by

BPJS Kesehatan Batalkan Kenaikan Iuran Atas Putusan MA, Pemerintah Jangan Panik

Rentetan.com – Selasa, (10/03/20), BPJS kesehatan sebelumnya telah mengalami kenaikan iuran sebesar 100% per 1 Januari lalu. Namun, Mahkama Agung (MA) kini memutuskan untuk mengabulkan uji materi Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan tersebut, sehingga BPJS Kesehatan batalkan kenaikan iuran.

Uji materi tersebut terkait penolakan masyarakat atas kenaikan iuran BPJS tersebut sejak kabarnya mulai naik ke permukaan pada Oktober 2019 lalu. Dikarenakan kenaikan iuran yang kenaikannya ini mencapai dua kali lipat.

Di antaranya untuk kelas III dipatok kenaikan harga dari yang sebelumnya Rp.25.500 menjadi Rp.42.000.  sementara untuk kelas II dari Rp. 51.000 menjadi Rp 110.000, lalu untuk kelas I dari yang semula Rp. 80.000 menjadi Rp. 160.000.

Menurut ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah, tindakan yang diambil MA dalam BPJS kesehatan batalkan kenaikan iuran tersebut sudah dianggapnya tepat. Mengingat saat ini Indonesia juga sudah diterpa wabah corona virus yang berimbas kepada perekonomian Indonesia juga. Sebelum WNI di Indonesi dinyatakan terinfeksi saja, ekspor Indonesia ini dihantui oleh permintaan global.

BPJS Kesehatan Batalkan Kenaikan Iuran Atas Putusan MA

Comment

News Feed