by

Boogeyman, Seperti Ini Makhluk Misterius Yang Terkenal Di Dunia

Semalam, kita baru saja dihibur dengan tayangan film The Boogeyman di salah satu stasiun televisi swasta. Tapi apa itu Boogeyman? Seperti apakah sosok makhluk misterius ini? Apakah makhluk ini memang ada di dunia nyata? Baca terus artikel ini agar kamu tahu jawabannya.

Boogeyman bisa dibilang adalah monster terkenal di berbagai belahan dunia. Legendanya telah menyebarkan rasa takut di seluruh dunia, di hampir setiap budaya dan negara. Boogeyman adalah monster digambarkan sering muncul di lemari, di bawah tempat tidur, atau bersembunyi di bayang-bayang, ingin menculik dan memakan manusia yang diganggunya.

Pada dasarnya, Boogeyman adalah seseorang atau sesuatu yang ditakuti oleh seseorang, dan sering digunakan oleh orang tua untuk menakut-nakuti anak-anak yang berperilaku buruk. Orang tua berusaha untuk membuat mereka berperilaku baik dengan memberi tahu anak-anak nakal bahwa Boogeyman bersembunyi di bawah tempat tidurnya atau di lemari, menunggu mereka bangun dari tempat tidur untuk menangkapnya.

Tidak ada yang tahu kapan Boogeyman pertama kali muncul. Tetapi beberapa sumber menyebutkannya istilah ini muncul pada abad ke – 16. Sementara yang lain mengklaim bahwa Boogeyman awalnya digunakan sebagai istilah untuk Iblis di awal hingga pertengahan 1900-an. Saat itulah penyair Inggris Sir Walter Scott dan Robert Burns mempopulerkan istilah itu.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Boogeyman berasal dari kata “Buggy Man”, panggilan untuk orang yang mengemudikan gerobak untuk membawa mayat selama terjadinya wabah hitam (black plague).

Konsep Boogeyman sangat universal, dengan begitu banyak variasi dari hampir setiap negara. Di Italia, makhluk misterius ini disebut l’uomo Nero. Sosoknya seperti pria jangkung tanpa wajah, mantel tebal dan topi hitam. Ia suka bersembunyi di bawah meja, menunggu anak-anak yang tidak mau makan malam sehingga dia bisa membawa mereka pergi ke tempat misterius dan menakutkan.

Ada legenda serupa tentang makhluk misterius ini yang diceritakan di Bosnia, Kroasia, Serbia dan Makedonia di mana Boogeyman memiliki julukan Babaroga. Wujudnya seperti seorang wanita tua dengan tanduk yang menculik anak-anak. Ia akan memasukkan anak-anak tersebut ke dalam karung dan membawanya ke guanya, di mana ia akan memakannya.

Di Filipina Boogeyman mendapatkan nama Pugot Mamu. Penampakannya seperti sosok besar yang tinggal di pohon dan rumah-rumah kosong. Karena dia tidak memiliki kepala, dia makan anak-anak nakal melalui lubang di lehernya.

Oude Rode Ogen, atau Old Red Eyes, adalah Boogeyman dari Belgia. Ia mampu berubah bentuk dari bentuk manusia menjadi anjing hitam. Ia akan menyerang dan melahap anak-anak yang masih bangun melewati waktu tidur mereka.

Boogeyman dari Mesir, atau Abo Ragl Ma Slakha, dikenal sebagai Manusia dengan Kaki Terbakar. Dia dibakar sejak kecil karena dia tidak mau mendengarkan orang tuanya, dan sekarang ia suka mengambil anak-anak jahat untuk dimasak dan dimakan.

Di luxemburg, Boogeyman yang bernama Kropemann tinggal didalam selokan. Ia biasanya akan menggunakan kail untuk menangkap anak-anak. Setelah kail menempel pada hidung sang anak, ia akan menyeret anak tersebut ke dalam selokan.

Di daerah Newfoundland dan Labrador di Kanada Timur, Old Hag datang ke kamar tidur anak-anak nakal dan mencekik mereka sambil duduk di perut mereka dan membawa mereka ke sarangnya untuk memakan tubuh mereka.

Kaw Kaw adalah makhluk misterius versi Malta. Kaw kaw ini adalah makhluk abu-abu berlendir yang berkeliaran di jalanan di malam hari, mengendus rasa bersalah kamu. Mereka akan memasuki rumah melalui celah dan berusaha menakui dengan seringainya yang menyeramkan.

Di Panama, La Tulivieja akan menghantui siapa saja yang berkeliaran di malam hari. Ia dikutuk karena menenggelamkan anaknya sendiri sehingga dia menjadi monster yang mengerikan dengan wajah bopeng, rambut panjang, kasar, tangan berbentuk seperti cakar, dan tubuh seperti kucing. Dia berkeliaran di malam hari mencari anaknya yang tenggelam.

Percaya atau tidaknya kamu pada sosok Boogeyman ini, sosok ini terkenal di seluruh dunia. Dia kemungkinan akan terus menakuti anak-anak dan menghibur penggemar horor selama beberapa dekade mendatang. Pastinya Boogeyman akan terus dikenal. Pertanyaannya adalah, apakah kamu melihat ke bawah tempat tidur kamu akhir-akhir ini?

Baca juga:

Film Batman Terbaru Akan Menampilkan Arkham Asylum

Fruitvale Station: Film Inspirasi Dari Sebuah Kisah Nyata

Nonton Film Jumanji The Next Level? Cek Dulu Sinopsisnya Disini!

Comment

News Feed