by

Film Marriage Story: Dibalik Sebuah Kisah Cinta Dalam Keluarga

Jatuh cinta dengan seseorang adalah salah satu perasaan paling ajaib yang dialami manusia. Tapi apa kebalikan dari kisah cinta? Mungkin itu adalah film Noah Baumbach yang baru, Marriage Story, yang dibintangi oleh Adam Driver dan Scarlett Johansson. Mahligai rumah tangga dari sebuah keluarga yang telah mereka bangun akhirnya terancam berakhir dengan sebuah perceraian.

Film Marriage Story ini dianggap sebagai salah satu film terbaik Noah Baumbach tahun ini. Film keluarga ini terinspirasi dari pengalaman Baumbach sendiri tentang perceraian aktris Jennifer Jason Leigh pada 2013.

Namun,  Marriage Story  tidak hanya menggambarkan kisah sedih dari sang artis tetapi lebih merupakan gambaran universal tentang bagaimana menyakitkannya untuk mengakhiri sebuah hubungan rasa kehilangan yang timbul karena perpisahan tersebut.

Hampir setiap orang yang telah mengalami putus cinta, baik itu perkawinan atau hubungan kekasih, dapat terhubung dengan jalan cerita yang ditawarkan dalam film ini. Dan film ini baru saja meraih enam nominasi Golden Globe.

Film Marriage Story ini mengisahkan tentang Charlie Barber yang menjadi sutradara teater yang sukses di New York City. Perusahaan teaternya saat ini memproduksi drama yang dibintangi istrinya Nicole, seorang mantan aktris film remaja.

Pasangan tersebut mengalami masalah perkawinan dan menemui seorang konsultan, yang menyarankan mereka masing-masing menuliskan apa yang mereka sukai tentang satu sama lain, tetapi Nicole terlalu malu untuk membaca miliknya dengan keras dan mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan konseling.

Nicole ditawari peran utama dalam pilot televisi di Los Angeles, dan dia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan teater dan tinggal sementara dengan ibunya di Hollywood. Ia juga membawa putra mereka, Henry.

Charlie memilih untuk tetap di New York, karena drama yang sedang dikerjakannya sedang dalam proses pindah ke Broadway. Meskipun pasangan itu sepakat untuk berpisah secara damai dan tidak melibatkan pengacara, justruNicole mempekerjakan Nora, seorang pengacara keluarga.

Nicole menceritakan kepada Nora kisah lengkap hubungannya dengan Charlie sejak mereka bertemu hingga bagaimana dia mulai merasa tidak cocok dengan suaminya. Saat menjelaskan kisahnya, Nicole teringat film dokumenter tentang George Harrison yang ditontonnya dan berkata pada dirinya sendiri bahwa ia ingin seperti istri George Harrison yang berbahagia hanya dengan menjadi seorang istri dan ibu.

Tetapi kemudian dia menyadari bahwa dia bahkan tidak dapat mengingat nama istri George Harrison. Nicole akhirnya mengungkapkan bahwa dia curiga Charlie tidur dengan manajer panggung perusahaan teaternya.

Ketika Charlie terbang ke Los Angeles untuk mengunjungi keluarganya, Nicole memberinya surat cerai dengan bantuan ibu dan saudara perempuannya. Charlie bertemu dengan Jay Marotta, seorang pengacara yang tidak beretika dan mahal. Ia mendesak Charlie untuk melakukan cara licik untuk mengatasi masalahnya. Ternyata Charlie urung menyewa jasa Jay dan kembali ke New York.

Charlie kembali menangani tugas-tugas di perusahaan teaternya. Ia juga menolak tawaran layanan seks dari manajer panggungnya sehingga ia berkata pada Charlie agar bisa menerima niat baik seseorang dengan lebih baik.

Dia menerima telepon dari Nora yang mendesaknya untuk segera mendapatkan pengacara atau berisiko kehilangan hak perwalian Henry. Charlie mempekerjakan Bert Spitz, seorang pensiunan pengacara keluarga yang menyelesaikan kasus-kasusnya dengan cara damai dan lebih beradab.

Seperti apakah akhir kisah dalam film Marriage Story ini? Sebaiknya kamu langsung saja tonton filmnya langsung.

Film Marriage Story ini tayang perdana di Festival Film Venisia pada 29 Agustus 2019 dan juga diputar di Festival Film Telluride pada 31 Agustus 2019. Film Marriage Story juga tampil dalam Festival Film Internasional Toronto pada 8 September 2019, di mana film ini menjadi runner-up pertama untuk People’s Choice Award.

Film Marriage Story dipilih oleh American Film Institute, National Board of Review, dan majalah Time sebagai salah satu dari sepuluh film terbaik tahun ini. Penampilan terbaik tahunan Time Magazine dari daftar tahun ini oleh Stephanie Zacharek mencatatkan Driver sebagai aktor dengan penampilan terbaik ketiga tahun 2019 ini.

Baca juga:

Comment

News Feed