by

Olympus Has Fallen, Sinopsis Film Dengan Gaya Die Hard

Olympus Has Fallen adalah film thriller aksi Amerika 2013 yang disutradarai oleh Antoine Fuqua , dan ditulis oleh Creighton Rothenberger dan Katrin Benedikt.  Film ini adalah film pertama dalam seri film Fallen. Jika kamu pernah menonton Die Hard, sinopsis film ini mungkin mirip sekali dengan aksi yang dilakukan John McClane dalam film tersebut.

Olympus Has Fallen menceritakan tentang seorang penegak hukum yang sudah kelelahan dan juga babak belur, harus melawan banyak orang jahat dalam waktu yang terbatas. Film ini dibintangi oleh Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman, Angela Bassett, Robert Forster, Cole Hauser, Ashley Judd, Melissa Leo, Dylan McDermott, Radha Mitchell, dan Rick Yune.

Latar ceritanya menggambarkanteroris dari Korea Utara yang melakukan serangan ke Gedung Putih. Sinopsis film ini berfokus pada upaya seorang agen Dinas Rahasia Amerika Serikat Mike Banning untuk menyelamatkan Presiden AS, Benjamin Asher.

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 22 Maret 2013 oleh FilmDistrict dan menghasilkan $170 juta setelah menghabiskan dana produksi sebesar $70 juta. Film ini mendapat tanggapan beragam dari para kritikus, yang memuji arahan Fuqua dan akting Butler, tetapi mengkritik adegan kekerasan dan skenario dari Olympus Has Fallen.

Sekuel dari film ini, berjudul London Has Fallen, dirilis pada 4 Maret 2016. Para pemain di film sebelumnya kembali memainkan perannya di film kedua ini. Sedangkan sekuel lainnya, Angel Has Fallen, dirilis pada 2019.

Dalam sinopsis film Olympus Has Fallen, diceritakan tentang mantan Ranger Angkatan Darat Mike Banning ( Gerard Butler ) yang memimpin tim Dinas Rahasia Kepresidenan AS. Ia juga memiliki hubungan persahabatan dengan Presiden Benjamin Asher ( Aaron Eckhart ), Ibu Negara Margaret ( Ashley Judd ), dan putra mereka Connor (Finley Jacobsen).

Dalam perjalanan Natal yang bersalju dari Camp David, mobil yang mengangkut Keluarga presiden berputar tak terkendali di jembatan yang licin. Banning menarik Asher keluar dari kendaraan, tetapi gagal menyelamatkan Margaret saat dia jatuh dan meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Delapan belas bulan kemudian, setelah dikeluarkan dari tim keamanan presiden, Banning bekerja di kantor pusat Departemen Keuangan. Selama pertemuan Asher dengan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Tae-Woo ( Keong Sim ) di Gedung Putih, sebuah organisasi teroris Korea Utara, yang dipimpin oleh Kang Yeonsak ( Rick Yune ), melakukan serangan udara dan darat dan menguasai bangunan tersebut.

Kelompok ini dibantu oleh anggota tim keamanan perdana menteri sendiri, Dave Forbes ( Dylan McDermott ), yang juga merupakan mantan agen Dinas Rahasia. Asher dan beberapa pejabat tinggi disandera di bunker Gedung Putih. Perdana Menteri Lee dieksekusi dan prosesnya disiarkan secara langsung. Sebelum terbunuh, Agen Roma ( Cole Hauser) memberi tahu Direktur Dinas Rahasia Lynne Jacobs ( Angela Bassett ) bahwa “Olympus telah jatuh”.

Banning bergabung dengan pasukan pengamanan Gedung Putih selama serangan awal Kang. Dia masuk kembali ke Gedung Putih, menonaktifkan pengawasan internal dan mendapatkan akses ke alat komunikasi Asher, yang dia gunakan untuk mempertahankan kontak dengan Jacobs dan Ketua Dewan Allan Trumbull ( Morgan Freeman ), yang menjadi Penjabat Presiden sementara.

Kang berusaha untuk menggunakan Asher sebagai sandera untuk memaksa para pejabat AS untuk menarik Armada Ketujuh dan pasukan AS dari Semenanjung Korea, sehingga menyingkirkan oposisi Amerika terhadap invasi Korea Utara ke Korea Selatan.

Dia juga berusaha meledakkan persediaan misil nuklir Amerika dan ingin mengubah Amerika Serikat menjadi gurun yang teriradiasi. Rencananya memerlukan kode akses ke sistem Cerberus, yang dipegang oleh tiga pejabat pemerintah termasuk Presiden, yang semuanya berada di dalam bunker. Asher memerintahkan dua pejabat lainnya untuk memberitahukan kode yang mereka pegang jika ingin menyelamatkan hidup mereka sendiri.

Setelah mendapatkan ijin untuk melanjutkan rencana penyelamatannya, tindakan pertama Banning adalah menyelamatkan Connor, yang Kang rencanakan akan digunakan untuk memaksa Asher mengungkapkan kode Cerberus-nya.

Banning menemukan bahwa Connor bersembunyi di dalam dinding bangunan dan membawanya diam-diam ke tempat yang aman. Saat pengintaian, Banning membunuh beberapa teroris, termasuk Forbes.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Edward Clegg ( Robert Forster ) meyakinkan Trumbull untuk memerintahkan serangan udara SEAL di Gedung Putih. Kang mengetahui rencana penyerangan tersebut dan mengaktifkan sistem anti-pesawat Hydra 6 yang canggih.

Banning menyarankan Trumbull dan Clegg untuk membatalkan misi, tetapi sistem senjata baru  yang diaktifkan Kang memusnahkan sebagian besar pasukan udara SEAL sebelum Banning bisa menghentikannya. Kang membalas dengan membunuh Wakil Presiden Charlie Rodriguez (Phil Austin).

Setelah Banning menonaktifkan komunikasi Kang, Kang mencoba mengeksekusi Sekretaris Pertahanan Ruth McMillan ( Melissa Leo ) di luar Gedung Putih di depan media, tetapi Banning menyelamatkannya.

Melihat rencananya berantakan dan pasukannya semakin berkurang, Kang memalsukan kematian Asher dan dirinya dengan mengorbankan beberapa anak buahnya dan sandera yang tersisa. Untungnya Banning bisa mengetahui rencana Kang tersebut.

Kang akhirnya memecahkan kode Asher menggunakan serangan brute-force dan mengaktifkan Cerberus. Ketika Kang dan orang-orang yang tersisa berusaha untuk melarikan diri, Banning menyergap dan membunuh para teroris yang tersisa.

Asher mencoba melepaskan diri dari cengkeraman Kang dan tertembak di perut. Banning berhadapan dengan Kang, yang ternyata lebih unggul darinya. Namun Banning akhirnya menikam kepalanya dan melumpuhkan Cerberusyang tersisi beberapa detik lagi dengan bantuan Trumbull dan stafnya.

Banning berjalan keluar bersama Asher dan dibantu oleh tentara yang berjaga di luar gedung. Setelah serangan itu, Banning sekali lagi mengepalai tim keamanan presiden. Itulah sinopsis film dari Olympus Has Fallen yang akan tayang malam ini di Trans TV.

Jangan lewatkan juga artikel berikut ini:

Comment

News Feed