by

Lockdown Jakarta Atau Tidak, Pengamat Sebut Pemeritah Harus Segera Putuskan

Rentetan.com – Senin, (30/03/20), Banyak pihak yang terus mendesak pemerintah pusat untuk melakukan lockdown. Ntah lockdown total maupun lockdown wilayah. Di sisi lain, Jakarta sebagai wilayah paling banyak kasus Covid-19 juga belum diketahui langkah seperti apa yang akan diputuskan soal lockdown. Jika lockdown Jakarta, kira-kira dampak seperti apa yang akan terjadi?

Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia menghitung kerugian total yang bisa dihasilkan jikan pemerintah Jakarta melakukan lockdown. Di antaranya berpotensi menghilangkan penghasilan dari seluruh warga daerahnya yang diperkirakan mencapai Rp. 72 triliun.

Wakil Direktur SIL UI Tri Edhi Budhi Soesilo memaparkan, pihaknya ini telah melakukan sebuah simulasi mengenai dampak yang akan ditimbulkan terhadap ekonomi dari tiga skema kebijakan pemerintah.

Tiga skema tersebut meliputi interaksi antara masyarakat tidak ada pembatasan, partial lockdown atau 70% aktivitas masyarakat yang dibatasi, atau bisa juga bisa memilih total lockdown, yang berarti seluruh aktivitas masyarakat saat total lockdown Jakarta akan dihentikan.

Lockdown Jakarta Atau Tidak, Pengamat Sebut Pemeritah Harus Segera Putuskan

Comment

News Feed