahnya. Jika Kamu harus kontak dengan darah, segera cuci bagian yang terkena darah itu.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab Hepatitis A, gejala Hepatitis A, dan juga cara untuk menghindari tertularnya penyakit ini. Pastikan juga kamu menjaga kebersihan di sekitar kamu.

Baca juga:

Comment

News Feed