by

“Ardhito” Jadi Trending di Twitter, Gara-gara Cuitan Lama Soal “Gay”

Rentetan.com – Jumat, (31/01/20), Cuitan lama Ardhito Pramono soal yang berbau SARA soal gay mendadak menjadi viral di twitter. Hingga Jumat pagi, nama Ardhito masih terus diperbincangan dalam banyak unggahan tweet.

Hal itu terjadi lantaran sebuah akun yang Ardhito akui tidak ia kenali mendadak mengedar tangkapan-tangkapan layar terkait cuitan dirinya pada 10 tahun yang lalu. Aktor yang kini tengah naik daun berkat perannya sebaga Kale di film keluarga berjudul NKCTHI tersebut saat itu diketahui masih tinggal di Australia bersama neneknya.

 

I’m so gay today,” tulis Ardhito pada 21 September 2011.

Dengan baju gay celana bling bling badan besar dan kacamata aviator orang ini merasa sangat keren… Padahal dangdut…,” tulisnya pada 16 Februari 2013.

Gue takut dia homo nih serem jir,” tulisnya pada 27 Oktober 2010.

GO AWAY DAMN YOU FUCKIN’ HOMO,” tulisnya pada 17 Januari 2012

 

Isi cuitan Ardhito tersebut dianggap bernilai rasisme terhadap kaum gay hingga dirasa kurang pantas. Cuitan tersebut pun menimbulkan berbagai pro kontra di kalangan warganet. Konten tersebut dinilai mengandung unsur SARA juga Homofobia. Beragam komentar terkait cuitan tersebut pun bermunculan. Salah satu yang cukup banyak menuai komentar lantaran isinya yang dianggap benar adalah milik akun @1oweyounoth1n. Akun yang mengaku bahwa dirinya bukan fans berat Ardhito tersebut menuliskan,

Mengacu pada cuitan Ardhito Pramono, itu kan emang ada yang SARA atau rasis. Emang sih salah dan enggak bisa dibenarkan.” Tulis akun tersebut. “Tapi itu kejadiannya sudah lama. Orang membuat kesalahan dan belajar (dari kesalahan itu). Dan kenapa ada orang di sana yang terganggu dan bawa-bawa cuitan lama Ardhito,” tambahnya kemudian.

Lalu tanggapan yang berbeda datang dari akun bernama @diamonxize,

Lol 9/10 orang ada di sisi Ardhito dan mengatakan ‘Tidak apa-apa Dhito, kamu tidak usah khawatir’, ya karena dia ganteng. Coba kalo dia nggak ganteng, pasti beda cerita,” ungkap akun tersebut.

Berdasarkan keramaian yang dibuat akibat cuitan lama Ardhito tersebut, ia pun membuat sebuah klarifikasi yang dilakukannya dengan mengunggah video pendek ke akun twitternya @ardhitoprmn.

Awalnya Ardhito sendiri sempat mengira bahwa twitternya di-hack berkat menyebarnya tanngkapan-tangkapan layar tersebut. Namun, setelah warganet memberitahu bahwa itu adalah tulisan lama, pelantun lagu bitter love ini akhirnya mengakui bahwa itu benar dirinya yang saat itu berusia 14 tahun.

Ia pun mulai menceritakan kronologis kejadian yang melatarbelakangi dirinya yang masih berumur 14 tahun tersebut akhirnya menuliskan tweet berisi kalimat-kalimat tersebut.

“Jadi ada beberapa hal yang bisa memotivasi gue untuk membuat tweet itu pada umur gue 14 tahun. Pertama kali gue naik kereta di Sidney, gue berdiri menuju sekolah, terus tiba-tiba ada satu om-om dengan ras itu,” ungkapnya. “Dia datang ke gue, terus tiba-tiba megang tangan gue. Gue akhirnya ngeliat dia dan dia sedikit cat calling gitu sama gue,” ujar Ardhito dalam video klarifikasinya yang kini sudah ditonton sebanyak  8.700 kali lebih.

Kenyataan tersebut membuat Ardhito yang berumur 14 tahun tersebut marah dan memilih untuk segera turun dari kereta.

Dalam penjelasannya tersebut Ardhito juga mengungkapkan pembelaan terhadap dirinya yang masih belia di masa lalu tersebut. Saat itu ia tinggal bersama seorang nenek yang sudah tua dan tidak bisa mengantarnya pergi ke sekolah. Sehingga ia seakan hidup sendirian di tempat asing. Ia tidak punya teman dan tidak punya tempat untuk bercerita. Sehingga saat itu ia memutuskan mencurahkan kekesalannya tersebut di twitter yang menurut anak seusianya saat itu twitter bagaikan sebuah ruang kosong tanpa ada orang-orang yang akan memperhatikan gerak-geriknya. Sehingga dia merasa bebas menuangkan apa pun di sana. Termasuk tweet yang berbau SARA.

Mengakhiri video tersebut, Ardhito kemudian membagikan pesan kepada para warganet, “Semoga teman-teman juga merasakan hal yang sama, karena itu warna hidup lo,” tandas pria kini berusia 24 tahun tersebut.

Comment

News Feed