by

Cara Install File Apk Games Dan Aplikasi Android (Termudah)

Cara Install File Apk Games Dan Aplikasi Android (Termudah)Rentetan.com – Baik game android maupun aplikasi android memang sudah banyak disediakan di sebuah marketplace yang disediakan oleh Google bernama Google Playstore.

Namun pernahkah anda berpikir atau mungkin pernah anda menginstall aplikasi dan games lewat cara lainnya? Ada cara lain dimana kita bisa install aplikasi dan juga game di android menggunakan File Apk.

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara install file Apk baik yang berupa game ataupun aplikasi di hp android. Kita akan menggunakan cara paling mudah sehingga anda akan bisa melakukannya sendiri di akhir artikel kali ini.

Jika sebelumnya anda belum pernah mengetahui file apk itu seperti apa, tenang saja kita akan menjelaskan juga pengertian apk secara mudah. Atau anda juga bisa coba download apk di berbagai website yang menyediakan file apk tersebut.

Apa Itu APK?

APK atau yang merupakan singkatan dari Android Application Package adalah sebuah file installer untuk sistem operasi android. Jika anda pernah mengetahui installer untuk windows adalah .exe maka untu sistem operasi android memiliki ekstensi .apk.

Di cara install file apk ini juga akan dijelaskan bahwa sebenarnya secara awam apk ini adalah sebuah zip file yang terdiri dari file – file tertentu dengan format JAR sehingga membentuk ekstensi .apk alih – alih .zip.

Kapan Kita Membutuhkan File Apk?

Ada beberapa alasan mengapa dan kapan kita butuh apk dan kapan kita harus mendapatkan apk.

  • Penggunaan file ini sangat membantu kita saat kita mencari aplikasi android namun tidak tersedia di Google Play Store.
  • Jika anda berniat melakukan oprek seperti install custom ROM kemudian MOD maka anda sangat membutuhkan file ini.
  • Ingin menggunakan fitur premium sebuah aplikasi.
  • Solusi Instalasi aplikasi android untuk beberapa aplikasi yang tidak tersedia di beberapa wilayah misalnya Viki Rakuten atau aplikasi lainnya.

Lalu Apa Sih Pengertian Obb?

Dalam proses cara install file apk baik games maupun aplikasi android kita sering menemukan nama “Obb”. Apasih Obb ini? Obb adalah sebuah data tambahan dari sebuah aplikasi. Terkadang kita membutuhkannya dan terkadang tidak.

Sebagai contoh saat anda mencari sebuah aplikasi mod ataupun games, ada yang menyertakan file Obb ini, maka anda harus juga download file Obb ini. Dengan menggunakan Obb ini aplikasi yang nantinya kita install bisa berjalan dengan baik.

Apakah Apk dan APKs Berbeda?

Google mengeluarkan sebuah kebijakan yang cukup mempersulit beredarnya dan sharing apk, dan menggantikannya dengan file APKs. Namun anda bisa menggunakan Aplikasi Split Apk untuk bisa menginstall file APKs. Dengan menggunakan aplikasi yang ada di link tersebut anda juga bisa dengan mudah untuk melakukan instalasi APK baik itu game maupun aplikasi android.

Panduan Cara Install File Apk Di Hp Android

Setelah mengetahui beberapa dasar – dasar dari file Apk selanjutnya kita akan membahas mengenai cara install file apk di hp android. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk melakukan instalasi file berjenis ini.

Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

Mengijinkan Third Party

Semua smartphone android harus mengijinkan untuk mengintall Third Party apps. Untuk cara pengaktifannya sendiri memang berbeda – beda untuk setiap hp dan smartphone android.

Coba anda gunakan cara berikut ini.

Masuk ke Settings > Privacy > Checklist dibagian “Unknown Resources”.

Cara Install File Apk Games Dan Aplikasi Android Yang Di Download

Jika anda tidak melihat pilihan seperti di atas, seperti di smartphone merek Xiaomi misalnya anda bisa melakukan cara berikut.

Langsung saja buka file apk > Di sini anda akan masuk ke Settings > Pilih “Unknown Resources”.

Cara Install File Apk Games Dan Aplikasi Android Yang Di Download

Nah dengan dua cara di atas anda bisa bebas untuk melakukan instalasi file apk.

Langkah cara Install File APK Game Dan Aplikasi Di HP Android

Sebenarnya langkah untuk melakukan instalasi jika anda sudah melakukan langkah pertama di atas sangatlah mudah anda hanya perlu untuk membuka file apk yang sudah anda download.

Berikut ini adalah beberapa langkah paling mudah yang bisa anda ikuti:

  • Buka file apk yang sudah anda download
  • Pilih tombol Install di bagian bawah sebelah kanan
  • Tunggu proses instalasi selesai
  • Enjoy aplikasi tersebut

Atau jika anda menggunakan aplikasi Apk Mody Sai yang merupakan Aplikasi Split Apk seperti yang sudah disebutkan diatas maka anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Buka Aplikasi APK Mody kemudian masuk ke folder anda menyimpan apk.
  • Pilih apk yang ingin anda install dan tekan select.
  • Tunggu proses instalasi selesai.
  • Selamat anda sudah bisa menggunakan aplikasi.

Kesimpulan

Cara install file apk yang diberikan di sini adalah beberapa cara paling mudah yang bisa anda gunakan sekarang juga. Dengan cara yang ada di atas anda bisa menggunakan apk apa saja dan juga aplikasi apa saja. Jadi anda bisa perhatikan beberapa cara yang ada di atas.

Jika anda masih mengalami kesulitan dalam cara install file apk, anda bisa langsung tulis dikolom komentar kesulitan yang didapatkan, kami akan berusaha membantu.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

 

Comment

News Feed