by

Misteri Lampor dan Keberadaan Pocong Merah di Kali Boyong, Sleman, Yogyakarta

Rentetan.com – Kamis-(14/04/20), ketemu lagi dengan malam Jumat. Kali ini kami tidak akan hanya membahas mengenai peristiwa misteri tetapi juga cerita mistis dari masa lampau yang menjadi kepercayan masyarakat Jawa, yakni mengenai misteri Lampor. Cerita kali ini berasal dari Kali Boyong, Sleman, Yogyakarta. Kali Boyong oleh masyarakat Jawa dipercaya menjadi tempat melintasnya sosok jin yang disebut Lampor.  

misteri lampor
(foto ilustrasi: pixabay/Gerd Altmann )

Jika melihat misteri lampor dari masayarakat Jawa, mereka menyebut Lampor sebagai salah satu jenis perwujudan jin yang dipercaya yang bisa membawa maut. Misteri lampor, dari wujudnya sendiri terdapat bermacam pendapat. Ada yang menyebut lampor sebagai setan yang berbentuk seperti bola arwah, terkadang juga muncul sebagai rombongan prajurit Jawa kuno.

Menilik misteri lampor ini jika diartikan secara harfiah, lampor berarti ‘kegaduhan’. Dikarenakan, menurut kisah misteri lampor, saat muncul maka akan terdengar suara-suara gaduh. Adapun suara gaduh yang muncul, dipercaya masyarakat Jawa sebagai suara iring-iringan dari kereta kuda serta barisan pasukan yang berasal dari Laut Selatan.

Pasukan ini menurut kisah misteri lampor akan menuju ke Gunung Merapi atau Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu, masyarakat Jawa jugamempercayai bahwa Lampor adalah pasukan dari Nyi Roro Kidul, yakni Ratu Penguasa Laut Selatan.

Baca juga: Misteri Penjemputan Mbah Maridjan Juru Kunci Merapi, Yang Gagal

Comment

News Feed