by

Penyebab Hepatitis A Dan 8 Cara Untuk Mencegah Penularannya

Jika kamu hendak bepergian ke daerah tertentu, pastikan untuk mengetahui informasi tentang kondisi di daerah tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jaga kebersihan tangan Kamu.

Penyebab Hepatitis A yang utama adalah tidak terjaganya sanitasi. Sering mencuci tangan membantu menjaga agar kotoran tidak menyebar dari tangan Kamu ke mulut Kamu, yang dapat menyebabkan infeksi.

Cuci tangan Kamu dengan air sabun yang hangat, atau gunakan pembersih tangan, setelah ke kamar mandi atau ganti popok dan sebelum makan. Jika Kamu harus menggunakan kamar mandi yang kotor, pertimbangkan untuk menggunakan serbet atau tisu untuk mematikan keran dan untuk membuka pintu. 4. Perhatikan apa yang Kamu makan.

Makanan mentah, termasuk buah-buahan, sayuran, salad, dan daging mentah atau kerang, dapat menularkan Hepatitis. Jika kamu berada di daerah dengan tingkat sanitasi yang rendah, pastikan kamu memasak makanan kamu. Makanlah buah – buahan dan sayuran segar hanya jika Kamu mengupasnya sendiri.

5. Hindari air yang terkontaminasi.

Di daerah dengan sanitasi buruk, air juga dapat menularkan Hepatitis. Untuk mengurangi risiko, gunakan air kemasan untuk minum serta untuk mencuci buah dan sayuran yang akan kamu konsumsi. Jauhi es batu kecuali Kamu yakin terbuat dari air bersih.

6. Ambil tindakan pencegahan terkait seks .

Karena hepatitis dapat disebarkan melalui kontak seksual, sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang berasal dari daerah di mana hepatitis endemik.

Tidak ada cara mudah untuk mengetahui apakah seseorang menderita hepatitis. Banyak orang terlihat sehat tanpa menunjukkan gejala Hepatitis A.

7. Waspadai ‘benda tajam.’

Jarum suntik yang kotor (digunakan kembali) dapat menyebarkan hepatitis, seperti halnya jarum akupunktur dan instrumen yang digunakan untuk membuat tato atau tindikan. 8. Hindari kontak dengan darah.

Comment

News Feed