by

5 Anime Pertama di Dunia, Ternyata Bukan Astroboy!

Rentetan.com – Pernah kepikiran nggak sih apa anime pertama di dunia? Atau mungkin kamu sudah pernah berpikir bahwa Astroboy adalah jawabannya?

Memang Astroboy dikategorikan menjadi salah satu anime paling tua tapi jawabannya bukan itu. Jadi penasaran dengan pembahasan kali ini bukan? Kita akan coba membahas dan membedah beberapa anime klasik yang tertua.

5 Anime Pertama di Dunia

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, ada baiknya juga nih buat kamu yang pengen dapat informasi terbaru dan update setiap harinya langsung saja deh cek Instagram Rentetan. Ada banyak informasi yang bisa dinikmati.

Selain menambah wawasan dengan informasi ringan, pembahasannya pun tidak membosankan karena ada banyak tema yang dibahas mulai dari berita viral, sampai dengan teknologi dan game. Langsung saja cek ya? Jangan sampai ketinggalan!

Oke mari kita lihat beberapa daftar Anime yang mungkin sekarang masih sangat menarik untuk dinikmati dan ditonton.

Anime Pertama di Dunia

Sebelum masuk ke daftarnya tentu kita harus menyamakan persepsi mengenai apa itu “Anime”. Jika dilihat dari Wikipedia, Anime adalah kata dari Jepang yang mengartikan animation. Berarti kita menganggap animasi yang akan kita bahas tentunya diproduksi di Jepang ya?

Dengan persepsi ini baru kita akan memperlihatkan 5 Anime pertama di dunia. Dari mulai yang paling tua hingga paling muda.

1. Katsudo Shashin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jawabannya bukan Astroboy melainkan sebuah motion grafik yang berjudul “Katsudo Shashin”.

Uniknya anime satu ini hanya berjalan beberapa detik saja bahkan tidak ada satu menit tepatnya hanya 3 detik saja. Sejarahnya, tayangan ini ditayangkan untuk tamu – tamu yang berkunjung ke rumah pada waktu itu, bukan untuk konsumsi publik.

Anime Pertama di Dunia Katsudo Shashin

Hal ini dikarenakan memang di dalam gambar bergerak tersebut terlihat seorang karakter bertopi yang menyambut kedatangan tamu. Berbagai ahli masih beradu argument mengenai tahun berapa sebenarnya Katsudo Shashin dibuat namun dipercaya di antara tahun 1907 – 1911.

Walaupun begitu banyak juga yang berpendapat serta berkeyakinan bahwa Kasudo Shashin dibuat di tahun 1907 terlepas banyaknya perdebatan yang ada.

2. Momotaro: Sacred Tailors

Pada 12 April 1945 sebuah animasi pertama yang memiliki jalan cerita di Jepang bernama Momotaro Sacred Tailors dirilis. Diketahui bahwa film animasi satu ini adalah sebuah propaganda untuk tujuan Perang Dunia II saat itu. Dibuat oleh seorang bernama Mitsuyo Seo atas perintah Angkatan Laut Jepang.

Momotaro Sacred Sailors

Uniknya di dalam ceritanya terlihat sebuah pulau Sulawesi yang pada saat itu dikuasi oleh Hindia Belanda. Akhirnya mereka menginvasi dan kemudian Momotaro bernegosiasi dengan tentara inggris, dan Hindia Belanda sehingga akhirnya melepaskan pulau untuk diduduki Jepang.

Kemudian di Epilog atau akhir cerita terlihat anak – anak yang terjun ke Amerika Serikat. Dengan mengharapkan target untuk generasi mereka adalah Amerika Serikat. Itulah kenapa film anime pertama di dunia ini disebut sebagai propaganda.

3. Mogura no Abanchuru (Mole’s Adventure)

Merupakan sebuah anime pertama di Dunia yang tayang di televisi Jepang. Dirilis pada 15 Juli 1958 dan tayang lagi pada 15 Oktober 1958.

Mole’s Adventure

Cerita 9 menit yang menceritakan petualangan seekor tikus yang terbang meninggalkan bumi untuk mendarat di sebuah planet lain. Dia meninggalkan bumi karena terganggu dengan sinar matahari sehingga mencari peradaban yang tidak minim akan sinar matahari.

Saat berada di planet lain tersebut Mole bertemu dengan penghuni planet lain yang aneh yang terbang di langit dan jumlahnya sangat banyak. Dia menggunakan sebuah senjata untuk mengusir makhluk tersebut namun dia segera terkena sinar matahari lagi dan terjatuh dari planet tersebut.

Sesaat setelah jatuh menjauh dari planet ternyata Mole terbangun dan menyadari bahwa cerita tadi hanyalah mimpi belaka.

4. Mittsu no Hanashi (Three Tales)

Pertama kali rilis pada 15 Januari 1960. Anime pertama di dunia yang memiliki sekuel (bukan series) melainkan sekuel cerita dengan dibagi menjadi 3 jalan cerita. Adapun story 1 berjudul “The Third Plate”, Story 2 berjudul “Oppel and the Elephant”, dan Story 3 “Sleepy Town”. Anime satu ini tayang di channel NHK, dan uniknya ditulis oleh penulis yang berbeda.

Selain itu ada sebuah keanehan dalam penyebaran anime satu ini karena pada saat itu NHK Channel masih belum memiliki teknologi broadcasting yang bisa menjangkau seluruh Jepang. Namun kenyataannya anime ini sangatlah populer dan menjadi salah satu anime pertama di dunia.

5. Tetsuwan Atomu (Astro Boy)

Trailer Astroboy

Sebenarnya diambil dari sebuah cerita manga yang kemudian divisualisasikan lewat animasi. Merupakan salah satu anime pertama di dunia yang memiliki series.

Pertama kali ditayangkan pada 1 Januari 1963 dengan total 193 episode dimana episode terakhir tayang pada tahun 1966. Astro Boy juga merupakan salah satu tayangan paling laris sepanjang masa dengan total 40% orang nonton tayangan ini.

Setelah dua tahun penayangan atau tepatnya di episode 103, tayangan ini mulai diisi suara dengan bahasa inggris dan mulai tayang di Amerika Serikat. Namun sayangnya episode sisanya tidak pernah dibuat dalam bahasa inggris.

Akhir Kata

Jadi bagaimana sudah tahu bukan jawaban dari anime pertama di dunia? Ya, Jawabannya adalah Katsudo Shashin. Selamat kamu sekarang sudah tahu nih sejarah anime yang saat ini sudah menjadi salah satu hiburan mendunia termasuk di Indonesia.

Jangan lupa share artikel ini ya? Dan terus ikuti Rentetan dengan berbagai informasi menarik dan terbaru lainnya.

Comment

News Feed