by

Apa Itu Virus Ebola? Ketahui Gejala, Penyebab, Cara Pencegahan dan Pengobatannya

Rentetan.com – Selasa, (02/06/20), Wabah Virus Ebola kembali muncul di Afrika. Tepatnya, di republic Demokratik Kongo, Wangata, Mbandaka, di Provinsi Équateur. Kongo sendiri, saat ini diketahui juga masih memerangi wabah covid-19, selain itu juga terkena wabah campak terbesar di dunia. Lalu, apa itu virus ebola? berikut mari kita cermati gejala, penyebab, dan cara pengobatannya.

apa itu virus ebola
(foto: pixabay/Miguel Á. Padriñán)

Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penderita ebola sejauh ini sudah ditemukan sebanyak enam orang di Wangata.

Wabah virus Ebola, sebelumnya sudah pernah menjangkiti wilayah Afrika. Penyakit ini memang jarang terjadi, di Indonesia sendiri hingga kini belum pernah ditemukan satu pun kasus virus ebola. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita lebih waspada dengan memahami apa itu virus ebola. Tentunya, dengan menerapkan cara-cara pencegahannya juga. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Serupa dengan covid-19, Ebola adalah suatu jenis penyakit yang juga disebabkan oleh virus. Apabila tak segera ditangani, akibatnya pada penderita bisa menjadi fatal. Di Afrika, penyakit ini pertama kali ditemukan di tahun 1976. Virus Ebola berasal dari hewan lalu mulai menjangkiti manusia. Proses penjangkitannya ini melalui darah hewan yang terkontaminasi virus dan mengenai manusia.

Baca juga: 13 Fakta Mitos Virus Corona Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia WHO Yang Perlu Diketahui

Comment

News Feed