by

10 Danau Indonesia Paling Indah, Pesonanya Tak Kalah Dengan Di Luar Negeri

Rentetan.com – Rabu, (24/06/20), Buat kamu yang kangen liburan, tak usah jauh-jauh ke luar negeri, 10 danau Indonesia paling indah ini sudah menanti untuk kamu kunjungi. Tak kalah cantik!

Sudah merupakan rahasia umum, jika Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan. Kenampakan alamnya membentang dari Sabang sampai Merauke. Karena terlalu luas, banyak objek wisata yang belum terjamah oleh wisatawan.

Di antaranya seperti danau-danau terindah yang ada di Indonesia berikut ini.

Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

danau indonesia paling indah
(foto: instagram/ervil.stwn)

Danau Ranu Kumbolo letaknya berada di bawah kaki Gunung Semeru. Danau ini memiliki luas 24 hektar dengan ketinggian 2.389 mdpl. Kamu perlu siap untuk mendaki setengah tinggi dari Gunung Semeru untuk menyaksikan pesona keindahannya. Air danau berwarna biru pekat nan indah.

Meskipun lelah, namun kamu akan melalui petualangan seru higga peluh keringatmu terbayar dengan panorama danau yang dikelilingi pepohonan rindang dan padan rumput hijau yang menawan. Kamu juga bisa menghabiskan malam di sini dengan mendririkan tenda. Seru, bukan?

Baca juga: Melihat Fenomena Langka “Blue Fire” di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Danau Telaga Warna, Jawa Tengah

Telaga Warna danau indonesia paling indah
(foto: instagram/vinnipratiwi)

Indonesia juga punya danau indah yang unik. Letaknya di Wonosobo, Jawa Tengah. Danau Telaga Warna ini berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Konon, warna pada air danau ini sering berubah-ubah. Hingga memiliki 7 warna air yang berbeda-beda. Namun, warna yang paling sering muncul adalah tosca atau hijau kebiruan.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, lebih baik datang di pagi hari atau saat siang hari. Sehingga, panorama danau memesona dapat terlihat jelas tanpa terhalang kabut. Jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto di salah satu tebing bebatuannya. Siapkan juga jaket karena udara yang dingin di kawasan ini. Selain menikmati pemandangan danau, kamu juga bisa mengunjuni sejumlah gua  di sini.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

(foto: instagram/luqmanulkhakim)

Danau Indonesia paling indah lainnya adalah Danau Labuan Cermin. Danau ini juga memiliki keunikan tersendiri. Danau Labuan Cermin airnya sangat jernih hingga kamu bisa melihat bagian permukaan danau meski dengan mata telanjang. Ada yang menyebutkan jika air pada danau ini memiliki dua rasa. Yakni rasa asin pada permukaan dan tawar pada dasarnya.

Meskipun keindahan danaunya begitu melenakan, namun saat kamu berenang di sini kamu tetap haru berhati-hati karena Danau Labuan Cermin memiliki kedalaman hingga 5 meter. Sejumlah habitat bawah laut menjadi suguhan pemandangan yang dapat kamu nikmati selagi berenang di danau ini.

Baca juga: Intip 5 Destinasi Wisata Labuan Bajo Yang Sedang Naik Daun

Danau Maninjau, Sumatera Barat

(foto: instagram/zcesty)

Nah, kalau Danau Maninjau merupakan danau Indonesia paling indah yang diberi predikat sebagai danau terbesar ke-11 di Indonesia. Berwisata ke Danau Maninjau, sudah lebih ramai dan memang ramah wisatawan. Kamu bisa menikmati keindahan danau dengan melakukan aktivitas memancing atau dengan menyantap kuliner khas Minangkabau.

Dana Manijau sendiri letaknya tak jauh dari Kota Bukittinggi. Sehingga, menariknya kamu juga bisa lebih banyak mengenal budaya suku Minang  di sini. Di sekitar sini juga kamu bisa menemukan toko oleh-oleh atau souvenir, sebagai kenang-kenangan pernah datang ke danau seluas 99,5 meter ini.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba danau indonesia paling indah
(foto: instagram/jspremiere)

Bicara mengenai danau Indonesia paling indah, tentu tak afdol jika kita tak memasukkan Danau Toba ke dalam salah satu daftarnya. Danau Toba ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya memiliki legenda menarik, danau ini juga konon terbentuk dari ledakaan besar berpuluh ribu tahun yang lalu hingga menyebabkan populasi dunia menyusut. Wow, menarik bukan?

Danau seluas  1.100 km² ini memang meiliki pesona yang begitu indah, Tak heran, jika danau ini menjadi objek wisata nomor satu yang selalu ingindikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara. Selain danau, di sekitarnya kamu  juga bisa menemukan wisata Air Terjun Sipiso Piso atau Pasir Putih Parbaba.

Baca juga: 5 Ide Foto Di Rumah Saja Yang Sedang Viral di Media Sosial, Artistik dan Gampang Ditiru!(Opens in a new browser tab)

Danau Poso, Sulawesi Tengah

(foto: instagram/shelarahmanida )

Danau Poso lokasinya berada di Kota Pendolo, Sulawesi Tengah. Danau ini merupakan danau terdalam ketiga di Indonesia. Daya tarik wisata ke danau ini adalah selain mengagumi keindahan danau, kamu juga bisa menemukan spesies ikan endemik di danau ini.

Selain itu ada juga spesie langka yang bisa kamu temui jika kamu beruntung saja. Di dekat danau juga ada fasilitas penginapan yang bisa kamu gunakan untuk bermalam di kawasan ini. Nantikam juga Festival Danau Poso yang berada di kota pinggir danau, bernama Tentena.

Danau Kaco, Jambi

(foto: instagram/vegaframe)

Danau yang memiliki air yang sangat bening hingga kamu bisa melihat ke bagian bawah permukaan airnya juga adalah Danau Kaco yang berada di Jambi. Danau ini termasuk ke dalam kawasan taman Nasional Kerinci yang sudah terdaftar dalam UNESCO. Jika kamu pencinta mendaki gunung, kamu bisa menemukannya saat melewati jalur pendakian ke Gunung Kerinci.

Danau Kaco ini berada di atas ketinggian 1.289 mdpl. Menjadi tempat istirahat yang menyenangkan bagi para pendaki, di sela-sela perjalanannya menuju puncak Gunung Kerinci. Dikelilingi pepohonan hijau yang rindang yang membuat sejuk. Saat bulan purnama, kamun akan melihat betapa cantiknya pantulan cahaya bulan pada air danau yang jernih ini yang nampak berkilauan bak Kristal.

Danau Gunung Tujuh, Jambi

(foto: instagram/travelerkelasekonomi_)

Baca juga: Wot Batu Bandung, Mahakarya Seniman Dengan Media Batu

Comment

News Feed