by

Sepak Terjang Helmy Yahya, Yang Baru Saja Dicopot Dari Dirut TVRI

Sepak Terjang Helmy Yahya, Yang Baru Saja Dicopot Dari Dirut TVRIRentetan.com – Mengacu pada SK Dewan Pengawas Nomor 3/2019, Helmy Yahya dicopot dari jabatan Direktur Utama TVRI.

Kamis (05/12/2019) yang lalu surat keputusan Dewas TVRI keluar dengan isi mencopot Helmy Yahya sebagai Direktur Utama TVRI.

Helmy sendiri mulai menjabat sebagai Direktur Utama sejak tahun 2017 yang lalu hingga 2022 mendatang. Dilansir dari tempo (05/12/2019), posisi Helmy Yahya digantikan oleh Supriyono yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Teknik TVRI.

Adapun berbagai prestasi terkait TVRI sudah berhasil Ia berikan, dan beberapa orang beranggapan keputusan Dewan Pengawas TVRI tidaklah tepat terutama warganet dan juga netizen di berbagai media sosial kecewa dengan keputusan ini.

Di Twitter banyak yang beranggapan bahwa Helmy sudah memberikan sepak terjang yang positif bagi perkembangan TVRI ke arah yang lebih baik saat ini. Dengan masuknya Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI, stasiun Televisi yang dirasa sudah sangat sulit berkembang ini memang kemudian cukup mulai digemari lagi saat ini.

Adapun dilansir dari Tempo ada 4 gebrakan dan juga fokus utama Helmy Yahya yang dijadikannya sebagai landasan memajukan TVRI di masa jabatannya hingga 2022 mendatang:

  • Mengemar program – program TVRI menjadi lebih “Kekinian”.
  • Penyegaran Sumber Daya Manusia, dengan memberikan kesempatan generasi Millenial, bekerja di TVRI.
  • Rekontruski administrasi dan kondisi keuangan TVRI termasuk pelunasan utang yang dimiliki oleh TVRI.
  • Teknologi penyiaran TVRI yang akan diperbarui.

Keempat prioritas kerja yang dilakukan oleh Helmy Yahya yang baru saja di non-aktifkan ini cukup memberi dampak besar bagi stasiun TVRI. Beberapa orang mulai memberikan akses mereka ke siaran TVRI, dan mulai kembali menyaksikan program yang diberikan oleh TVRI.

Sementara itu Menkominfo Jhonny G Plate mengatakan bahwa permasalahan ini harus benar – benar diselesaikan secara internal. Menkonminfo, memperjelas bahwa pasti ada yang salah ataupun sesuatu yang tidak beres sehingga memang harus diselesaikan dengan jalan yang baik. Plate, menambahkan pihaknya mengaku siap jika harus melakukan mediasi terhadap segenap jajaran dewan pengawas dan juga direksi TVRI.

Mediasi dilakukan pada hari jumat (06/12/2019), dimana dipimpin langsung oleh Menkominfo Jhonny G Plate sendiri seperti dilansir dari CNN Indonesia. Seharusnya hari ini Jumat (06/12/2019), TVRI akan memberikan konferensi pers terkait dengan dinon-aktifkannya Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI, namun konferensi pers ditunda dan menunggu dari mediasi ini.

Selain itu Helmy Yahya mengaku menolak pemberhentiannya dengan memberikan pernyataan bahwa SK tersebut cacat hukum. Menurutnya anggota Direksi TVRI baru bisa diberhentikan jika ada pelanggaran tertentu terkait dengan undang – undang.

Helmy Yahya pertama kali dikenal sebagai salah satu presenter yang ada di Indonesia dan disebut sebagai salah satu “Raja Kuis” karena kemolekannya saat membawakan acara kuis – kuis terkenal pada masanya. Dengan kesuksesannya dalam bidang pertelevisian dia sempat terjun ke dunia politik namun jalannya terputus karena tidak berhasil dalam pencalonan satu kalipun.

Namun dengan pengalamannya yang sangat banyak di kancah broadcasting di tahun 2009 dia mendirikan Helmy Yahya Broadasting Academy di beberapa kota besar seperti Jakarta dan juga Bandung. Selain itu Helmy juga mendapatkan berbagai penghargaan salah satunya adalah Panasonic Gobel Awards di tahun 2013, dengan menjadi pembawa acara kuis dan game show terfavorit.

Beberapa hal yang sangat disayangkan dari pemberhentiannya sebagai Dirut TVRI adalah berbagai kemajuan yang diberikan oleh TVRI. Menurut netizen ada beberapa acara yang bisa dinikmati seperti Liga Inggris atau Premiere League , kemudian BWF Wordl Tour yang merupakan tournament bergengsi badminton di dunia.

Dan juga meregenarasi semua teknologi dan juga SDM yang ada di industri hiburan. Para netizen memberikan seruan tersebut. Dan membagikan kekhawatirannya dengan masa depan yang akan terjadi di TVRI jika tidak ada Helmy Yahya. Walaupun begitu mediasi sedang dilakukan dan kemungkinan akan segera mendapatkan jalan keluar yang terbaik untuk keduanya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Saat Ini posisi Helmy Yahya digantikan sementara oleh Supriyono yang merupakan Direktur Teknik TVRI sebelumnya.

Comment

News Feed