by

Hujan Meteor Eta Aquarids Puncaknya Malam Ini, Dapat Dilihat Dengan Mata Telanjang!

Rentetan.com – Selasa, (05/05/20), Ketika bersantap besok, kamu bisa ditemai dengan langit indah akibat puncak dari hujan meteor Eta Aquarids. Puncak hujan meteor Eta Aquarids ini akan di mulai sejak malam hari ini. Namun, puncak paling meriahnya diperkirakan dapat disaksikan pada pukul 03.00 sebelum matahari terbit.

Peristiwa hujan meteor Eta Aquarids ini terjadi akibat bumi yang melalui jejak lintasan dari Komet Halley yang berisi batu serta es. Nah, jejak komet ini berupa ekornya sebagian masuk ke dalam atmosfer bumi. Sehingga membuatnya terbakar dan terjadilah hujan meteor.

Hujan Meteor Eta Aquarids Puncaknya Malam Ini, Dapat Dilihat Dengan Mata Telanjang!
(foto: pixabay/ zjxte )

Hujan Meteor yang disebabkan persingunggan bumi dengan Komet Halley ini terjadi dua kali dalam satu tahun. Namanya, tergantung dari kapan hujan meteor ini terjadi. Karena saat ini terjadi di bulan mei, maka disebut Hujan Meteor Eta Aquarids. Sedangkan jika terjadinya di bulan Oktober, maka disebut sebagai hujan meteor Orionids.

Jika kamu berada di Jakarta, puncak hujan meteor ini diperkirakan bisa disaksikan sekitar pukul 01.29 WIB.

“Menurut International Meteor Organization, Eta Aquarids tidak punya puncak yang tajam. Biasanya sekitar tanggal 6-7 Mei dengan kisaran seminggu,” sebagaimana dijelaskan oleh Peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto.

Baca juga: 5 Ide Kreasi Menu Sahur Yang Mudah Namun Tetap Sehat

Comment

News Feed