by

La Udu, 10 Tahun Tinggal di Goa, Alasanya Bikin Elus Dada

Rentetan.com – Selasa, (04/02/20), Seorang pria bernama La Udu (50) telah menghabiskan 10 terakhir masa hidupnya dengan tinggal di  goa yang terletak di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

“Sudah lebih 10 tahun saya tinggal di sini sendiri karena tidak ada rumah,” ungkap pria paruh baya ini.

Untuk sampai ke goa tempat tinggalnya tersebut La Udu harus menggunakan sampan. Dikarenakan lokasinya yang berada di bawah tebing bebatuan. La Udu menghabiskan waktunya hidup tinggal di goa ini sendirian. ia mengutarakan alasannya yang tak ingin menjadi beban bagi keluarganya. Sebelumnya ia juga pernah tinggal bersama kakaknya beberap tahun yang lalu. Namun, ia kembali lagi karena tetap tak ingin merepotkan keluarganya.

“Kalau malam dingin sekali. Takut (sendiri), tapi mau bagaimana lagi. Kalau air laut pasang, saya masuk ke dalam lagi,” ucap La Udu.

Ia sendiri sebelumnya tinggal bersama ibu serta ayahnya. Namun, setelah keduanya meninggal ia pun memutuskan untuk tinggal di goa. Untuk dapat memenuhi kebutuhan makan, ia biasanya mencari ubi dan kasoami. Terkadang ia juga mencari ikan lalu menjualnya. Meskipun, ia akui hasil penjualannya pun tak seberapa.

“Makan, makan ubi, dan kasoami (makanan tradisional buton), mencari ikan juga. Hasilnya juga dijual, tapi tidak banyak,”

Di dalam goa  tersebut La Udu tidur di sela-sela beatuan dengan alas kayu sisa perahu. La Udu berujar, dirinya sebenarnya bersedia pindah, namun jika ada tempat yang lebih layak untuk ditinggali.

Comment

News Feed