by

Tata Cara Sholat Id Di Rumah Sesuai Tuntunan, Cermati Ketentuannya

Rentetan.com – Pemerintah sudah resmi melarang umat muslim di Indonesia untuk melaksanakan Sholat Id berjamaah di tempat umum. Baik di masjid, lapangan, dan sebagainya. Peraturan itu dputuskan Presiden Jokowi sebagaimana hasil dari rapat terbatas cabinet, yang digelar Selasa, (19/05) kemarin. Namun, seperti edaran Kemenag mengenai panduan beribadah umat muslim di masa pandemi covid-19, umat muslim masih bisa melaksanakan Sholat Id di rumah masing-masing. Berikut simak tata cara sholat id di rumah sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

sholat id di rumah
(foto: pixabay/Marie-France BRU )

“Kegiatan keagamaan yang sifatnya masif seperti salat berjamaah di masjid atau salat Id di lapangan itu termasuk kegiatan yang dilarang,” kata Mahfud MD saat menerangkan hasil rapat cabinet kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu menjelaskan bahwa aturan hukum terkait pelarangan pelaksanaan Sholat Id berjamaah di tempat umum tersebut dilandaskan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kewilayahan.

Mahfud memamparkan aturan dalam undang-undang itu sudah menjelaskan tentang larangan melakukan kegiatan agamaan yang bersifat masiv dan menimbulkan kerumunan orang banyak.

“Kerumunan salat berjamaah ini termasuk bagian yang dilarang peraturan perundang-undangan, bukan karena salatnya tapi merupakan bagian dari upaya menghindari bencana,” jelas Mahfud.

Baca juga: Aplikasi Ucapan Selamat Idul Fitri Terbaik 2020

Comment

News Feed