by

Kuliner Nusantara dan Asal Muasalnya, Bisa Jadi Ide Menu Munggahan Bersama Keluarga!

Rentetan.com – Jumat, (17/04/20), Indonesia punya banyak sekali ragam kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, kuliner nusantara hadir dengan ciri khasnya masing-masing. Diantara ratusan bahkan ribuan kuliner nusantara yang ada, Indonesia punya sejumlah jenis makanan yang sudah jadi favorit seluruh masyarakat, tetapi, kalian tahu tidak bagaimana asal-muasal kuliner di bawah ini? Mari kita lihat!

  • Sate

Siapa yang sangka, bahwa asal muasal terciptanya kuliner nusantara Sate adalah terinspirasi dari makanan kebab. Menu Sate otentiknya berupa daging yang ditusuk dalam satu baris dalam satu batang kayu dan diberi bumbu kecap dang kacang ini, pada awalnya sempat diperdebatkan asalnya oleh tiga negara di Asia Tenggara. Yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Namun, seorang pencinta kuliner seklaigus food writer bernama Jennifer Brennan, menyebutkan bahwa Sate berasal dari Pulau Jawa. Menurutnya, makanan ini diadaptasi dari kebab dan dibawa oleh seorang pedagang muslim asal Gujarat di abad ke-19 ke Indonesia. Setelah itu, Sate terus berkembang di Indonesia hingga menjadi seterkenal sekarang.

Kuliner Nusantara dan Asal Muasalnya, Bisa Jadi Ide Menu Munggahan Bersama Keluarga!

Comment

News Feed