by

Ramai Tagar #DIYdaruratklitih di Twitter, Mari Ketahui Apa Itu Klitih

Rentetan.com – Selasa, (04/03/20), 30.000 tweet dengan tanda pagar (tagar) #DIYdaruratklitih menjadi trending topic, hingga sekitar pukul 08.00 pagi tadi. Ramai diperbincangkan dijagat dunia twitter, namun banyak juga yang tidak paham apa itu sebenarnya Klitih.

Setelah dilakukan penelusuran, lantas terungkap bahwa yang dimaksud klitih ini adalah terkait muncul beberapa kasus kekerasan remaja di Yogyakarta yang disebut dengan nama Klitih.

Kabar terbaru menyatakan korbannya bernama Fatur Nizar Rokadio (16) dinyatakan meninggal dunia, pada Kamis, (09/01/20).  Fatur disebut menjadi korban klitih di daerah Selopamioro, Imogiri, Bantul, pada Desember 2019 lalu. Sebelum dinyatakan meninggal, Fatur sempat mendapatkan perawatan, namun nyawanya tidak tertolong.

Kata Klitih dalam Kamus Bahasa Jawa SA Mangunsuwito, tidak memiliki arti kata tunggal. Tetapi merupakan kata ulang, yakni klithah-klithih. Kata tersebut bermakna berjalan bolak-balik agak kebingungan, yang didalamnya sama sekali tak menyuratkan unsru negatif.

Sedangkan menurut pakar bahasa Jawa sekaligus Guru Besar Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Pranowo, Klithah ini berarti keluyuran yang tak jelas atau tak tentu arah.

“Dulu, kata klithah-klithih sama sekali tidak ada unsur negatif, tapi sekarang dipakai untuk menunjuk aksi-aksi kekerasan dan kriminalitas. Katanya pun hanya dipakai sebagian, menjadi klithih atau nglithih yang maknanya cenderung negatif,” ujar Pranowo.

Awal mulanya Klitih yang kini dikaitkan dengan aksi kekeran tersebut, karena kemunculan geng pelajar atau kelompok kriminal pelajar di Yogyakarta. Geng pelajar tersebut, muncul sekitar era tahun 1990-an. Tiga tahun setelah, yakni 7 Juli 1993, pemetaan terkait keberadaan geng remaja Klitih ini pun dilakukan oleh Kepolisian Wilayah (Polwil) DIY.

Kemudian di tahun 2000-an tawuran antar pelajar mulai marak terjadi, dimana saat itu membuat Walikota Yogyakarta saat itu, Herry Zudianto, merasa harus lebih waspada. Tak tanggung-tanggung, Herry pun segera bertindak dengam menindak tegas siapa pun pelajar yang terlibat dalam tawuran di sekolah-sekolah, akan langsung dipulangkan ke orang tuanya atau dikeluarkan. Perintah Herry tersebut, dianggap ampuh untuk mencegah kemuculan geng remaja juga membuat para geng tersebut juga kesulitan untuk menemukan musuh.

Menurut Sosiolog Kriminal, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Soeprapto penyidikan kasus Klitih ini sebenarnya dahulu tidak dilakukan sampai tuntas seluruhnya. Meskipun, pihak kepolisian juga sudah mengerahkan segala daya upaya untuk dapat menuntaskan kasus ini.

Soeprapto mengibaratkan kasus Klitih ini ibarat rerumputan yang tidak dibersihkan sampai tuntas. Lalu, pada saat hujan rumput-rumput itu pun tumbuh kembali. Oleh karena itu, penyelesainya pun tidak hanya bisa dari segi hukum saja, namun juga dilihat dari akar masalahnya. “Momen munculnya klitih juga saat ada pesanan dari pihak tertentu,” ungkap Soeprapto, Senin, (13/01/20).

Momen muncul kembalinya Klitih ini juga bisa saja terjadi saat kelompok tersebut melakukan rekruit anggota baru. Dimana para anggota geng atau kelompok tersebut akan diminta untuk unjuk diri atau menunjukkan eksitensinya dengan melakukan aksi kekerasan.

Ada beberapa langkah yang menurut Soeprapto harus dilakukan untuk membasmi kasus Klitih ini. Di antaranya seperti mempelajari struktur organisasi remaja, yang merupakan pelaku dari kelompok Klitih ini. Setelah itu, harus dilakukan penelusuran pelaku yang sampai pada sumber dari terciptanya pergerakan kelompok ini.

Sementara itu untuk upaya penanganan serta pencegahan, dapat dilakukan dengan mengintegrasikan para stakehoulder atau antarlembaga. Stakehoulder tersebut meliputi dari keluarga, bidang pendidikan, ekonomi, pemuka agama, serta lembaga pemerintah.

Kasus yang menimpa Fatur ini, menjadi yang kesekian kalinya. Fenomena Klitih memang mengalami pasang surut. Namun, kembali ke permukaan dalam beberapa waktu belakangan ini. Maka dari itu, peristiwa ini seringkali menjadi perbincangan yang terus mengalir hingga menjadi trending twitter.

Comment

News Feed