by

Misteri Jembatan Progo, Saksi Bisu Peristiwa Pembantaian Di Atas Kali Progo

Rentetan.com – Rabu, (06/05/20), Indonesia punya banyak sejarah kelam. Terutama di masa penjajahan hingga agresi militer pasca kemerdekaan. Banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang meninggalkan banyak pahlawan. Baik yang namanya dikenal ataupun sedikit terdengar. Peristiwa tragis dan berdarah, salah satunya juga terjadi di Temanggung. Tepatnya di sebuah jembatan di atas kali Progo, yang disebut Jembatan Progo. Berikut cerita dibalik misteri Jembatan Progo.

Misteri Jembatan Progo, Saksi Bisu Peristiwa Pembantaian Di Atas Kali Progo
(Gambar Ilustrasi kemerdekaan: pixabay/Ady Arif Fauzan )

Di Kabupaten Temanggung ada sebuah lokasi bersejarah yang tersimpan peristiwa penuh darah bagi masyarakat Indonesia. Di sana terdapat sebuah jembatan yang membentang di atas Kali Progo. Namanya adalah Jembatan Progo.

Misteri Jembatan Progo, merupakan saksi bisu atas peristiwa tragis bersejarah yang terjadi di masa lampau. Dahulunya, di dinilah tempat terjadinya pembantaian warga sipil dan non sipil oleh Belanda. Peristiwa berdarah yang terjadi di masa Agresi Militer yang dilakukan Belanda pada tahun 1948-1949 pasa kemerdekaan.

Adapun pembantaian kisah misteri Jembatan Progo terjadi setelah keluarnya perintah untuk menyerbu markas Belanda yang masih ada di Indonesia. Aksi penyerbuan ini ditanda tangani oleh Kolonel Bambang Soegeng. Tujuannya adalah untuk antisipasi serta bentuk serangan balasan bagi gerakan agresi militer Belanda.

Baca juga Bom Medan Kembali Terjadi, Apakah Ini Aksi Terorisme?

Comment

News Feed