by

Hari Puisi Nasional, Yuk Kenalan Dengan Para Penyair Muda Yang Syairnya Menghanyutkan

Rentetan.com – Selasa, (28/04/20), 28 April dikenal sebagai hari puisi nasional. Penetapan tanggal untuk hari puisi nasional ini, era kaitannya dengan penyair terkemuka Indonesia di zaman kemerdekaan yakni, Chairil Anwar. Penyair yang dikenal lewat puisi legendarisnya berjudul ‘Aku’ ini berpulang di tanggal ini. Selain Chairil Anwar, banyak penulis puisi senior lainnya. Namun, kinimari kita lihat para penerus penyair hebat di tanah air yang erat dengan millennial!

1. M. Aan Mansyur

Hari Puisi Nasional, Yuk Kenalan Dengan Para Penyair Muda Yang Syairnya Menghanyutkan
(foto: instagram/aanmansyur)

Siapa sangka, penyair satu ini adalah sosok puitis sebenarnya yang ada dibalik karakter Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Di film Ada Apa Dengan Cinta Aan Mansyur menyumbangkan empat karya puisinya, diantaranya seperti Tak Ada New York Hari Ini, Ketika Ada Yang Bertanya Tentang Cinta, Akhirnya Kau Hilang, dan Batas.

Puisi-puisi yang digunakan dalam film tersebut, sebenarnya berada di karya antologi puisi milik pria kelahiran 14 Januari 1982 ini dengan judul Tak Ada New York hari ini. Tak langsung bercita-cita sebagai penyair, mimpi Aan awalnya adalah menjadi pelukis. Namun, ia justru jatuh cinta dengan karya-karya sajak milik Subagio Sastrowardoyo dan mengawali karirnya sebagai penyair.

Karya-karyanya yang lain seperti Melihat Api Bekerja (2015) dan Kukila (2012). Jika kamu juga ingin coba belajar membuat puisi di hari puisi nasional ini, tak ada salahnya coba baca puisi-puis karyanya.

Baca juga: Hari Buku Sedunia, Kata Siapa Kutu Buku Gak Keren? Lihat Serunya Komunitas Baca Ini!

Comment

News Feed