by

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10Rentetan.com – Ketika anda mengintall Windows 10, anda akan mendapatkan sebuah antivirus secara gratis dari Microsoft yang cukup mutakhir untuk melindungi perangkat dan juga data dari berbagai permasalahan, bahkan aplikasi antivirus juga berkembang untuk android.

Virus, Ransomware, Spyware, Malware dan juga berbagai jenis software “jahat” bisa dilahap habis oleh antivirus gratis dari Microsoft ini. Ya, Windows Defender adalah anti virus yang sedang kita bicarakan di sini. Namun dalam kasus tertentu kita perlu mengetahui cara menonaktifan windows defender di Windows 10.

Sebagai contoh, anda mungkin tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh Windows Defender dan ingin menggunakan anti virus lain. Anda ingin melakukan instalasi yang mengharuskan anti virus dimatikan dan sebagainya.

Sayangnya Windows 10 tidak bisa kita menonaktifkan windows defender secara permanent kecuali anda menginstall aplikasi anti virus lainnya.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan coba mencari cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 menggunakan tiga metode yang berbeda. Diharapkan di akhir artikel nanti anda akan bisa menggunakan ketiganya.

Mari kita bahas satu persatu di sini.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Dengan Windows Security

Cara pertama kita ini adalah cara yang bisa dibilang sementara. Anda bisa mematikan sementara anti virus dari Microsoft ini untuk sementara dengan cara berikut ini.

  • Buka Start
  • Kemudian carilah di kolom pencarian atau langsung ketik di keyboard “Windows Security” dan buka saja dengan mengkliknya.
  • Pilih pada Virus & Threat Protection.

 

  • Kemudian di dalamnya silakan pilih “Manage Settings” dibagian “Virus & Threat Protection”.

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

  • Matikan “Real Time Protection” Caranya adalah dengan tombol Toggle pindahkan menjadi “Off”.

 

Itu dia cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 sementara. Biasanya anda bisa menggunakan cara ini ketika melakukan instalasi yang sering mendapatkan block dari antivirus satu ini. Untuk mengaktifkan windows defender lagi lakukan dengan langkah yang sama dengan mengganti tombol menjadi “ON”.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Dengan Using Group Policy

Jika anda adalah pengguna Windows 10 Pro, anda bisa menggunakan Local Group Policy Editor untuk mematikan Windows Defender secara permanent. Cara menonaktifkan windows defender ini dikenal cukup ampuh untuk digunakan.

Namun perlu diketahui bahwa anda juga harus melakukan disable Tamper Protection sebelumnya. Hal ini penting karena jika tidak, settingan akan kembali semula jika anda melakukan restart. Nah berikut ini adalah langah – langkah yang harus dilakukan.

  • Matikan Disable Tamper Protection Dengan Buka Start > Windows Security > Virus & Threat Protection > Manage Settings > Tamper Protection toggle ke “Off”.

  • Setelah mematikannya baru anda bisa menonaktifkan windows defender secara permanen dengan cara berikut ini.
  • Tekan Windows + R dan ketikkan gpedit dan anda akan masuk ke Local Group Policy Editor.
  • Masuk ke folder path berikut: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus

  • Klik dua kali di Turn Off Windows Defender Antivirus Policy.
  • Pilihlah Disable > Apply > OK.

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

  • Setelah itu Restart, komputer anda.

 

Cara Menonaktifkan Windows Defender Dengan Registry

Cara yang terakhir adalah menggunakan registry untuk mematikan antivirus gratis satu ini. Berikut inia dalah beberapa langkah yang harus anda gunakan dan ikuti.

  • Matikan Disable Tamper Protection Dengan Buka Start > Windows Security > Virus & Threat Protection > Manage Settings > Tamper Protection toggle ke “Off”.
  • Tekan Windows + R dan ketikkan regedit dan anda akan masuk ke Registry Editor.
  • Masuk di Path: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender. Jika kesulitan silakan copy paste saja di bagian address bar untuk mempercepat langkah.
  • Klik kanan pada Windows Defender [Folder] key, Pilin New, dan klik DWORD (32 bit) Value.

  • Beri nama Key “DisableAntiSpyware” dan tekan tombol Enter.
  • Buka DWORD yang baru saja dibuat kemudian ganti Value dari 0 ke 1.

  • Klik OK dan Restart Komputer.

Dengan cara yang satu ini anda sudah pasti akan bisa mematikan windows defender. Jadi apakah anda sudah mencobanya?

Kesimpulan

Mematikan atau menonaktifkan windows defender sendiri cukup beresiko untuk komputer anda jadi anda harus melakukan dengan resiko dan anda sendiri. Namun, dengan mematikan windows defender ini anda bisa saja contohnya melakukan instalasi IDM, atau berbagai aplikasi lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah di internet.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Comment

News Feed