by

Google Bagi-Bagi Kuota Internet 100 GB, HOAX!

Baru-baru ini beredar kabar bahwa Google sedang berulang tahun. Untuk merayakannya, Google bagi-bagi kuota internet hingga 100 GB. Siap yang tidak akan tergoda untuk mendapatkan kuota internet sebesar itu. Tapi sayangnya berita tersebut hanyalah hoax.

Banyak warganet yang mendapatkan pesan bahwa mereka mendapatkan pesan bahwa mereka mendapatkan hadiah gratis berupa kuota internet sebesar 100 GB. Tautan yang diterima pun beragam.

Tautan yang diterima adalah google-birthday.online dan diakhiri dengan nama berbagai penyedia jasa internet di Indonesia, seperti Telkomsel, IM3 Oredoo, Tri, XL Axiata, Smartfren, dan masih banyak lagi.

Saat mengakses tautan yang diberikan, warganet akan diarahkan ke sebuah laman situs yang meminta mereka untuk memasukkan beberapa informasi pribadi. Jika informasi yang diminta diberikan begitu saja, besar kemungkinan data tersebut digunakan untuk melakukan tindak kejahatan siber seperti penipuan ataupun pembobolan rekening bank.

Padahal jika kamu memeriksa tanggal lahir Google, kamu bisa menemukan bahwa Google merayakan hari jadinya setiap tanggal 27 September. Jadi kenapa Google berbagi hadiah beberapa bulan setelah hari ulang tahunnya?

Kejanggalan lainnya adalah ketika ditelusuri asal situs tersebut. Dilansir dari laman Signal Arnaques, seluruh situs berasal dari sebuah situs luar negeri dengan nama theravinebook.com. Jika situs ini dibuka, ada banyak iklan yang terpasang.

Google sebagai sebuah perusahaan besar sepertinya tidak akan mempromosikan brand-nya sendiri di situs lain. Apalagi mesin pencari ini menjadi nama yang mendominasi situs-situs di dunia.Karena itu situs yang telah disebutkan diatas telah dilaporkan sebagai sebuah scam, atau penipuan online sejak tanggal 23 Desember 2019.

Penipuan online ini juga dikategorikan sebagai phising, dimana pelaku berusaha mendapatkan data pribadi dari orang-oang yang tergiur untuk mendapatkan hadiah yang ditawarkan.

Langkah-langkah untuk menghindari Penipuan Phising:

Lindungi Informasi Pribadi kamu:

  • Untuk melindungi diri kamu dari penipuan phising , penting untuk berhati-hati dengan informasi pribadi kamu termasuk nama pengguna dan kata sandi kamu.
  • Beberapa penipuan phishing mengalihkan kamu ke situs web palsu yang dirancang agar terlihat seperti situs web bank kamu atau sumber tepercaya yang serupa.
  • Ketika kamu memasukkan nama pengguna / kata sandi dan informasi lain, informasi itu dikirimkan ke sang penipu, yang nantinya bisa disalahgunakan.

Waspadai Email Mencurigakan dan Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan:

  • Curigai semua email yang kamu terima dari sumber tepercaya seperti bank kamu.
  • Jika email berisi tautan, jangan klik tautan itu.
  • Tautan yang meniru alamat URL yang sah umum digunakan oleh para penipu dalam penipuan phishing.
  • Meskipun alamat URL-nya mungkin terlihat resmi, tautan berbau phising biasanya mengandung perbedaan yang tidak mencolok yang mengarahkan kamu ke situs penipuan.
  • Alih-alih mengklik tautan, ketik alamat situs resminya ke dalam browser untuk mengakses situs web aslinya langsung.

Ketahui Bahasa Yang Umum Digunakan Dalam Phishing:

  • Carilah bahasa phishing umum dalam email seperti “Verifikasi akun kamu.”
  • Bisnis yang sah tidak akan mengirimi kamu email untuk meminta informasi masuk atau informasi pribadi kamu.
  • Juga, perhatikan email yang mencoba menekankan rasa urgensi.
  • Peringatan bahwa akun kamu telah disusupi adalah cara umum yang dilakukan untuk memikat korban. Sekali lagi, hubungi perusahaan bersangkutan secara langsung untuk menanyakan tentang email seperti itu daripada menggunakan tautan apa pun atau informasi kontak lainnya yang disediakan dalam email.
  • Waspadalah terhadap email apa pun yang tidak menyebutkan nama kamu secara langsung.
  • Beberapa jenis email phising bias saja mengetahui nama kamu. Tapi email seperti ini biasanya dikirimkan sebagai email spam ke ribuan alamta email sekaligus.
  • Sebagian besar bisnis resmi akan menggunakan nama depan dan / atau belakang kamu dalam semua jenis komunikasi.

Andalkan situs web autentikasi:

  • Jika kamu mengunjungi situs web dengan ikon gembok di sebelah kiri kotak URL, klik gembok itu.
  • Gembok tersbut dapat memperlihatkan kepada kamu nama organisasi yang mengajukan fitur gembok tersebut. Jika nama yang terdaftar tidak cocok dengan nama yang kamu terima dari sebuah email, berhati-hatilah.
  • Untuk mempelajari lebih lanjut tentang gembok dan keamanan yang disediakannya secara online, kunjungi InstantSSL.com.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Bagas31 Software Gratis, Cerita dan Fakta Dibalik Situs Web Pembajakan Di Indonesia

Comment

News Feed