by

Jadwal Imsakiyah 4 Ramadhan 2020 Jakarta, Makna Dua Kegembiraan Berpuasa

Rentetan.com – Selamat menunaikan ibadah puasa. Hari ini, umat muslim akan menjalankan puasa hari kedua atau bertepatan dengan 4 Ramadhan 1441 H. Bagaimana, apakah puasa kemarin lancar? Meski bulan puasa 2020 ini ada yang sedikit berbeda, tetapi jangan sampai mematahkan semangat ibadah kalian di rumah ya! Perhatikan di bawah ini ada jadwal imsakiyah 4 Ramadhan, jadwal sholat, hingga jadwal berbuka untuk wilayah Jakarta!

Perlu diketahui jika waktu sahur, sholat, dan berbuka di setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda. Sehingga, pastikan kamu memerhatikan informasi jadwal imsakiyah 4 ramadhan 2020 berdasarkan wilayah tempat tinggalmu ya!

Kami akan terus memberikan jadwal imsakiyah, sholat dan berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Informasi kami peroleh berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama.

Masih sering ada kekeliruan, imsak bukanlah tanda akhir batas kamu masih boleh makan sahur. Imsak, hanya sebagai penanda agar waktu makan sahur kamu tidak terlalu berdekatan dengan waktu adzan subuh berkumandang.

Sehingga, tak perlu terburu-buru atau jadi salah pengertian, meskipun sudah imsak, tetapi puasamu tidak akan batal jika masih menyantap menu sahur atauminum dan lainnya. Imsak hanyalah jeda atau penanda sebelum adzan, namun mengonsumsi makan saat sudah imsak tidaklah membatalkan puasa.

Di bawah ini adalah jadwal imsakiyah 4 Ramadhan 2020 beserta jadwal sholat dan jadwal berbuka puasa,

 

Imsak: 04.26

Subuh: 04.36

Terbit: 05.50

Duha: 06.18

Zuhur: 11.54

Ashar: 15.14

Magrib: 17.51

Isya: 19.01

 

Dalam hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman,

“Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi). Keduanya adalah pahala yang diberikan Allah ‘Azza wa Jalla yang disegerakan atau ditunda di akhirat. (Ustadz Khalid Basalamah).

Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Pengumuman ini disampaikan melalui Kementrian Agama dalam pelaksaan sidang isbat yang dipimpin oleeh Menteri Agama Fachrul Razi, Kamis, (23/04/20). Kesepatan hasil sidang isbat berupa tanggal 1 Ramadhan 1441 H pada 24 April 2020 setelah melakukan perhitungan berdasarkan hisab  dan pemantauan hilal.

Comment

News Feed