by

Profil Ayep Rukmana, Calon Bupati Kabupaten Bandung 2020

Rentetan.com – Profil Ayep Rukmana atau DR. H. Ayep Rukmana M.Si, ini dikenal sebagai praktisi di bidang pendidikan. Ia telah lama mengabdikan dirinya di bidang pendidikan, juga pernah aktif di bidang kebudayaan. Lahir pada 25 Juni 1965, kini Ayep sudah memantapkan langkahnya untuk menjadi calon Bupati Kabupaten Bandung Timur 2020-2025. Ia maju melalui Partai Gerindra.

Ayep telah memulai karirnya di dunia pendidikan dalam waktu yang lama. Ia meniti karirnya dari bawah, yakni sebagai guru SD pada tahun 1988-1998. Sepuluh tahun mengabdi sebagai guru, Ayep kemudian menduduki posisi sebagai kepala sekolah pada tahun 1998 hingga 2008. Selain itu, ia juga aktif sebagai kepala seksi Kepurbakalaan sampai tahun 2010.

Ayep juga pernah menjabat sebagai kepala UPT Pendidikan dan serta mejadi kepala bidang kebudayaan di tahun 2015-2017. Selanjutnya sejak tahun 2017 hingga saat ini, Ayep Rukmana aktif menduduki jabatan fungsional di dinas pendidikan. Meskipun menduduki posisi di Dinas Pendidikan, namun Ayep nampaknya masih menunjukan kecintaan pada mengajar, dengan masih aktif sebagai staf pengajar (dosen luar biasa) di berbagai perguruan tinggi dari tahun 2005 hingga sekarang.

Dalam profil Ayep Rukmana ini, sejumlah organisasi juga sudah pernah ia ikuti. Kurang lebih ada tujuh organisasi, baik sebagai ketua maupun anggota lainnya. Di antaranya seperti Ketua PPSI (Persatuan Pencak Silat) Kabupaten Bandung, Ketua Pelti KONI Kabupaten Bandung, ia juga bagian dari organisasi Kosgoro 1957 Kabupaten Bandung sebagai bendahara. Begitu juga Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bandung, ia pernah menjabat sebagai bendahara.

Tak sampai disitu, Ayep Rukmana juga pernah menjadi ketua untuk IKA SPG PGRI Kota Bandung, Ketua IKA SMP Soreang Putra, ia juga pernah berperan sebagai Pembina Yayasan SD IT AL TAFTZANI.

Ayep Rukmana sebagai ASN maju menjadi calon Bupati Kabupaten Bandung 2020 melalui proses penjaringan yang diakukan oleh Partai Gerindra. Langkahnya maju melalui partai ini, sempat dianggap melanggar kode etik. Terkait dengan netralitasnya sebagai ASN juga mengenai money politic.

Meskipun begitu, ada juga yang mendukung langkah ASN di Kabupaten Bandung ini, yakni seperti yang dikatakan oleh wakil ketua Yayasan Wiranatakusumah yakni Moely Wiranatajusuma, dikutip dari buanaimdonesia.co.id mengatakan menurutnya, jangan menekan-nekan keinginan seseorang untuk maju. Langkah Ayep Rukmana ini harus didukung. Moely juga berpendapat bahwa Atep punya pengalaman birokrasi yang bagus. Selain itu, ia juga bersih atau belum pernah terlibat dengan kasus apapun.

Sementara sudah pasti melaju sebagai calon Bupati Kabupaten Bandung Timur 2020, Ayep masih belum mengumumkan siapa yang pasti akan menjadi pendampingnya saat melaju ke Pilkada mendatang. Namun, nama-nama yang sudah keluar ada empat. Diantaranya Sahrul Gunawan (Nasdem), Yena Iskandar Maseom (PDIP), Gun Gun Gunawan (PKS), dan Doni Mulyana (Demokrat).

Comment

News Feed