by

Link Belajar Online Pemerintah Gratis, Ini Dia ‘Rumah Belajar’ Praktis dan Lengkap

Rentetan.com – Rabu, (18/03/20), Situasi saat ini ditengah merebaknya wabah corona, mengharuskan setiap orang diusahakan untuk dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dari rumah. Termasuk untuk para pelajar yang juga diminta belajar dari rumah atau dengan melakukan sistem belajar daring atau online. Pemerintah juga punya, di sini ada link belajar online pemerintah.

Sudah banyak aplikasi belajar online yang menyediakan banyak fasilitas belajar. Namun, kalian tahu tidak? Kalau pemerintah juga punya layanan belajar online, namanya Rumah Belajar. Jika aplikasi belajar online yang sudah dikenal umumnya berbayar, Rumah Belajar menawarkan layanan belajar online gratis.

Layanan Rumah Belajar ini dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Budaya (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Fasilitas yang ditawarkan di Rumah Belajar sudah terglong lengkap. Ada delapan fitur utama yang bisa kamu pilih di dalamnya. Di antaranya Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan untuk fitur pendukungnya, ada tiga. Meliputi Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra.

Selain itu masih ada juga materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.  

Tak hanya itu, Rumah Belajar juga menyediakan sumber mater yanh sudaj cukup lengkap. Dalam setiap proses pembelajaran yang kamu ikuti, akan diakhiri dengan latihan soal. Sehingga, kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam memahami materi terkait.

Untuk akses link belajar online pemerintah ini, kamu bisa dengan cara mengunjungi situsnya di belajar.kemdikbud.go.id atau bisa juga unduh aplikasi rumah belajar melalui ponsel pintar kamu.

Link Belajar Online Pemerintah Gratis

Tak hanya untuk para pelajar, Rumah Belajar juga bisa jadi cara untuk para pengajar untuk belajr juga. Rumah Belajar menyediakan berbagai konten yang berisi bahan belajar yang dapat dimanfaatkan baik untuk tingkat pendidikan usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), hingga sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK).

Rumah belajar bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan pengajaran ataupun materi yang matang dan membuat kamu tetap paham, meskipun hanya belajar di rumah. Seperti jargon dari Rumah Belajar sendiri, yaitu di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Untuk menjalankan link belajar online Pemerintah ini juga mudah. Begitu memasuki halaman utamanya, kamu akan langsung diminta memilih berbagai kelompok belajar berdasarkan tema materinya.

Ini adalah 4 fitur utama di link belajar online pemerintah Rumah Belajar yang akan kamu langsung temukan di halaman utamanya, kamu bisa pilih apa ingin kamu pelajari melalui empat pilihan ini:

  • Kelas Digital

Merupakan sebuah system belajar virtual yang disebut Learning Management System (LMS). Fungsinya untuk menjembatani proses pembelajaran antara siswa dan guru secara virtual atau tanpa melalui tatap muka. Guru di sini bisa membagikan bahan ajar yang dapat diakses oleh para siswanya dimana saja serta kapan saja.

  • Sumber Belajar

Sumber belajar menghadirkan berbagai pilihan materi belajar baik untuk murid maupun guru. Materi ini dibagikan berdasarkan kurikulim. Sehingga tampilannya ini terstruktur sekaligus menarik karena disampaikan dalam beragam bentuk. Mulai dari gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan ada juga dalam bentuk permainan.

  • Bank Soal

Selanjutnya ada bank soal, yang seperti namanya, fitur ini untuk melatih atau mengetest sejauh mana pemahaman siswa-siswi setelah melalui proses pengajaran. Dibuktikan dengan kemampuan mereka mengerjakan banyaknya soal yang disediakan di fitur ini dan sudah dikelompokkan berdaskan topic belajar. Jenis soalnya mulai dari latihan biasa, ulangan harian, hingga ujian.

  • Laboratorium Maya

Lalu ada Laboratorium Maya. Merupakan sebuah fitur yang menyediakan simulasi laboratorium kimia. Gunanya, untuk menerapkan praktek kimia. Ditampilkan secara interaktif dan menarik, juga disertai dengan lembar kerja siswa berikut teori praktikum.

Saat ini sendiri dari link belajar online pemerintah ini sudah ada 228.763 guru dan 562.346 siswa di Rumah Belajar.

Situs belajar online pemerintah ini sudah mulai direncanakan dan dibuat sejak tahun 2008. Lal resmi diluncurkan pada tahun 2011.

Selain situs online, link belajar online pemerintah bernama Rumah Belajar ini dapat kamu unduj di app store ataupun google play store.

Di sini unduh Rumah Belajar untuk android.

Comment

News Feed