by

Tragedi Bintaro II, Sejarah Kelam Kedua Dunia Kereta di Jalur Bintaro

Rentetan.com – Kamis, (28/05/20), Indonesia menyimpan cukup banyak sejarah kelam dalam dua kereta api. Salah satunya adalah tragedi yang terjadi pada Senin, 9 Desember 2013. Lokasi tepatnya berada di Perlintasan Pondok Betung, yang hanya berjarak 200 meter dari Tragedi Bintaro I. Oleh karenanya, tragedi ini disebut juga sebagai Tragedi Bintaro II.

tragedi bintaro II
(foto ilustrasi: pixabay/nuttanart)

Tragedi Bintaro II melibatkan sebuah Kereta Commuter Line. Saat itu di perlintasan, kereta listrik jurusan Serpong ke Tanah Abang ini bertabrakkan dengan truk tangki pengangkut BBM milik Pertmaina yang terhenti di tengah rel kereta. Akibatnya, ledakan besar tak terhindarkan pun terjadi. Menyebabkan gerbong pertama kereta listrik ini ringsek dan terbakar.

Dari peristiwa naas tersebut tercatat 9 orang menjadi korban tewas. Meskipun, kenyataannya penumpang di gerbong tersebut sebenarnya berjumlah lebih dari 9 orang. Sebuah angka, yang bisa dibilang lebih sedikit dari perkiraaan manusia biasa.

Ternyata, keselamatan para penumpang lain dalam gerbong tersebut tidak terlepas dari jasa 3 orang petugas kereta api. Mereka, dikenal sebagai ‘3 Syuhada Kereta Api’ yang juga termasuk dalam 9 daftar orang yang tewas dalam Tragedi Bintaro II ini.

Baca juga: Lagi, Video Viral Anak Pukuli Temannya di Semarang, Korban Sampai Tersungkur

Comment

News Feed